4 Pondok Pesantren Terbaik, Terbesar Di Gunungkidul Yogyakarta

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosari.

Berikut ini adalah Daftar Pondok Pesantren Salafiyah maupun Modern Terbesar Dan Terkenal di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta :

1. PONDOK PESANTREN DARUSH SHOLIHIN

Lokasi : Dusun Warak RT.08 / RW.02, Desa Girisekar, Panggang, Warak, Girisekar, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Pesantren Darush Sholihin berdiri sejak tahun 2011, tepatnya selepas Idul Fithri 2011. Dana diperoleh dari para muhsinin yang telah menyumbangkan hartanya kegiatan buka puasa dan pembangunan masjid di Desa Girisekar.

Awalnya kegiatan belajar berlangsung di masjid dan di rumah pengajar. Karena begitu banyaknya santri, akhirnya diniatkan untuk didirikan pesantren. Pesertanya mulai dari anak-anak umur 4 tahun sampai pelajar SMA. Dan belakangan bertambah hingga santri-santri ibu-ibu dan bapak-bapak, bahkan para sepuh pun ikut.

Para santri rata-rata miskin, sehingga memang tidak dipungut biaya pendidikan untuk mengikuti kegiatan pesantren ini.

2. PONDOK PESANTREN AL JAUHAR

Lokasi : Tlepok, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55854

Adanya permintaan pengelolaan  Tanah  Wakaf  yang belum dikelola dari  Bapak Hudi Suparjo seluas 824 m2 yang sudah diwakafkan ke MWC NU yang kemudian dialih kelolakan ke Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.  Permohonan alih kelola  diwujudkan dalam  Surat Pernyataan  Pelimpahan yang ditandatangani pada  06 November 2006.

Pembukaan  Kegiatan Pendampingan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dimulai dengan Kegiatan Mujahadah  pada Sabtu Kliwon, 06 Juli 2007  yang kemudian pada penyelenggaraan berikutnya pada Selasa Kliwon, 20 September 2006 sekaligus untuk mengenang hari wafatnya dan sekaligus mendoakan   Almarhum Al Maghfurllah KH Mufid Mas’ud pendiri  Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.

Program pengembangan kegiatan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dilanjutkan dengan pendirian Raudlatul Athfal pada tahun 2008, Madrasah Ibtidaiyah tahun  2009 serta Madrasah Tsanawiyah yang Insya Alloh akan mulai beroperasi  tahun 2012.

“Al Jauhar” begitulah nama Komplek Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Tlepok, Semin, Semin Gunungkidul. Dinisbatkan terhadap  Almarhumah Ibu Jauharoh Munawir (Ibunda KH Mu’tashim Billah) dan penghormatan terhadap perjuangan nama beliau dijadikan sebagai Identitas Komplek ini. Semoga komplek ini bisa menjadi penerus perjuangan  beliau dalam bertaffaquh fiddin.

3. PONDOK PESANTREN DARUL QUR'AN WAL IRSYAD

Lokasi : Jl. Nusantara No.17, Ledoksari, Kepek, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813

Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad berdiri pada tanggal 27 Agustus 1999, bertepatan dengan tanggal 15 Jumadil Awwal 1420 H dan terdaftar di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul dengan nomor statistik D.99127. Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad ini terletak di jalan Nusantara No. 17 dusun Ledoksari, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta diatas tanah seluas 16319 m2. Lokasi Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad terletak 1 KM dari jantung kota Wonosari tepatnya berada disebelah utara SMKN 2 Wonosari.

Berdirinya Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad atau yang lazim disebut Ma’had Darul Qur’an Wal Irsyad merupakan hal yang menggembirakan, karena berdirinya sebuah pusat kajian dan penyelenggaraan pendidikan agama di daerah yang masuk wilayah perkotaan merupakan hal yang sulit, mengingat kehidupan masyarakat yang semakin konsumtif.

Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad adalah pondok pesantren yang berlandaskan akidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang memang paling tepat untuk konteks di Indonesia. Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad menjadi wadah untuk menampung santri-santri yang dipersiapkan untuk mendalami, menghayati, mengkaji dan mempelajari agama sehingga diharapkan santri tamatan Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad menjadi ulama, kyai, tokoh masyarakat yang bisa melanjutkan estafet perjuangan para ulama salafussholihin, dan mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan cakap dengan berbagai predikat yang mulia.

Pondok pesantren ini memiliki berbagai lembaga pendidikan dan program kegiatan, baik formal maupun non formal sebagai upaya untuk memberikan wadah bagi para santri untuk menyalurkan bakat dan minatnya masing-masing karena kita menyadari bahwa tidak semua orang bisa diproyeksikan menjadi manusia yang ahli dalam bidang yang sama, akan tetapi setiap orang dibekali oleh Allah dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dikembangkan menuju kehidupan yang saling mengisi dan menguntungkan.

4. PONDOK PESANTREN AL HIKMAH KARANGMOJO

Lokasi : Bulu, Karangmojo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Pondok Pesanteran Al Hikmah berdiri pada tahun 1989 setelah Yayasan Al-Hikmah Sumberjo selaku institusi penyelenggara Pondok Pesantren Al-Hikmah Sumberjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, resmi berdiri sejak tahun 1989.

Berdirinya Pondok Pesantren ini pada awalnya tidak lepas dari putra-putra Bani Iman Raji dan Bani Mukmin yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan umat, sehinga pada masa awalnya modal material dan finansial sangat bergantung kepada mereka. Namun dalam perkembagannya, keterlibatan masyarakat sekitar sangat berpengaruh pada kemajuan dan perkembangan Pondok Pesantren Al Hikmah dan institusi-institusi formal di dalamnya.

Dari tahun ke tahun santri Al Hikmah jumlahnya semakin meningkat pesat. Sebagai ilustrasi, pada tahun 2019 ini jumlah santrinya baru sekitar 250 orang sekarang  jumlah santri telah mencapai angka 1068 orang lebih yang tersebar menjadi siswa MA atau SMK atau SMP dan semuanya tidak dipungut biaya apapun baik mondoknya maupun sekolah formalnya. Semuanya 100% gratis.

Bagaimana dengan honor ustadz dan guru? Pihak yayasan hanya menggaji guru-guru yang belum memiliki pekerjaan pokok. Mayoritas ustadz dan guru yang sudah memiliki pekerjaan pokok rela tidak dibayar. Tentunya dengan kondisi seperti ini pihak Pondok Pesantren Al Hikmah sangat mengharapkan bantuan dan dukungan dari semua pihak, terlebih lagi dari pemerintah mengingat apa yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Hikmah ini sejalah dengan tujuan pemerintah yang telah mencanangkan wajib pendidikan dasar 9 tahun.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbesar Dan Terkenal di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Belum ada Komentar untuk "4 Pondok Pesantren Terbaik, Terbesar Di Gunungkidul Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel