Longsor Di Karanganyar, Salah Satu Warga Tewas Tertimbun

KARANGANYAR JATENG - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Karanganyar sejak siang hari memicu tanah longsor di beberapa lokasi. Seorang warga dilaporkan tewas setelah tertimbun material longsor yang menimpa rumahnya.

Korban tewas bernama Harni (52), warga Dukuh Sedayu, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu. Korban dilaporkan turut tertimbun saat tebing di belakang rumahnya longsor dan menimpa kamar mandi, Sabtu (5/12) sore.


"Kejadian sekitar pukul 18.00 WIB. Saat kejadian korban sedang wudu karena hendak salat Isya," ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, dihubungi wartawan, Minggu (6/12/2020).


Sundoro melanjutkan, usai mendapatkan laporan warga, petugas segera melakukan upaya evakuasi. Tak kurang dari 200 personel gabungan BPBD, SAR, PMI, TNI, Polri dan relawan gabungan dikerahkan untuk menemukan korban.


"Ditemukan sekitar pukul 23.15 WIB. Kondisinya sudah meninggal dunia," imbuhnya.


Setelah dievakuasi, lanjut Sundoro, jenazah korban kemudian dilakukan visum sebelum diserahkan kepada pihak keluarga. Sundoro menerangkan, selain di Desa Tengklik, longsor juga terjadi di beberapa wilayah di Kecamatan Tawangmangu, Karangpandan dan Jatiyoso.


Longsor juga sempat menutup jalur utama Solo-Tawangmangu, tepatnya di Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan. Akibatnya, arus lalu lintas sempat terputus hingga kendaraan harus dialihkan melalui jalur lain.


"Kejadian sekitar pukul 18.00 WIB. Karena material longsor menutup jalan, kendaraan ke arah Tawangmangu kami alihkan melalui Matesih," terang Kapolsek Karangpandan, Iptu Widyatmoko.


Widyatmoko mengatakan, alat berat dan petugas gabungan dikerahkan untuk membersihkan material longsor. Namun upaya ini sempat terhambat hujan yang terus turun di wilayah tersebut.


"Tadi sempat direncanakan upaya pembersihan dilakukan besok pagi. Namun karena cuaca membaik, pembersihan bisa diselesaikan malam ini juga. Tadi sekitar pukul 23.00 WIB jalur sudah bisa dibersihkan. Saat ini sudah bisa dilewati kendaraan," terangnya.


Sumber : detik.com

Belum ada Komentar untuk "Longsor Di Karanganyar, Salah Satu Warga Tewas Tertimbun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel