PVMBG Bandung akan pasang GPS dan teliti bau belerang dari gunung Raung

 BANYUWANGI JATIM- - Tim pengamat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung berencana meninjau Gunung Raung yang diduga mengeluarkan gas belerang. Tak hanya itu, mereka juga akan memasang GPS di gunung tersebut.

Sebelumnya, PPGA Raung yang berada di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon mendeteksi adanya bau gas belerang yang diduga berasal dari perut kawah Gunung Raung.



"Kami menduga dari sana. Karena saat gunung dalam kondisi normal, seringkali bau belerang itu muncul. Karena kan Raung juga mengandung SO2 atau belerang sulfida," ujar petugas PPGA Raung, Burhan Alethea kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).


Meski begitu, Burhan enggan berspekulasi lebih jauh tentang dugaan keluarnya hidrogen sulfida dari gunung setinggi 3.332 mdpl itu. Karena masih akan diteliti dan dikaji ulang soal Gunung Raung erupsi ini .


"Kita masih akan kaji ulang. Nanti ada tim PVMBG Bandung yang terjun. Kita pantau apakah dari Gunung Raung, apakah terbawa angin dari Gunung Ijen," ujar Burhan.


Selain meneliti terkait adanya bau belerang, tim pengamat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung juga akan memasang GPS. GPS tersebut berfungsi untuk pengamatan atau pemantauan deformasi gunung api.


GPS merupakan sistem satelit navigasi yang membantu menentukan posisi yang berbasis pada pengamatan satelit GPS. Cara kerjanya atau operasionalnya di gunung api dengan survei GPS, yakni menempatkannya pada titik yang ditetapkan koordinatnya dengan GPS.


Dengan penetapan titik secara akurat dan mempelajari pola dan kecepatan perubahan koordinat pada kecepatan perubahan koordinat di titik itu, maka karakteristik ground deformation pada tubuh gunung api dapat dihitung dan selanjutnya dipelajari.


"Pemantauan deformasi dengan menggunakan GPS dilakukan secara episodik dan atau kontinyu," pungkasnya.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "PVMBG Bandung akan pasang GPS dan teliti bau belerang dari gunung Raung "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel