penyegatan plat luar malang akan di rapid test

 MALANG JATIM - Penyekatan pelancong asal luar kota digelar di gerbang masuk Kota Malang. Mereka selanjutnya menjalani rapid test. Tes cepat dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Malang.

Bersama petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan Satpol PP, kendaraan pelat luar Malang, diarahkan menuju perumahan Graha Kencana, tempat pos pelayanan Natal dan Tahun Baru didirikan.



Lokasinya berada di perbatasan Kota Malang dengan Kabupaten Malang dari sisi utara (Surabaya). Penumpang dari kendaraan pelat luar kota selanjutnya diminta turun untuk menjalani rapid test.


Setidaknya ada 19 orang menjalani tes cepat, hasilnya kesemuanya nonreaktif. Hanya ada satu orang yang harus menjalani tes lanjutan, untuk memastikan apakah terpapar virus COVID-19.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni mengaku, ada 300 alat rapid test antibodi dan 200 rapid antigen yang disediakan. Untuk pengecekan sendiri dilakukan secara acak dengan sasaran wisatawan dari luar kota.


"Tujuan dari pelaksanaan rapid test, untuk scanning awal. Apakah terpapar virus Corona atau tidak. Untuk rapid test (antibodi) kita sediakan 300," kata Sri Winarni kepada wartawan di lokasi, Kamis (24/12/2020).


Sri Winarni menambahkan tahapan awal dari pengecekan adalah rapid test antibodi. Jika hasilnya reaktif akan dilanjutkan rapid test antigen.


Apabila hasil tes rapid antibodi itu reaktif, maka akan ditindaklanjuti dengan tes rapid antigen," imbuhnya.

Menurut Sri Winarni, apabila hasil rapid test antigen positif. Maka, ada dua ketentuan yang akan dijalankan. Jika merupakan warga Kota Malang akan dilakukan pemantauan oleh puskesmas.


"Jika warga luar kota, maka akan ditindaklanjuti oleh Polresta Malang Kota," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution menegaskan akan langsung mengembalikan wisatawan dari luar Kota Malang yang hasil tes cepatnya reaktif.


"Dalam SE Wali Kota juga sudah ada dan kita lakukan sampling operasi ini, karena di wilayah ini menjadi pintu masuk Kota Malang," kata Ramadhan.


Pantauan di lapangan, terjadi peningkatan volume kendaraan menuju Kota Malang dari arah Surabaya. Berdasarkan hasil pengecekan melalui rapid test, sebagian besar wisatawan tersebut datang dari dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto

Belum ada Komentar untuk "penyegatan plat luar malang akan di rapid test"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel