Inilah Daftar 11 Negara Terpadat dan Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar negara-negara terpadat menurut jumlah penduduknya. Data ini berasal dari CIA World Factbook 2018 dan meskipun tidak selalu mutakhir namun setidaknya cukup akurat :

1. REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK (CHINA)


Jumlah Penduduk : 1.393.050.000 jiwa

Republik Rakyat Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia sekitar 1,35 milyar jiwa.

Negara ini didirikan pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok, dan sejak saat itu dipimpin oleh sebuah partai tunggal, yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT).

2. INDIA

Jumlah Penduduk : 1.332.580.000 jiwa

India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

3. AMERIKA SERIKAT

Jumlah Penduduk : 329.551.000 jiwa

Amerika Serikat merupakan negara Terpadat ketiga di dunia, dan terbesar ketiga menurut jumlah penduduk. Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling multietnik dan paling multikultural di dunia.

Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kotaWashington, D.C.

4. INDONESIA

Jumlah Penduduk : 265,015,300 jiwa

Dengan populasi Hampir 270.054.853 juta jiwa pada tahun 2018, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 230 juta jiwa.

Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.

5. PAKISTAN

Jumlah Penduduk : 213.512.000 jiwa

Pakistan merupakan Negara Terpadat ke-5 di Dunia setelah Indonesia. Populasi Pakistan didominasi empat kelompok etnik yaitu Punjab, Pashtun, Sindh, dan Baloch. Suku bangsa terbesar di Pakistan adalah Punjab dengan jumlah 78 juta jiwa.

6. BRAZIL

Jumlah Penduduk : 210.417.000 jiwa

Brazil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya yaitu 210.417.000 jiwa pada tahun 2018 di Dunia. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik.

Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

7. NIGERIA

Jumlah Penduduk : 193,392,517 jiwa

Nigeria adalah negara Terbesar dan Terpadat ke-7 di Dunia. Negara ini terletak di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara dan Teluk Guinea di sebelah selatan. Kota-kota penting termasuk Abuja, bekas ibu kota Lagos, Abeokuta, Ibadan, Port Harcourtdan Jos.

8. BANGLADESH

Jumlah Penduduk : 165.491.000 jiwa

Bangladesh merupakan Negara Terpadat ke-8 di Dunia setelah Nigeria.  Negara ini terletak di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan. Bangladesh, bersama dengan Benggala Barat di India, membentuk kawasan etno-linguistik Benggala. Bangladesh (বাংলাদেশ) secara harfiah bermakna "Negara Bangla". Ibu kotadan kota terbesar Bangladesh ialah Dhaka.

9. RUSIA

Jumlah Penduduk : 146,877,088 jiwa

Negara Terpadat ke-9 di Dunia adalah Rusia.
Rusia adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia.

Rusia juga merupakan Negara Terluas di Dunia. Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah.

10. JEPANG

Jumlah Penduduk : 126,490,000 jiwa

Negara Terpadat ke-10 di dunia selanjutnya adalah Jepang. Negara Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia.

Penduduk Jepang berjumlah 126 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.

11. MEXICO

Jumlah Penduduk : 124,286,623 jiwa

Negara Terpadat ke-11 di dunia selanjutnya adalah Meksiko. Mexico adalah republik federal di bagian selatan Amerika Utara.

Dengan jumlah populasi lebih dari 124 juta orang,  negara ini adalah negara paling padat kesebelas dan negara berbahasa Spanyol yang paling padat penduduknya di dunia, sementara menjadi negara terpadat kedua di Amerika Latin setelah Brasil .

Itulah daftar Negara Terpadat di Dunia hingga sekarang. Jika ada kesalahan informasi silahkan beri komentar pada kotak di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar 11 Negara Terpadat dan Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel