Misteri Larangan Pengantin Baru Dan Pengiring Melintas DiGunung Pegat Ponorogo

PONOROGO JATIM- Banyak misteri di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Kali ini, misteri Gunung Pegat yang berada di Desa Nambak, Kecamatan Bungkal, Ponorogo. Gunung Pegat memiliki mitos yang dipercaya hingga kini.




Siapa saja pengantin baru maupun pengiringnya melintas di Gunung Pegat akan berpisah atau cerai dengan pasangannya. Pengantin baru maupun pengiringnya disarankan melalui jalur lain dan tak diperbolehkan melintas di kawasan Gunung Pegat.


Jika Anda tidak percaya, silahkan dibuktikan. Namun risiko tentu saja ditanggung sendiri.

Pantauan detikcom, Gunung Pegat ini merupakan sebuah gunung yang dibelah untuk dijadikan jalan. Jalan yang membelah gunung inilah yang disebut gunung pegat. Pegat sendiri berarti cerai.


Jalan ini sendiri hingga kini masih digunakan warga. Sekaligus penghubung antara Kecamatan Bungkal dengan Kecamatan Slahung.


Pegiat seni dan sejarah, Purbo Sasongko menjelaskan mitos ini masih dipercaya warga. Bahkan pengantin asal Slahung atau Balong menikah dengan warga Bungkal.


"Biasanya pengiring maupun pengantin tidak akan lewat jalan Gunung Pegat tapi memutar lewat jalan Nailan ke timur atau Balong ke timur," tutur Purbo kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Menurutnya, mitos ini berkembang karena dipercaya masyarakat hingga kini. Tanpa sadar akhirnya masyarakat pun mengikuti saran orang setempat untuk tidak melintas saat mengiring pengantin baru.


"Kalau saya sendiri tidak percaya mitos itu," terang Purbo.

Sebab, dia menikah dengan warga Desa Bekare, Kecamatan Bungkal dan melintas di jalan Gunung Pegat Desa Nambak, Kecamatan Bungkal.

Saya pernah membuktikan, istri saya lewat situ. Saya juga lewat situ, nggak papa," jelas Purbo.


Mitos ini, lanjut Purbo, karena kepercayaan warga setempat yang dijaga hingga saat ini. Akhirnya vibrasi dari spiritual tersebut pun berkumpul menjadi satu kekuatan tersendiri.


"Mitosnya kan kalau lewat situ pengantin bisa cerai," imbuh Purbo.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Misteri Larangan Pengantin Baru Dan Pengiring Melintas DiGunung Pegat Ponorogo "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel