Inilah 9 Negara Terluas Dan Terbesar Di Dunia Hingga Sekarang

Berikut ini adalah daftar Negara Paling Besar dan Terluas di Dunia sampai saat ini :

1. RUSIA


Luas Wilayah :  17.098.242 km2
Jumlah Penduduk : 146.583.630 jiwa

Rusia adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km²,

Rusia merupakan negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa. Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah.

2. KANADA

Luas Wilayah : 9.984.670 km2
Jumlah Penduduk : 35.151.728 jiwa

Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional.

Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia dalam luas wilayah, setelah Rusia, meliputi sekitar 41% benua Amerika Utara. Kebanyakan wilayah Kanada terletak di daerah Arktik, bagaimanapun, dan demikian Kanada memiliki satu-satunya keempat tanah paling terpakai setelah Rusia, Tiongkok, dan AS.

3. AMERIKA SERIKAT

Luas Wilayah : 9.826.675 km2
Jumlah Penduduk : 321.034.355 jiwa

Amerika Serikat merupakan negara terluas ketiga di dunia setelah Kanada, dan terbesar ketiga menurut jumlah penduduk. Amerika Serikat juga merupakan salah satu negara yang paling multietnik dan paling multikultural di dunia. Hal tersebut muncul akibat adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai penjuru dunia.

4. CHINA

Luas Wilayah : 9.596.961 km2
Jumlah Penduduk : 1.372.820.000 jiwa

Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 milyar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya negara ke-4 terbesar di dunia.

China memiliki ekonomi paling besar dan paling kompleks di dunia selama lebih dari dua ribu tahun, beserta dengan beberapa masa kejayaan dan kejatuhan.

5. BRAZIL

Luas Wilayah : 8.515.767 km2
Jumlah Penduduk : 204.945.000 jiwa

Negara Brazil merupakan negara Terbesar dan Terluas ke-5 di Dunia. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik.
Kota-kota penting di Brasil antara lain Brasília, São Paulo dan Rio de Janeiro.

6. AUSTRALIA

Luas Wilayah : 7.692.024 km2
Jumlah Penduduk : 25.043.396 jiwa

Australia merupakan negara terbesar dan terluas ke-6 di Dunia. Bersama-sama dengan banyak negara maju lainnya, Australia mengalami pergeseran demografi ke arah populasi yang lebih tua, dengan lebih banyak kaum pensiun, dan sedikit usia produktif.

Meskipun Australia tidak memiliki bahasa resmi, bahasa Inggris begitu membudaya, dan ia menjadi bahasa de facto nasional. Bahasa Inggris Australia adalah varietas utama bahasa dengan aksen, dan kosakata yang berbeda.

7. INDIA

Luas Wilayah : 3.287.590 km2
Jumlah Penduduk : 1.274.590.000 jiwa

India merupakan negara terluas ke-7 di Dunia, yang terletak di Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km, dan bagian dari anak benua India, India merupakan bagian dari rute perdagangan penting, dan bersejarah.

Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar, dan memiliki kemampuan senjata nuklir.

8. ARGENTINA

Luas Wilayah : 2.780.400 km2
Jumlah Penduduk : 43.131.966 jiwa

Argentina, merupakan sebuah negaraAmerika Latin yang terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan.

Argentina adalah negara terluas ke-8 di Dunia. Argentina mempunyai kawasan yang luas dan merupakan negara terbesar kedelapan di dunia sedangkan ibu kotanya Buenos Aires adalah salah satu metropolitanyang terpadat di dunia. Negara ini berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, Brasil dan Uruguay di timur laut dan Chili di sebelah barat.

9. KAZAKHSTAN

Luas Wilayah : 2.724.900 km2
Jumlah Penduduk : 18,548,816 jiwa

Kazakhstan adalah sebuah negara Antarbenua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Wilayahnya yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia terbesar ke-2 dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia.

Kazakhstan sering di sebut sebagai " Virgin lands ", karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali.

Itulah daftar Negara terbesar dan Paling Luas di Dunia. Jika ada Kekeliruan silahkan beri komentar pada kotak di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 9 Negara Terluas Dan Terbesar Di Dunia Hingga Sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel