5 Pondok Pesantren Terbaik, Terbesar Di Temanggung

Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribu kota di kota Temanggung.

Berikut ini adalah beberapa daftar PonPes Salafiyah maupun Modern Terbesar dan Terkenal di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah :

1. PONDOK PESANTREN MODERN ASSALAAM

Lokasi : Jalan Raya Secang KM. 5, Kranggan, Gandokan, Temanggung II, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56271

Pada awalnya Pondok Modern Assalaam menyelenggarakan pendidikan Diniyah, yang membina anak-anak di sekitar Pondok terutama sekali bagi anak-anak dusun Gandokan. Dan selanjutnya Pondok Pesantren Modern Assalaam – Temanggung sejak tanggal 20 Juli 1986 membuka unit pendidikan Madrasah Tsanawiyah.  Pondok Modern Assalaam menawarkan model pendidikan dan pembelajaran yang memadukan studi keislaman dan keilmuan. Pendidkan berlangsung selama 24 jam dengan model pendidikan pesantren dan madrasah, dimana kegiatan pesantren dan madrasah merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi, sehingga proses pendidikan santri yang mencakup semua aspek kehidupan, baik yang besifat duniawi maupun ukhrowi berjalan secara optimal.

Pondok pesantren Modern Assalaam meneriman santri laki – laki dan santri perempuan dan program pendidikan yang diselenggarakan oleh pondok pesantren Modern Assalam saat ini ada dua program pendidikan. Adapun program pendidikan tersebut yaitu:
1.   Tingkat madrasah Tsanawiyah (MTs) yang sudah mendapatkan akreditasi A.
2.   Tingkat madrasah Aliyah (MA) yang juga sudah mendapatkan akreditasi A.

2. PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIN

Lokasi : Bolong, Selopampang, Bolong, Selopampang, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56262

Pondok pesantren Darul Muttaqien adalah salah satu pesantren salaf tua yang berada di wilayah kabupaten Temanggung,yang didirikan oleh kyai ternama yaitu K.H. Cholil Asy’ari pada tahun 1965, yang berlokasi di dusun Bolong desa Ngaditirto kecamatan Selopampang kabupaten Temanggung provinsi Jawa Tengah. Meskipun berlokasi di pegunungan dan berjarak 10 km dari pusat kabupaten, Darul Muttaqien memiliki cukup banyak santri yang berpotensi tinggi. Saat ini jumlah santri mencapai 750 yang terdiri dari santri putra dan santri putri dengan 30 ustadz dan ustadzah. Santri di pesantren tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Temanggung,Magelang,Kendal, dan ada beberapa yang berasal dari luar jawa seperti Jambi, Palembang, Riau, dan Kalimantan.

3. PONDOK MODERN DARUL FALACH TEMANGGUNG

Lokasi : Jl. Sibajag KM 01, Klombeyan, Muntung, Candiroto, Sawah, Bantir, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56257

Pondok Modern Darul Falach dimulai dengan pulangnya Bapak KH Muhammad Fatah, S. Ag dari Pesantren Umdatul Muna di Payaman Magelang, setelah selesai menimba ilmu di sana. Kemudian datanglah beberapa santri yang ingin menimba ilmu dengan beliau di kampung halaman beliau di dusun Legundi Desa Batursari Kec. Candiroto Temanggung.

Para santri yang berdatangan semakin banyak, sehingga rumah orang tua beliau tidak lagi cukup untuk menjadi tempat mengaji mereka, sehingga dengan masukan dari berbagai pihak, dibangunlah sebuah rumah sederhana untuk tempat mengaji para santri. Tempat inilah yang menjadi bangunan awal Pesantren di dusun Legundi.

Dengan berjalannya waktu, para santri mulai berdatangan dari penjuru pulau Jawa yang kemudian kesulitan mendapatkan akses menuju pesantren karena letaknya yang terpencil jauh dari jalan raya. Maka, dicarilah solusi untuk hal tersebut dengan membangun lokal Pesantren baru di dusun Klombeyan desa Muntung Kec. Candiroto Temanggung yang lebih mudah dijangkau transportasi dan sarana pengairan yang cukup.

Pada tahun 1992, secara resmi Pondok Pesantren Darul Falach menjalankan roda pendidikannya di lokal baru di dusun Klombeyan tersebut hingga saat ini.

4. Pondok Pesantren Al-Mu'min Muhammadiyah 1 

Lokasi : Desa Purwodadi, Jl. KH. Abdul Rohman No. 1, Kec. Tembarak, Temanggungan, Purwodadi, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56261

Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung berdiri pada tanggal 11 Muharrom 1403 H/ 01 Nopember 1982 M didirikan oleh Muhammadiyah Cabang Tembarak di Desa Purwodadi Kecamatan Tembarak di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 600 mdpl, 8 Km arah selatan kota Temanggung, Jawa Tengah.

Awal mula berdirinya Pondok Pesantren, berasal dari muwaqif Bapak Rusnanto (Jakarta) dengan luas tanah 600 M2 yang sudah berupa bangunan rumah, hanya saja bangunan tersebut belum layak huni, karena pembangunan baru mencapai 60%, yang terletak di sebelah kiri jalan dari arah Temanggung. Pada awalnyawaqaf bangunan tersebut diserahkan Muhammadiyah Ranting Purwodadi. Karna Muhammadiyah Ranting Purwodadi tidak mampu menerima amanah berupa “lembaga Pondok Pesantren” dengan jenjang pendidikan 6 tahun, akhirnya diserahkan kepada Muhammadiyah Cabang Tembarak.

Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menerapkan kurikulum terpadu (Integrated Curiculum), yakni memadukan kurikulum Pesantren dengan kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional.

Melihat perkembangan lulusan santri Madrasah Tsanawiyah, nampaknya dapat diandalkan sebagai calon kader dan tuntutan masyarakat, maka pada tanggal 17 Juli 1986 dilanjutkan dengan membangun Unit Pendidikan Madrasah Aliyah dengan jurusan IPS (A3) periode selanjutnya beralih menjadi jurusan BIOLOGI (A2). Tahun 2004 dibagi menjadi dua jurusan yaitu IPA dan Bahasa yang berkonsentrasi pada Bahasa Arab.

Sebagai sebuah pesantren, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menerapkan sistem asrama (Boarding School). Sistem ini berfungsi sebagai pembentukan jiwa santri. Dengan bimbingan dan pengawasan Ustadz/Ustadzah, santri diarahkan untuk mengaplikasikan ilmunya dalam keseharian mereka.

5. PONDOK PESANTREN SUNAN PLUMBON

Lokasi : Krajan, Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56261

Pondok Pesantren “Sunan Plumbon” terletak di Desa Krajan Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Sebuah Pondok kecil di Negeri Tembakau yang berdiri pada tahun 2001. Romo KH. M Abdul Chakim Cholil S.Ag adalah Muassis serta Pengasuh Pondok Krajan.

Pendidikan

Adapun macam dan bentuk pendidikan yang terapkan Pondok Pesantren SUNAN PLUMBON meliputi sistem Bandongan, sorogan , halaqoh dan lainya
Secara global sistem yang di terapkan ada 2 jenis yang di selanggarakan

a. Pendidikan Non Formal ( kepesantrenan )
1. Mejlis Ta’lim Mingguan ( ba’da Jam’at)
2. Panti Asuhan Yatim dan Dluafa’
3. Pengajian Romadlon Paket 21 Hari
4. Taman Pendidikan Al Qur’an
5. Madrasah Diniyah
6. Pesanten anak-anak Modern
7. Wajar Dikdas
8. Takhosus
Pendidikan Takhosus menerapkan tiga tingkatan yaitu
1. Isti’dadiyah dengan kurikulum dua tahun
2. Ibtida’iyah dengan kurikulum tiga tahun
3. Tsanawiyah dengan kurikulum tiga tahun
4. Aliyah dengan kurikulum tiga tahun

b. Pendidikan Formal

1. Play Group D-BAITO Sunan Plumbon
2. Madrasah Ibtidaiyah Makukuhan Krajan
3. SMP D-BAITO Sunan Plumbon
4. MA D-BAITO Sunan Plumbon

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbesar dan Terkenal di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "5 Pondok Pesantren Terbaik, Terbesar Di Temanggung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel