Ini Dia Pondok Pesantren Terbaik di Banjarnegara

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya juga bernama Banjarnegara.

Pendidikan Agama di Banjarnegara lumayan cukup baik, hal ini terbukti dengan adanya Pondok Pesantren Salaf maupun Modern yang ada di wilayah ini. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com, telah merangkum beberapa daftar Pondok Pesantren Terkenal dan Populer di Banjarnegara Jawa Tengah :

1. PONDOK PESANTREN AL-FATAH

Lokasi : Jl. Letnan Jenderal S Parman KM 03, Parakancanggah, Banjarnegara, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53411

Pondok Pesantren Al Fatah adalah salah satu Pesantren yang dirintis dan didirikan pada masa penjajahan Belanda oleh As Syaikh KH. Abdul Fatah pada tahun 1901 sekembalinya beliau menuntut ilmu di Mekkah. Awal berdirinya pesantren ini adalah mengembangkan dakwah Islam Ahlussunnah wal Jama’ah berbasis pendidikan dengan menitikberatkan pada kajian kitab kuning sistem salaf guna mencetak generasi yang tafaqquh fiddin serta pengembangan aqidah & tasawuf : Toriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah.

Pada perkembangan berikutnya Pondok Pesantren Al Fatah mendirikan Yayasan Pendidikan Al Fatah yang bergerak di bidang formal maupun non formal (PAUD, RA/TK, MI, MTs, MA, SMK, Madin, Kejar Paket dsb). Sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman, di samping terus meningkatkan mutu serta kelengkapan sarana pra sarana Pon Pes Al Fatah juga tetap eksis melestarikan apa yang pernah dirintis oleh para pendahulu dan pendiri pesantren yakni memadukan kitab-kitab salaf dan kholaf. Pengasuh PP Al Fatah saat ini yaitu KH. Moh. Najib Hasyim bersama KH. Bunyamin Hasan selaku sesepuh PP Al Fatah dan seluruh keluarga besar bani Fatah meneruskan perjuangan generasi sebelumnya yakni KH.Hasyim Hasan KH. Damanhuri, KH. Dailimi, KH. Hamzah, KH. Umar Soleh, KH.Hasan Fatah dan KH. Rido Fatah.

Salah satu kegiatan PP Al Fatah yang juga menjadi ruh dari pesantren ini adalah mempelajari kitab-kitab agama islam seperti sebagai berikut :
Fiqih ( Mabadiul Fiqhiyah, Safinatunnajah, Fathul Qorib, Fathul Mu’in dan Lain-lain) Usul Fiqih ( Ilmu Ushul Fiqih, Alluma, Asbah Wan Aidloir), Tauhid (Majaidussu’ud, Syu’uhul Umam, al-Ushululul Hamidiyah), Nahwu ( Nahwu Wadlih, jurumiyah, ‘Imriti), Sharaf (Amtsilatut-Tashrif, Nadzham maqsud), Ahlak/Tasawuf (Akhlahqul Banin wal Banat, al-Akhlaq, Irsyadul Quran, Ihya Ulumuddin), Tafsir ( Al-Baidlowi, Jalalain), Hadis (Arba’in-nawawi, Lubabul hadis, Riyadusshalihin, Shohih Bukhori), Mustholah hadis ( Minkhatul mugis, Ulumul Hadist wa mustholahuhu),dan sebagainya.

2. PONDOK PESANTREN ANDALUSIA BANJARNEGARA

Lokasi : Banjarnegara, Sokanandi, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53413

YPI "ANDALUSIA" adalah nama sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang berlokasi di Jl Lapangan Krida Remaja Sokanandi Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.
Yayasan ini didirikan oleh Bapak Haji Sunaryo Sag,MPd beliau merupakan pensiunan dari PNS.
Visi dari Yayasan Pendidikan Islam ini adalah untuk menyiapkan generasi Rabbani yang multitalenta, dan memiliki misi tersedianya generasi yang Qur'ani, saintis, enterpreneur.

Generasi Qur'ani yang dimaksud disini adalah generasi yang gemar membaca al-qur'an gemar menghafal Al-qur'an gemar mempelajari isi alquran gemar mengajarkan al-qur'an dan gemar mengamalkan Al-qur'an. Sementara untuk generasi saintis adalah generasi yang cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas spiritual. Untuk generasi enterpreneur adalah generasi yang belajar wirausaha, pekerja wirausaha, pimpinan perusahaan, dan pemilik perusahaan.

Spesifikasi Hafalan Qur'an
Biasanya para santri menghafal dan nantinya menyetorkan  hafalannya ( kolaborasi dengan pendidikan formal )
Kamis Sore bakda ashar sima’an
Bagi santri yang telah menghafal 5 juz juga kelipatannya, mereka diuji oleh dewan hakim ( tim penguji )untuk mendapatkan syahadah.

Untuk divisi pendidikan formal MTS/SMA memiliki nama lembaga pendidikan yaitu MTS Andalusia Boarding School Banjarnegara yang telah memiliki akreditasi BAN dan predikat A dengan peringkat unggul, yang juga telah meraih berbagai penghargaan tingkat MTS se Kabupaten Banjarnegara. MTS ini juga memiliki para pengajar yang sangat handal dan gedung serta fasilitas yang sangat memadai serta lingkungan yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Divisi pendidikan formal ini merupakan sekolah unggulan yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang berbasis al-quran dan di design dengan menggabungkan kurikulum dari Kementerian Agama dan kurikulum pesantren. Dengan penggabungan kurikulum tersebut diharapkan dapat meningkatkan kreativitas para santri dan daya saing serta memiliki mental dan karakter yang kuat sesuai syariat Islam. Kegiatan belajar mengajar di Madrasah ini dimulai dari pagi hari hingga waktu Zuhur dan memiliki kurikulum yang didesain dengan penguatan dalam bidang sains Alquran.

3. PONDOK PESANTREN TANBIHUL GHOFILIN

Lokasi : Karanganyar, Mantrianom, Kec. Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah 53471

Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin di dirikan pada tahun 1960 oleh KH M. Basyuni (Alm.) bersama adiknya KH. Much.Hasan (Alm). Setelah 15 tahun menimba ilmu di daerah Banjarnegara, meliputi Dawuhan, Purwonegoro dan kemudian dilanjutkan di Tanggir, Lasem, dan Pondok Pesantren lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Beliau merintis dari bawah, sampai Pada tahun 1964 M Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin mulai dibangun, gayung bersambut masyarakat bergandeng tangan secara bersama untuk mendirikan bangunan tersebut guna mewujudkan kesadaran disamping orang tuanya harus mengaji, anak-anaknya juga harus mengaji.

Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin terus berkembang, jumlah santri yang ditampung semakin banyak, sarana pendukung berupa fasilitas bangunan pun bertambah. Jika pada tahun-tahun pertama Pondok Pesantren ini hanya menempati satu lokal bangunan bahkan ada yang menempati rumah kediaman pengasuh, pada tahun 1971 M bangunan bertambah sehingga memiliki dua lokal bangunan tempat belajar mengajar sekaligus tempat tinggal santri.

Demikian pula dalam hal pendidikan yang semula santri hanya mengaji kepada Romo Kyai, maka pada tahun-tahun berikutnya sudah diterapkan pendidikan secara terstruktur yang disebut dengan madrasah diniyyah.

Maka sejak itulah Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin menggunakan nama “ Al Ma’had Wal Madrosah Ad Diniyyah Tanbihul Ghofiliin “ yang maksudnya Pondok Pesantren sekaligus madrasah diniyyah.

4. PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH BANJARNEGARA

Lokasi : Banjarkulon
 Jl Kabupaten Lama No 07 Banjarnegara Jawa Tengah

Pondok Pesantren Darunnajah Banjarkulon Banjarmangu Banjarnegara didirikan ole Kyai H. Muhammad Iqbal 'Amar, selain pesantren saat ini telah ada pendidikan formalnya yaitu SMP Islam Darunnajah dan SMK Darunnajah dengan program keahlian/jurusan Teknik Audio Video dan Teknik Broadcasting Televisi dan Radio. Pendidikan dan pembinaan santri Pondok Pesantren Darunnajah dilaksanakan selama 24 jam dalam kurun waktu selama santri berada di Pondok Pesantren Darunnajah.

Adapun kurikulum pada kegiatan pendidikan formal disesuaikan dengan kurikulum Depag untuk jenjang pendidikan tingkat SMP, SMK Darunnajah dengan spesifikasi keagamaan serta kurikulum Depdiknas dengan spesifikasi umum, untuk tingkat SMK dengan Program keahlian/Jurusan Teknik Audio Video dan Teknik Broadcasting Radio & Televisi.

Dalam rangka membentuk karakteristik santri Pondok Pesantren Darunnajah, maka perlu ada penanaman doktrin yang ditanamkan melalui kurikulum pada pelajaran lokal tentang doktrin. Kegiatan ini dilakukan pada kegiatan ekstra maupun intra pada pendidikan formal maupun kegiatan kepesantrenan. Materi dotrin disesuaikan dengan jenjang pendidikan pada masing-masing lembaga.

Itulah beberapa daftar Pondok Pesantren Terbaik di Banjarnegara Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Pondok Pesantren Terbaik di Banjarnegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel