Manfaat Durian Bagi Tubuh Baik Untuk Kesehatan Jantung Dan Kulit

 Durian adalah salah satu buah eksotis dan populer dari Asia Tenggara karena memiliki aroma dan rasanya yang khas. Selain memiliki rasa yang khas, manfaat durian bagi tubuh juga unik, yakni memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Buah dengan bau khas ini mengandung tinggi kalori dan kalium, nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga kerap disebut sebagai "Si Raja Buah". Kira-kira apa sajakah manfaat buah durian bagi tubuh?





Manfaat durian bagi kesehatan tubuh

Di balik bentuknya yang berduri, buah ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat buah durian bagi tubuh.

1. Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat

Jangan salah, buah durian memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan.

Selain serat, Anda juga dapat memenuhi asupan protein dari buah durian, Ini karena durian tinggi protein. Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potassium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.

2. Kaya antioksidan

Sebuah studi menjelaskan bahwa durian mengandung vitamin E dan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, durian juga mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, studi ini harus dikaji lebih lanjut karena durian juga memiliki efek ‘panas’ yang juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Menurunkan kadar gula darah

Meskipun terasa manis, buah durian merupakan salah satu buah tropis dengan indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Artinya, buah durian tidak akan secepat buah tropis lainnya dalam menaikkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

4. Melawan infeksi bakteri

Manfaat buah durian yang satu ini terletak pada kulitnya. Terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik dan tanin pada kulit durian. Senyawa-senyawa ini dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan hal ini telah terbukti oleh suatu penelitian yang dilakukan di Bali. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya harus dilakukan ekstraksi terlebih dahulu di laboratorium.

5. Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi tantangan bagi dokter dan peneliti. Senyawa antioksidan dalam buah durian diyakini bermanfaat dalam menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Sekarang ini, ekstrak buah durian diyakini dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara. Akan tetapi riset lebih mendalam masih dibutuhkan.

Walaupun banyak manfaat  buah durian yang menggiurkan tetapi jangan menjadikan buah ini sebagai obat utama untuk mengobati penyakit Anda. Selalu konsultasikan ke dokter apapun keluhan Anda.

6. Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Buah durian mengandung nutrisi bermanfaat, seperti kalsium dan kalium. Kedua kandungan tersebut berperan dalam membantu menjaga kesehatan tulang tubuh. Meski kandungan kalsium dalam durian tidak begitu tinggi, namun jumlah kalium yang dimiliki durian mencukupi 9% dari angka kecukupan gizi harian yang direkomendasikan.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Anda sering kali mengalami kesulitan tidur? Dengan kandungan zat melatonin (hormon tidur) yang cukup tinggi, durian diyakini memiliki potensi kesehatan untuk meningkatkan kualitas tidur.

8. Mencegah penuaan dini

Siapa sangka bahwa ternyata manfaat durian juga dapat menjaga kesehatan kulit? Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berperan dalam memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, rambut rontok, bahkan gigi goyang.

9. Memperbaiki suasana hati

Durian mengandung triptofan yang merupakan asam amino penting, pengatur rasa bahagia dan siklus tidur. Potensi manfaat buah durian ini diyakini dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih tenang.

10. Sumber energi karbohidrat yang baik

Mengonumsi dua daging buah durian diyakini setara dengan kandungan energi dari buah pisang berukuran sedang. Potensi manfaat buah durian ini dapat Anda jadikan pertimbangan sebagai alternatif makanan saat membutuhkan sumber energi tambahan.

11. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam buah durian juga bisa menjaga kesehatan jantung, karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kadar kolesterol jahat (LDL) yang menurun dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih rendah.

12. Membantu pembentukan sel darah merah

Manfaat durian lainnya adalah dapat membantu pembentukan sel darah merah. Ini karena buah durian mengandung zat besi dan tembaga yang tinggi. Mengonsumsi buah ini juga mampu menurunkan risiko anemia atau turunnya kadar hemoglobin dalam darah.

13. Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat durian lainnya adalah dapat meningkatkan kualitas sperma. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa buah durian rupanya mampu meningkatkan kualitas dan pergerakan sperma pada pria

Kandungan gizi buah durian

Durian adalah buah yang mengandung nutrisi tinggi. Menurut The United States Department of Agriculture, dalam 100 gram buah durian terdapat kandungan nutrisi ini:

Kalori durian: 147 kalori

Protein: 1,47 gram

Karbohidrat: 27,09 gram

Serat: 3,8 gram

Kalsium: 6 milligram

Kalium: 436 milligram

Vitamin C: 19,7 milligram

Riboflavin: 0,2 milligram

Folat: 36 mikrogram.

Selain itu, durian mengandung vitamin B6, vitamin A, niacin dan komponen tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin dalam durian terhitung  tinggi dan baik bagi kesehatan

Efek samping makan buah durian

Meski memiliki manfaat yang menyehatkan, mengonsumsi durian terlalu banyak juga tidak baik. Ada beberapa efek samping yang bisa timbul saat memakan durian, seperti reaksi alergi, ketidaknyamanan di perut, muntah, perut bergas, dan diare. Memakan biji dari buah durian berisiko menimbulkan sesak napas.

Selain efek samping dari buah durian, Anda juga perlu tahu bahwa buah eksotis ini sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan alkohol. Senyawa sulfur dalam durian dapat menghambat kinerja enzim tertentu dalam tubuh yang berperan dalam memproses alkohol.

Saat kadar alkohol dalam tubuh meningkat, Anda bisa mengalami muntah, detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, dan mual. Oleh karenanya, hindari mengonsumsi durian bersama dengan alkohol.

Wanita yang sedang hamil dan menyusui serta penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi durian.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Durian Bagi Tubuh Baik Untuk Kesehatan Jantung Dan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel