Diduga sengaja dibakar. Lahan hutan di Tuban hangus terbakar

Lahan hutan Jati di titik Petak 79 A1 dan petak 80 A, KPH Tuban yang berada di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur terbakar, Senin (10/8/2020), siang.

Kurang lebih seluas 4 hektar lahan dilalap api, dugaan sementara, api berasal seseorang yang sengaja membakar lahan tersebut dan tidak bertanggung jawab.

"Yang terbakar 4 hektar, diduga sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto kepada wartawan.

Dia menjelaskan, pembakaran hutan itu dimungkinkan adanya seseorang yang membakar sampah di area tersebut dan api dengan cepat menjalar area hutan.

Tim BPBD yang datang langsung melakukan pemadaman dengan mengerahkan dua unit mobil untuk memadamkan api, dibantu oleh tim perhutani, TNI dan Polri.

Api berhasil dipadamkan dengan bantuan TNI, Polri dan juga petugas Perhutani," terangnya

Sementara itu, Administratur (Adm) Perhutani Tuban, Tulus Budyadi menyatakan, kebakaran di kawasan Hutan Pakah, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, sudah sering terjadi.

Kebakaran Hutan Jati tersebut dipicu adanya orang tidak bertanggung jawab yang melakukan pembakaran.

Menurutnya, luasan hutan Jati yang mengalami kebakaran tersebut mencapai sekitar 4 hektar lebih, dengan jumlah pohon jati sekitar 3200.

"Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam lebih dengan dibantu oleh PMK Tuban serta dari petugas Perhutani KPH Tuban. Untuk pohon Jati atau tegakan itu tidak terpengaruh, karena pohon Jati apalagi yang usianya sudah lima tahun kulitnya sudah tebal," pungkasnya.

Sumber : tribunjatim.com

Belum ada Komentar untuk "Diduga sengaja dibakar. Lahan hutan di Tuban hangus terbakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel