Inilah 7 Pondok Pesantren Terbaik Di Cirebon

Cirebon adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terletak di bagian timur,dan merupakan batas, sekaligus sebagai pintu gerbang Provinsi Jawa Barat. Ibu Kotanya adalah Kota Sumber. Dalam sektor Pendidikan Agama Cirebon tergolong cukup banyak dibanding dengan kabupaten lainnya.

Banyak pondok pesantren Modern maupun Salafiyah berdiri di tempat ini. Melihat dari berbagai sumber, Tim kami kuwaluhan.com telah merangkum deretan pondok pesantren terbaik dan terbesar di Cirebon :

1. PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH

Lokasi : Gg. Curug, RT.03/RW.11, Harjamukti, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash, yang saat ini dipimpin oleh DR. H. M. Tata Taufik, didirikan pada tanggal 16 Juli 1990 / 23 Dzulhijjah Perkembangan pesantren tersebut dari tahun ketahun mengalami peningkatan, termasuk sarana dan fasilitas penunjangnya baik dari fisik bangunan maupun sarana penunjang lainnya. Secara bertahap tanah wakafnya pun dari ke waktu semakin bertambah. Perluasan tanah wakaf bagi pesantren merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, oleh karenanya program tersebut termasuk salah satu program pondok jangka panjang. Perkembangan tanah wakaf Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash menyebar luas di beberapa daerah:

1. Gedung Sufinah Akmal600 m2
2. Masjid Darussalam2.100 m2
3. Gedung Saudi2.800 m2
4. Gedung Daar el-Bi’tsa1.600 m2
5. Gedung Daar el-Roja1.500 m2
6. Perkebunan di Mekarjaya4.200 m2
7. Kebun kopi di Lampung1.000 m2
8. Tanah Cisantana50.000 m2

Adapun fasilitas yang tersedia di pesantren tersebut adalah Asrama, masjid, ruang belajar, gedung pertemuan, sarana olah raga, perpustakaan, poskestren, lab. bahasa, lab. komputer, lab. IPA, Koperasi Pelajar, dll.

2. PONDOK PESANTREN DAN PERGURUAN ISLAM TERPADU NUURUSSHIDIIQ

Lokasi : Jl. Wiratama Jl. Tuparev No.30, Kedungjaya, Kedawung, Kota Cirebon, Jawa Barat 45122

Nuurusshiddiiq telah mampu memberikan kontribusi yang yang tidak bisa dianggap remeh dalam bidang sosial kemasyarakatan, lebih-lebih dalam bidang pendidikan.

Peningkatan Kwalitas SDM Pendidik maupun peserta didik senantiasa dilakukan, sebagai bukti dari upaya tersebut Nuurusshiddiiq mulai bulan Februari 2014 telah resmi menjadi satu-satunya Lembaga Pendidikan di Jawa Barat yang menggunakan sistem MLBS (Managemen Lembaga Berkarakter & Sistemik).

3. PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH

Lokasi: Jl. DI Panjaitan No. 30, Kalimukti, Pabedilan, Kecapi, Kec. Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat 45139

Cirebon memang dikenal sebagai gudang pesantren klasik di wilayah Jawa Barat. Namun demikian ada pesantren modern alternatif jika Anda menginginkannya. Yaitu pesantren Madinatunnajah. Pesantren ini berkiblat pada pondok pesantren modern Gontor Ponorogo.

Sesuai dengan kiblatnya, pendidikan di pesantren ini mengedepankan unsur kedisiplinan, kemandirian, sedangkan unsur pendalaman agama, tentu tidak sedalam pesantren Buntet, atau Kempek. Namun yang diutamakan di pesantren ini adalah keseimbangan kurikulum antara agama dan umum yang disatukan dalam satu kurikulum.

4. PONDOK PESANTREN BABAKAN CIWARINGIN

Lokasi : Babakan, Kec. Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat 45167

Babakan Ciwaringin sebetulnya adalah nama sebuah tempat, seperti layaknya Gontor, Tebuireng, dan lain sebagainya. Namun Babakan Ciwaringin memiliki hal yang unik, yaitu kumpulan dari banyak pesantren. Istilahnya adalah desa komplek pesantren.

Di antara banyak pesantren tersebut muncul lembaga pendidikan formal seperti MI, MTS, dan MA. Sehingga sore dan malam di pesantren, pagi sekolah formal.

Rata-rata pola pendidikan di pesantren Babakan Ciwaringin adalah salaf. Menganut model seperti pesantren Buntet dan Kempek. Sorogan dan Bandongan ke kyai adalah hal yang menjadi inti pendidikan di pondok pesantren.

Bisa dikatakan, kelebihan Babakan Ciwaringin adalah komplek pesantren yang lengkap. Seperti layaknya kursus bahasa Inggris di Pare Kediri. Setiap pesantren memiliki kekhasan masing-masing yang identik. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Cirebon.

5. PONDOK PESANTREN KEMPEK

Lokasi : Jl. Tunggal Pegagan, Desa Pegagan Blok Kempek, Kec. Palimanan, Pegagan, Cirebon, Pegagan, Kec. Palimanan, Cirebon, Jawa Barat 45161

Pesantren Kempek sebenarnya mirip dengan pesantren klasik lainnya. Ia memiliki metode klasik dengan mengedepankan kajian-kajian mendalam kitab kuning. Pengajarannya pun menggunakan metode sorogan, bandongan, wetonan, dan pasaran. Namun demikian pesantren Kempek memiliki identitas kuat. Yaitu pada aspek al Quran.

Al Quran di pesantren ini sangat khas dan berbeda dengan pesantren lainnya. Yang diutamakan hanya tajwid dan makharijul huruf, bukan langgam. Bahkan kalau didengarkan, rasanya biasa, tidak ada yang istimewa. Namun dari segi dan tajwid dan makharijul hurufnya memang cukup bagus.

Bahkan pesantren Kempek mendidik santrinya untuk membaca al Fatihah yang benar saja harus menghadap berkali-kali. Baru kemudian juz amma dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ada yang menyebut membaca Al Quran khas Kempek, memang sangat berbeda.

6. PONDOK PESANTREN Al Bahjah

Lokasi : Jl. Pangeran Cakrabuana Blok, Jl. Gudang Air Kelurahan No.179, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611

Pesantren Al Bahjah merupakan pondok pesantren yang baru. Berdiri sekitar 2010 pesantren ini cepat dikenal karena pimpinan pesantrennya, Buya Yahya. Namanya berkibar karena banyak beredar di youtube dan videonya seringkali muncul di forum media sosial.

Dalam sudut pandang kami, pesantren Al Bahjah bagus dari sisi menyiapkan pendakwah dengan hafalan Quran yang baik dan ilmu agama yang cukup mendalam. Oleh sebab itu pesantren ini lebih banyak unsur tahfidznya. Baru kemudian jika sudah hafal akan masuk kelas kibar, atau masuk pendalaman ilmu agama.

Bahkan untuk ekstra kulikulernya juga berdakwah di radio, sekolah-sekolah, kantor, dan majelis ta’lim. Sesuai dengan pendirinya, ini adalah pesantren dai.

Uniknya, pesantren ini tidak menerima banyak santri. pesantren ini hanya menerima ratusan murid. Memang dipola demikian agar fokus mendidik santri. Artinya pesantren ini mengedepankan kualitas.

Kurikulumnya pun sangat berbeda. Pesantren ini tidak bergantung dengan kurikulum depag, atau diknas, pesantren ini memiliki kurikulum sendiri yang mendukung dua tujuan utama, menjadi hafidz dan juru dakwah yang kompeten.

Targetnya, santrinya sudah menghafal al Quran di usia 15 tahun. Kemudian akan memperdalam ilmu syariah seperti fiqh dan lain-lain.

7. PONDOK PESANTREN BUNTET

Lokasi : Buntet Pesantren Desa, Mertapada Kulon, Kec. Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat 45181

Buntet adalah salah satu pesantren tertua di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Didirikan oleh kyai Muqayyim pada tahun 1758 maka saat ini pesantren klasik di Cirebon ini sudah menginjak usia dua setengah abad.

Pesantren ini memiliki identitas pendidikan Islam klasik dengan metode kajian kitab kuning seperti biasa pesantren salaf, pendidikan sorogan, bandongan, pasaran. Meskipun demikian seiring berjalannya waktu pendidikan formal juga masuk di kurikulum melalui sekolah MTS dan MA.

Jumlah santrinya sekarang sekitar 6000-an. Santri sebanyak ini masih belum ditambah santri yang tidak menetap di pondok pesantren dengan jumlah hampir sama.

Santri yang masuk di pesantren ini rata-rata berasal dari wiyah Cirebon ke Barat. Adapun Jawa Tengah masih sedikit.

Itulah beberapa daftar Pondok pesantren terbaik dan terbesar di Cirebon. Jika ada yang salah dalam informasi ini silahkan berkomentar di kotak komentar.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Pondok Pesantren Terbaik Di Cirebon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel