operasi pencarian , 5 ABK yang hilang di perairan Gresik tutup

 SURABAYA JATIM - Operasi pencarian 5 ABK TB Mitra Jaya XIX yang hilang di Perairan Gresik-Surabaya dihentikan. Itu karena bangkai kapal yang akan ditarik belum bisa terlaksana.

"Kami belum bisa melakukan pencarian di tempat yang dicurigai terdapat korban karena kapal belum berhasil ditarik dan dibalikkan kembali, karena tug boat yang rencananya akan dikirim dari Pelabuhan Gresik untuk menarik bangkai kapal belum kunjung tiba di lokasi," ujar Kepala Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Surabaya I Wayan Suyatna dalam rilisnya, Senin (1/2/2021).



Wayan mengatakan, awalnya selama pencarian diperpanjang 3 hari, pihaknya akan menarik bangkai kapal di perairan dangkal. Itu dilakukan agar tim penyelam bisa mencari ke bagian dalam kapal yang telah tertanam di pasir laut.


Karena kondisi tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya Hari Adi Purwono memutuskan untuk menutup pencarian. Meski begitu, operasi pencarian 5 ABK itu tetap dipantau dan bisa dibuka kembali bila memang ada tanda-tanda keberadaan korban.


"Kami tetap melakukan pemantauan dan koordinasi dengan unsur terkait seperti pemilik kapal, Polair, KPLP, Syahbandar dan masyarakat sekitar serta bila ada tanda-tanda korban maka operasi SAR akan dibuka kembali," kata Hari.


Sebelumnya, dua kapal tabrakan di perairan Gresik. Dua kapal yang terlibat kecelakaan laut itu yakni kapal motor (KM) Tanto Bersinar dan tug boat (TB) Mitra Jaya XIX yang menggandeng tongkang (TK) Makmur Abadi 5.


Akibat peristiwa itu, 5 anak buah kapal (ABK) dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian. Sedangkan 5 ABK lainnya diselamatkan nelayan setempat.


"Lima itu sudah ketemu dan diselamatkan sama teman-teman nelayan. Sisanya 5 orang masih dalam pencarian," ujar Dirpolair Polda Jatim Kombes Arnapi kepada wartawan, Sabtu, (23/1/2021).


Dia menambahkan, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Lokasinya di area Bouy 3 Perairan Gresik. Berikut nama 5 ABK TB Mitra Jaya XIX yang hilang dan masih dalam proses pencarian:


1. Fatkhur (48)

2. Himawan CH (27)

3. Arif Maulana ( 47)

4. Ulil Amri (57)

5. Budiantoro (50)



Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "operasi pencarian , 5 ABK yang hilang di perairan Gresik tutup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel