Banjir dan Tanah Longsor Terjang Puluhan Rumah di Mojokerto

MOJOKERTO JATIM - Tanah longsor dan banjir kembali terjadi di Mojokerto. Sedikitnya 10 rumah di Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto diterjang banjir dan tanah longsor, Senin (1/2/2021). 

Material tanah dalam air yang masuk rumah dengan ketinggian kurang lebih 40 cm.

Dilansir dari situs resmi beritajatim.com, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto. Akibatnya, banjir dan tanah longsor menerjang rumah warga di Desa Begaganlimo, ”ungkapnya.

Masih kata Zaini, kamar 10 rumah warga di Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, terendam. Ketinggian air dan tanah di jalan desa kurang lebih 30 cm, sementara ketinggian air dan tanah di dalam rumah kurang lebih 40 cm.

“Air dalam tanah masuk rumah warga sekira pukul 18.30 WIB, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Mojokerto langsung ke lokasi dan berkoordinasi dengan perangkat desa serta masyarakat. Petugas langsung membantu warga yang berkumpul di rumah korban jang air dan tanah longsor, ”katanya.

Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto memberikan peringatan kepada warga untuk mengantisipasi kejadian serupa. Mereka juga membuat penahan sementara di jalan untuk menjaga luapan air dan tanah masuk kampung.

“TRC membantu warga membersihkan rumah warga yang terkena efek air banjir dan tanah longsor yang masuk rumah. Sekiranya pukul 19.45 WIB, warga sudah selesai membersihkan sisa banjir dan tanah longsor yang masuk rumah, namun warga tetap antisipasi karena hujan masih turun, ”jelasnya.

Zaini menambahkan, warga saat ini kembali siaga karena hujan kembali turun di Kecamatan Gondang. Kawasan yang masih hujan di antaranya Desa Begaganlimo, Dilema dan Desa Kalikatir.


Sumber : beritajatim.com

Belum ada Komentar untuk "Banjir dan Tanah Longsor Terjang Puluhan Rumah di Mojokerto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel