Inilah Kesaktian Prabu Jayabaya Dari Kerajaan Kediri

Maharaja Jayabhaya adalah Raja Kediri yang memerintah sekitar tahun 1135-1157. Nama gelar lengkapnya adalah Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa.

Nama besar Jayabhaya tercatat dalam ingatan masyarakat Jawa, sehingga namanya muncul dalam kesusastraan Jawa zaman Mataram Islam atau sesudahnya sebagai Prabu Jayabaya. Contoh naskah yang menyinggung tentang Jayabaya adalah Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa.

Dikisahkan Jayabaya adalah titisan Wisnu. Negaranya bernama Widarba yang beribu kota di Mamenang. Ayahnya bernama Gendrayana, putra Yudayana, putra Parikesit, putra Abimanyu, putra Arjuna dari keluarga Pandawa.

Permaisuri Jayabaya bernama Dewi Sara. Lahir darinya Jayaamijaya, Dewi Pramesti, Dewi Pramuni, dan Dewi Sasanti. Jayaamijaya menurunkan raja-raja tanah Jawa, bahkan sampai Majapahit dan Mataram Islam. Sedangkan Pramesti menikah dengan Astradarma raja Yawastina, melahirkan Anglingdarma raja Malawapati.

Jayabaya turun takhta pada usia tua. Ia dikisahkan moksha di desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Tempat petilasannya tersebut dikeramatkan oleh penduduk setempat dan masih ramai dikunjungi sampai sekarang.

Prabu Jayabaya adalah tokoh yang identik dengan ramalan masa depan Nusantara. Terdapat beberapa naskah yang berisi “Ramalan Joyoboyo”, antara lain Serat Jayabaya Musarar, Serat Pranitiwakya, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa kesaktian Prabu Jayabaya yang kami dapatkan dari berbagai sumber :

1. Meramalkan Keadaan Nusantara, yang disebut "Jangka Jayabaya",
2. Tidak Pernah Kalah Setiap Perang,
3. Menyabda Seorang Putri Dari Kadipaten Lodoyo Menjadi Batu (Arca Totok Kerot)
4. Mengetahui Sesuatu Yang Belum Terjadi
5. Bisa Mengalahkan Dan Menyatukan Kembali Kerajaan Jenggala.

Itulah beberapa kesaktian Prabu Jayabaya dari Kerajaan Kediri, jika menurut anda tulisan di atas keliru silahkan berkomentar di kotak yang disediakan.

1 Komentar untuk "Inilah Kesaktian Prabu Jayabaya Dari Kerajaan Kediri"

  1. tanpa modal besar?
    penghasilan tetap berjalan?

    segera bergabung bersama kami di zeusbola
    banyak hot promo untuk anda

    apalgi new member ada bonus cashbacknya lohhh
    ayo mari cuan bersama kami

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel