Sejarah Asal usul Terbentuknya Aston Villa Football Club

Aston Villa Football Club juga dikenal sebagai Villa, The Villa, The Villans and The Lions) adalah klub sepak bola profesional yang berkantor pusat di Villa Park, Birmingham, Inggris.


Klub ini bermain di Liga Primer Inggris dan merupakan salah satu klub pendiri Football League pada tahun 1888 dan Premiership pada tahun 1992. Aston Villa adalah salah satu klub tertua dan paling sukses di Inggris.

Aston Villa berdiri pada tahun 1874 dan menggunakan stadion Villa Park dari tahun 1897 sampai sekarang. Aston Villa adalah salah satu anggota pendiri Football League dan segera sukses, memenangkan lima gelar dalam tujuh musim.

Klub ini mencapai kejayaannya di awal abad kedua puluh dengan memenangkan enam gelar Premier League sampai tahun 1910. Kemenangan tersebut hanya bisa diulang pada musim 1980-81, ditambah gelar juara Piala Champion 1981-82. Masa tersulit yang pernah dialami Aston Villa saat mereka harus terdegradasi ke Divisi Tiga di tahun 1971.

Baru setelah sepuluh tahun kemudian saat Ron Saunders menjadi manajer, Villa kembali berhasil merebut kembali gelar juara Liga. Musim berikutnya di tahun 1982 di bawah asuhan manajer Tony Barton memenangkan Piala UEFA dengan mengalahkan Bayern Munich 1-0 yang didampingi oleh Piala Super Eropa setahun kemudian, Aston Villa adalah satu dari hanya 4 klub Inggris yang pernah memenangkan Eropa.

Kompetisi teratas Pada tahun 1987 mereka kembali terdegradasi tapi dengan cepat kembali ke puncak. 1993 di bawah manajer Ron Atkinson berhasil menjadi runner-up Liga Inggris dan memenangkan masing-masing Piala Liga melawan Manchester United pada tahun 1994 dan Leeds United pada tahun 1996.

Setelah menangani manajer Martin O'Neill pada tahun 2006, Villa menjadi lebih kompetitif di Liga Primer. Kebijakan O'Neill lebih dikenal karena menggunakan banyak pemain asli Inggris Raya. Setelah dikalahkan oleh Manchester United di Piala Liga 2010, Martin O'Neill mengundurkan diri pada Agustus 2010 dan digantikan mantan manajer Liverpool Gerard Houlier.

Karena masalah kesehatan Houllier akhirnya mengundurkan diri untuk digantikan oleh saingan saingannya dari Birmingham City Villa Alex McLeish. Sejak 2006 Aston Villa dimiliki oleh pengusaha AS Randy Lerner, yang membeli sebagian besar saham Doug Ellis. Setelah membeli kepemilikan klub, Lerner menunjuk dirinya sebagai presiden klub untuk menggantikan Ellis.

STADION UTAMA ASTON VILLA 


Saat ini kandang Aston Villa adalah Villa Park, stadion bintang lima UEFA, sebelumnya bersaing di Aston Park (1874-76) dan Perry Barr (1876-97). Villa Park adalah stadion terbesar di West Midlands, dan stadion terbesar kedelapan di Inggris. Stadion tersebut telah memainkan 16 pertandingan internasional senior Inggris, pertama di tahun 1899 dan yang terakhir di tahun 2005.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Asal usul Terbentuknya Aston Villa Football Club"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel