Social Items

Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kota Kebumen.

Pendidikan agama di Kebumen cukup banyak, karena di wilayah ini terdapat Pondok Pesantren yang banyak digunakan masyarakat untuk mendalami ilmu agama. Dari hasil penelusuran tim kami kuwaluhan.com, Kebumen memiliki beberapa Ponpes Salaf maupun Modern Populer dan Terkenal se-Jawa Tengah, berikut ini adalah daftar Ponpes tersebut :

1. PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH KEBUMEN

Lokasi : Jerotengah, Somagede, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421

Ponpes Al Barokah dimulai dengan niat Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi , seorang tokoh masyarakat, Ulama sepuh dan Mursyid Thoriqoh di wilayah Gombong Kab. Kebumen untuk memberikan pendidikan agama secara utuh kepada masyarakat luas. Berdirinya Ponpes Al Barokah merupakan tahap awal berdirinya Yayasan yang menaunginya yaitu Yayasan Lembaga Islam Al Barokah setelah mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Yayasan Lembaga Islam Al Barokah, adalah yayasan yang bergerak di bidang keagamaan, sosial, dan kemanusiaan. Yayasan ini didirikan oleh Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi, berlokasi di desa Somagede Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Bermula dari renovasi masjid pokok di wilayah tersebut yaitu Masjid Jami’ Al Barokah ,Masjid tersebut merupakan masjid kuno yang mempunyai sejarah panjang secara turun temurun di wariskan sampai pada Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi dan sempat mengalami pergantian nama yaitu Al Huda menjadi Al BArokah sampai saat sekarang ini, nama Al Barokah menjadi nama yang terakhir.

Pembangunan masjid Jami’ Al Barokah Somagede dimulai pada tahun 1996 M dan selesai tahun 2000 M .Setelah selesai masjid tersebut diresmikan oleh mantan Presiden RI KHAbdurrahman Wahid (Gus Dur ) pada tahun 2000 M. Pembangunan fisik dilanjutkan dengan membangun Gedung Asrama Putra Pondok Pesantren Al Barokah berlantai tiga dengan 39 kamar dan fasilitas pendukung laiNnya.

Bangunan ini diselesaikan dalam jangka waktu + 3,5 tahun (2000-2003). Setelah bangunan asrama putra selesai, bangunan asrama putri berlantai 4 dibangun dalam jangka waktu ¬+ 3 tahun (2003-2006) disertai fasilitas pendukung antara lain aula, kantor dll.

Menyadari bahwa segala amal usaha, baik pendidikan formal maupun nonformal dan lain-lain membutuhkan manajemen yang baik, maka pada tahun 2005 beliau mendirikan Lembaga Islam Al Barokah yang sudah berbadan hukum Akta Notaris No : 12 / HK.02.02/ 547 / 2009 kemudian baru pada tahun 2015 lembaga tersebut resmi berbadan hukum YAYASAN dengan Nomor SK Pengesahan KEMENHUMHAM No. AHU-0033901.AH.01.04.Tahun 2015. Saat ini Yayasan Lembaga Islam Al Barokah dipimpin oleh putra Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi.

EKSTRAKURIKULER

1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha.

2. PONDOK PESANTREN MODERN MIBS KEBUMEN

Lokasi : Jl. ayani No.83, Indrakila, Kebumen, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54311

Pesantren Modern MIBS Kebumen berdiri berdasarkan keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang mewajibkan pada setiap daerah memiliki pesantren binaan muhammadiyah daerah setempat. Keputusan ini ditanggapi dengan penuh semangat oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen sehingga terbentuklah kepanitian dan berdirilah Pesantren Modern MIBS Kebumen.

MIBS Kebumen berdiri dan disahkan pada 11 Januari 2015 Masehi yang bertepatan dengan 09 Rabiul Awwal 1435 Hijriyah. Disahkan oleh Prof. DR. H.M. Amien Rais, MA di halaman utama SMA Muhammadiyah Kebumen. MIBS pada awal mulanya berdiri dengan nama MBS Kebumen yang kemudian oleh Prof. DR. Eng. Imam Robandi dianjurkan untuk memiliki ciri dan identitas lain dari MBS yang sudah ada, diubahlah MBS Kebumen menjadi MIBS Kebumen Muhammadiyah Integrated Boarding School Kebumen.

MIBS kebumen adalah salah satu pesantren berbasis modern, dengan program utamanya Tahfidz dan Bahasa Arab/Inggris. Dengan tujuan mencetak kader ulama intelektual. Pesantren Modern MIBS Kebumen merupakan sekolah kader pendidikan 6 tahun jenjang SMP-SMA yang nantinya dididik dan disiapkan untuk menjadi generasi penerus ummat dengan akhlak budi pekerti tinggi dan berkemajuan.

Hingga saat ini MIBS Kebumen sudah resmi memiliki ijin operasional SMP MIBS Kebumen dan nantinya akan dilanjutkan dengan SMA MIBS Kebumen. Dengan harapan akan lebih mandiri dan terus berkembang bahkan hingga perguruan tinggi.

3. PONDOK PESANTREN AL-HUDA JETIS

Lokasi : Jetis, Kutosari, Kauman, Kutosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Pondok Pesantren di Jetis Kutosari Kebumen ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Jetis. Didirikan kurang lebih pada tahun 1880 Masehi oleh K.H. Abdurrahman. Semasa kecil beliau bernama Solihin, berasal dari desa Gebrek Ambal Kebumen. Pondok Pesantren Al-Huda merupakan mitra pendidikan formal yang mendidik warga bangsa secara paripurna. Pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan orang tua.

 Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa pemerintah memiliki keterbatasan dalam menyelenggarakan pendidikan formal dan sekaligus mengisyaratkan kepada lembaga-lembaga masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan non formal. Berdasarkan pada suatu kenyataan bahwa pendidikan merupakan suatu pilar utama kemajuan suatu bangsa (dalam bidang moral dan intelektual). Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan membutuhkan penanganan yang serius, terencana dan sistematis.

Pondok Pesantren Al-Huda didirikan sekitar tahun 1880. Pondok ini terletak di Jetis, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya sangat setrategis karena terletak di jantung kota Kebumen, pondok pesantren ini juga berdekatan dengan beberapa tempat pendidikan formal, seperti SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi, masjid Agung dan pusat pemerintahan kabupaten Kebumen, dan mulai tahun 2006 Pengasuh Pondok Pesantren sekaligus sebagai ketua Yayasan Kholidiyah, KH Wahib Machfudz mendirikan pendidikan formal yaitu SMP VIP Al-Huda dan pada tahun 2008 mendirikan SMK VIP Al-Huda yang mempuyai 3 jurusan yaitu: Farmasi, Keperawatan, dan Kimia Industri.

Kurikulum Pondok Pesantren Al- Huda lebih menekankan pada pendidikan agama seperti ilmu fiqh, bahasa arab, ilmu alat ( nahwu dan shorof ), tauhid dan akhlak. Pondok Pesantren Al-Huda terdiri dari dua kelompok: (a) Kelompok remaja serta dewasa. (b) Kelompok orang tua. Kelompok remaja dan dewasa dikategorikan menjadi dua macam. Pertama, santri yang khusus belajar ilmu agama di pesantren dan kedua, santri yang belajar ilmu agama di pesantren dan belajar ilmu umum di SMP, MTs, SMA, MA, SMK baik negeri maupun swasta, dan juga belajar di Perguruan Tinggi (STAINU, STAISA, STIE, PGSD) Jumlah keseluruhan santri sekitar 850 santri. Untuk santri putra 450 dan santri putri 400.

4. PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU

Lokasi : Kemecing, Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Pondok pesantren "Al-Kahfi" Somalangu Kebumen merupakan Pondok Pesantren yang telah terhitung cukup tua keberadaannya. Karena Pondok Pesantren ini telah ada semenjak tahun 1475 M. Adapun tahun dan waktu berdirinya dapat kita ketahui diantaranya dari Prasasti Batu Zamrud Siberia (Emerald Fuchsite) berbobot 9 kg yang ada didalam Masjid Pondok Pesantren tersebut.

Sebagaimana diketahui menurut keterangan yang dihimpun oleh para ahli sejarah bahwa ciri khas Pondok Pesantren yang didirikan pada awal purmulaan islam masuk di Nusantara adalah bahwa didalam Pondok Pesantren itu dipastikan adanya sebuah Masjid. Dan pendirian Masjid ini sesuai dengan kebiasaan waktu itu adalah merupakan bagian daripada pendirian sebuah Pesantren yang terkait dengannya.

Prasasti yang mempunyai kandungan elemen kimia Al, Cr, H, K, O, dan Si ini bertuliskan huruf Jawa & Arab. Huruf Jawa menandai candra sengkalanya tahun. Sedangkan tulisan dalam huruf Arab adalah penjabaran dari candra sengkala tersebut. Terlihat jelas dalam angka tanggal yang tertera dengan huruf Arabic : “25 Sya’ban 879 H” Ini artinya bahwa Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu resmi berdiri semenjak tanggal 25 Sya’ban 879 H atau bersamaan dengan Rabu, 4 Januari 1475 M. Pendirinya adalah Syekh As_Sayid Abdul Kahfi Al_Hasani. Beliau semula merupakan seorang tokoh ulama yang berasal dari Hadharamaut, Yaman.

PENDIDIKAN

Sistem pembelajaran di Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan serta teknologi keilmuan jaman sekarang, namun juga tetap menerapkan metodologi klasik, seperti bandungan dan sorogan. Kitab-kitab yang diajarkan antara lain meliputi ilmu fiqih, nahwu, shorof, tafsir Alquran, dan hadist.

Beberapa kitab fiqih yang diajarkan di Ponpes Al Kahfi seperti Fatkul Qorib, Fatkhul Muíin, Safinatun Najah, dan Fatkhul Wahab. Ponpes Al Kahfi dipimpin oleh putra atau keturunan Kyai terdahulu sebagai generasi penerus untuk memegang amanat, Saat ini, Ponpes Al Kahfi Somalangu dipimpin oleh KH Afifuddin Chanif Al Hasani atau biasa dikenal dengan Gus Afif yang merupakan keturunan ke-16 dari pengasuh pesantren Al Kahfi.

Pada 2015 terdapat sekitar 700 santri yang terdiri 500 santriwan dan 200 santriwati yang berasal dari berbagai wilayah di penjuru tanah air. Cukup ramai dan banyak santinya sehingga pada bulan Ramadhan akan semakin semarak suasana dan nuansa peribadahan di Ponpes Somalangu.

EKSTRAKURIKULER

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji.

5. PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH

Lokasi : Bandung su'ada, Kebonsari, Bandung, Kebumen, Kebumen Regency, Jawa Tengah 54351

Pondok pesantren “Nurul Hidayah” ( PPNH ) adalah  pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Kebumen, tepatnya  di Desa Bandung, Rt. 04 Rw. 02 Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah.secara resmi Pondok Pesantren Nurul Hidayah berdiri sejak tahun 1992 M. yang didirikan oleh beliau Romo K. H. Kholawi Mahasin.

Atas dasar rasa tanggung jawab sosial kemasyarakatan sarta dukungan Masyarakat setempat yang berfikir jauh tentang pentingnya sebuah lembaga pendidikan agama sesuai dengan syariat Islam yang berhaluanAhlussunah Wal Jama`ah  dengan sistem salafiyah.

Pendidikan

Secara umum setiap Pondok Pesantren memiliki kegiatan yang berbeda-beda di karenakan pendidikan pesantren tidak mengacu dari Pemerintah  berbeda dengan kegiatan pendidikan sekolah-sekolah formal mereka mengacu pada Pemerintah dengan di adakannya suatu kurikulum.

kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren Nurul Hidayah terbagi menjadi dua bagian yaitu Madarasah Diniyah ( intrakulikuler) dan kegiatan di luar madrasah mencakup anatara lain bandongan,sorogan,setoran dll.Dalam hal ini Madrasah Diniyah mengacu pada kurikulum dari pesantren sendiri serta ditambah atau dipadukan dengan kurikulum Dipartemen RI.

Intrakulikuler merupakan kegiatan inti yang dilakukan dalam wadah Madrasah Diniyyah dan keberadaan Madrasah Diniyah terutama sebagai RUHUL MA’HAD  yang sangat berperan dalam memajukan pesantren.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terkenal di Kebumen Jawa Tengah.

5 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Kebumen

Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kota Kebumen.

Pendidikan agama di Kebumen cukup banyak, karena di wilayah ini terdapat Pondok Pesantren yang banyak digunakan masyarakat untuk mendalami ilmu agama. Dari hasil penelusuran tim kami kuwaluhan.com, Kebumen memiliki beberapa Ponpes Salaf maupun Modern Populer dan Terkenal se-Jawa Tengah, berikut ini adalah daftar Ponpes tersebut :

1. PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH KEBUMEN

Lokasi : Jerotengah, Somagede, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421

Ponpes Al Barokah dimulai dengan niat Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi , seorang tokoh masyarakat, Ulama sepuh dan Mursyid Thoriqoh di wilayah Gombong Kab. Kebumen untuk memberikan pendidikan agama secara utuh kepada masyarakat luas. Berdirinya Ponpes Al Barokah merupakan tahap awal berdirinya Yayasan yang menaunginya yaitu Yayasan Lembaga Islam Al Barokah setelah mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Yayasan Lembaga Islam Al Barokah, adalah yayasan yang bergerak di bidang keagamaan, sosial, dan kemanusiaan. Yayasan ini didirikan oleh Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi, berlokasi di desa Somagede Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Bermula dari renovasi masjid pokok di wilayah tersebut yaitu Masjid Jami’ Al Barokah ,Masjid tersebut merupakan masjid kuno yang mempunyai sejarah panjang secara turun temurun di wariskan sampai pada Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi dan sempat mengalami pergantian nama yaitu Al Huda menjadi Al BArokah sampai saat sekarang ini, nama Al Barokah menjadi nama yang terakhir.

Pembangunan masjid Jami’ Al Barokah Somagede dimulai pada tahun 1996 M dan selesai tahun 2000 M .Setelah selesai masjid tersebut diresmikan oleh mantan Presiden RI KHAbdurrahman Wahid (Gus Dur ) pada tahun 2000 M. Pembangunan fisik dilanjutkan dengan membangun Gedung Asrama Putra Pondok Pesantren Al Barokah berlantai tiga dengan 39 kamar dan fasilitas pendukung laiNnya.

Bangunan ini diselesaikan dalam jangka waktu + 3,5 tahun (2000-2003). Setelah bangunan asrama putra selesai, bangunan asrama putri berlantai 4 dibangun dalam jangka waktu ¬+ 3 tahun (2003-2006) disertai fasilitas pendukung antara lain aula, kantor dll.

Menyadari bahwa segala amal usaha, baik pendidikan formal maupun nonformal dan lain-lain membutuhkan manajemen yang baik, maka pada tahun 2005 beliau mendirikan Lembaga Islam Al Barokah yang sudah berbadan hukum Akta Notaris No : 12 / HK.02.02/ 547 / 2009 kemudian baru pada tahun 2015 lembaga tersebut resmi berbadan hukum YAYASAN dengan Nomor SK Pengesahan KEMENHUMHAM No. AHU-0033901.AH.01.04.Tahun 2015. Saat ini Yayasan Lembaga Islam Al Barokah dipimpin oleh putra Hadrotus Syeikh KH Muhammad Afandi.

EKSTRAKURIKULER

1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha.

2. PONDOK PESANTREN MODERN MIBS KEBUMEN

Lokasi : Jl. ayani No.83, Indrakila, Kebumen, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54311

Pesantren Modern MIBS Kebumen berdiri berdasarkan keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang mewajibkan pada setiap daerah memiliki pesantren binaan muhammadiyah daerah setempat. Keputusan ini ditanggapi dengan penuh semangat oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen sehingga terbentuklah kepanitian dan berdirilah Pesantren Modern MIBS Kebumen.

MIBS Kebumen berdiri dan disahkan pada 11 Januari 2015 Masehi yang bertepatan dengan 09 Rabiul Awwal 1435 Hijriyah. Disahkan oleh Prof. DR. H.M. Amien Rais, MA di halaman utama SMA Muhammadiyah Kebumen. MIBS pada awal mulanya berdiri dengan nama MBS Kebumen yang kemudian oleh Prof. DR. Eng. Imam Robandi dianjurkan untuk memiliki ciri dan identitas lain dari MBS yang sudah ada, diubahlah MBS Kebumen menjadi MIBS Kebumen Muhammadiyah Integrated Boarding School Kebumen.

MIBS kebumen adalah salah satu pesantren berbasis modern, dengan program utamanya Tahfidz dan Bahasa Arab/Inggris. Dengan tujuan mencetak kader ulama intelektual. Pesantren Modern MIBS Kebumen merupakan sekolah kader pendidikan 6 tahun jenjang SMP-SMA yang nantinya dididik dan disiapkan untuk menjadi generasi penerus ummat dengan akhlak budi pekerti tinggi dan berkemajuan.

Hingga saat ini MIBS Kebumen sudah resmi memiliki ijin operasional SMP MIBS Kebumen dan nantinya akan dilanjutkan dengan SMA MIBS Kebumen. Dengan harapan akan lebih mandiri dan terus berkembang bahkan hingga perguruan tinggi.

3. PONDOK PESANTREN AL-HUDA JETIS

Lokasi : Jetis, Kutosari, Kauman, Kutosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Pondok Pesantren di Jetis Kutosari Kebumen ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Jetis. Didirikan kurang lebih pada tahun 1880 Masehi oleh K.H. Abdurrahman. Semasa kecil beliau bernama Solihin, berasal dari desa Gebrek Ambal Kebumen. Pondok Pesantren Al-Huda merupakan mitra pendidikan formal yang mendidik warga bangsa secara paripurna. Pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan orang tua.

 Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa pemerintah memiliki keterbatasan dalam menyelenggarakan pendidikan formal dan sekaligus mengisyaratkan kepada lembaga-lembaga masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan non formal. Berdasarkan pada suatu kenyataan bahwa pendidikan merupakan suatu pilar utama kemajuan suatu bangsa (dalam bidang moral dan intelektual). Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan membutuhkan penanganan yang serius, terencana dan sistematis.

Pondok Pesantren Al-Huda didirikan sekitar tahun 1880. Pondok ini terletak di Jetis, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya sangat setrategis karena terletak di jantung kota Kebumen, pondok pesantren ini juga berdekatan dengan beberapa tempat pendidikan formal, seperti SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi, masjid Agung dan pusat pemerintahan kabupaten Kebumen, dan mulai tahun 2006 Pengasuh Pondok Pesantren sekaligus sebagai ketua Yayasan Kholidiyah, KH Wahib Machfudz mendirikan pendidikan formal yaitu SMP VIP Al-Huda dan pada tahun 2008 mendirikan SMK VIP Al-Huda yang mempuyai 3 jurusan yaitu: Farmasi, Keperawatan, dan Kimia Industri.

Kurikulum Pondok Pesantren Al- Huda lebih menekankan pada pendidikan agama seperti ilmu fiqh, bahasa arab, ilmu alat ( nahwu dan shorof ), tauhid dan akhlak. Pondok Pesantren Al-Huda terdiri dari dua kelompok: (a) Kelompok remaja serta dewasa. (b) Kelompok orang tua. Kelompok remaja dan dewasa dikategorikan menjadi dua macam. Pertama, santri yang khusus belajar ilmu agama di pesantren dan kedua, santri yang belajar ilmu agama di pesantren dan belajar ilmu umum di SMP, MTs, SMA, MA, SMK baik negeri maupun swasta, dan juga belajar di Perguruan Tinggi (STAINU, STAISA, STIE, PGSD) Jumlah keseluruhan santri sekitar 850 santri. Untuk santri putra 450 dan santri putri 400.

4. PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU

Lokasi : Kemecing, Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Pondok pesantren "Al-Kahfi" Somalangu Kebumen merupakan Pondok Pesantren yang telah terhitung cukup tua keberadaannya. Karena Pondok Pesantren ini telah ada semenjak tahun 1475 M. Adapun tahun dan waktu berdirinya dapat kita ketahui diantaranya dari Prasasti Batu Zamrud Siberia (Emerald Fuchsite) berbobot 9 kg yang ada didalam Masjid Pondok Pesantren tersebut.

Sebagaimana diketahui menurut keterangan yang dihimpun oleh para ahli sejarah bahwa ciri khas Pondok Pesantren yang didirikan pada awal purmulaan islam masuk di Nusantara adalah bahwa didalam Pondok Pesantren itu dipastikan adanya sebuah Masjid. Dan pendirian Masjid ini sesuai dengan kebiasaan waktu itu adalah merupakan bagian daripada pendirian sebuah Pesantren yang terkait dengannya.

Prasasti yang mempunyai kandungan elemen kimia Al, Cr, H, K, O, dan Si ini bertuliskan huruf Jawa & Arab. Huruf Jawa menandai candra sengkalanya tahun. Sedangkan tulisan dalam huruf Arab adalah penjabaran dari candra sengkala tersebut. Terlihat jelas dalam angka tanggal yang tertera dengan huruf Arabic : “25 Sya’ban 879 H” Ini artinya bahwa Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu resmi berdiri semenjak tanggal 25 Sya’ban 879 H atau bersamaan dengan Rabu, 4 Januari 1475 M. Pendirinya adalah Syekh As_Sayid Abdul Kahfi Al_Hasani. Beliau semula merupakan seorang tokoh ulama yang berasal dari Hadharamaut, Yaman.

PENDIDIKAN

Sistem pembelajaran di Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan serta teknologi keilmuan jaman sekarang, namun juga tetap menerapkan metodologi klasik, seperti bandungan dan sorogan. Kitab-kitab yang diajarkan antara lain meliputi ilmu fiqih, nahwu, shorof, tafsir Alquran, dan hadist.

Beberapa kitab fiqih yang diajarkan di Ponpes Al Kahfi seperti Fatkul Qorib, Fatkhul Muíin, Safinatun Najah, dan Fatkhul Wahab. Ponpes Al Kahfi dipimpin oleh putra atau keturunan Kyai terdahulu sebagai generasi penerus untuk memegang amanat, Saat ini, Ponpes Al Kahfi Somalangu dipimpin oleh KH Afifuddin Chanif Al Hasani atau biasa dikenal dengan Gus Afif yang merupakan keturunan ke-16 dari pengasuh pesantren Al Kahfi.

Pada 2015 terdapat sekitar 700 santri yang terdiri 500 santriwan dan 200 santriwati yang berasal dari berbagai wilayah di penjuru tanah air. Cukup ramai dan banyak santinya sehingga pada bulan Ramadhan akan semakin semarak suasana dan nuansa peribadahan di Ponpes Somalangu.

EKSTRAKURIKULER

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji.

5. PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH

Lokasi : Bandung su'ada, Kebonsari, Bandung, Kebumen, Kebumen Regency, Jawa Tengah 54351

Pondok pesantren “Nurul Hidayah” ( PPNH ) adalah  pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Kebumen, tepatnya  di Desa Bandung, Rt. 04 Rw. 02 Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah.secara resmi Pondok Pesantren Nurul Hidayah berdiri sejak tahun 1992 M. yang didirikan oleh beliau Romo K. H. Kholawi Mahasin.

Atas dasar rasa tanggung jawab sosial kemasyarakatan sarta dukungan Masyarakat setempat yang berfikir jauh tentang pentingnya sebuah lembaga pendidikan agama sesuai dengan syariat Islam yang berhaluanAhlussunah Wal Jama`ah  dengan sistem salafiyah.

Pendidikan

Secara umum setiap Pondok Pesantren memiliki kegiatan yang berbeda-beda di karenakan pendidikan pesantren tidak mengacu dari Pemerintah  berbeda dengan kegiatan pendidikan sekolah-sekolah formal mereka mengacu pada Pemerintah dengan di adakannya suatu kurikulum.

kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren Nurul Hidayah terbagi menjadi dua bagian yaitu Madarasah Diniyah ( intrakulikuler) dan kegiatan di luar madrasah mencakup anatara lain bandongan,sorogan,setoran dll.Dalam hal ini Madrasah Diniyah mengacu pada kurikulum dari pesantren sendiri serta ditambah atau dipadukan dengan kurikulum Dipartemen RI.

Intrakulikuler merupakan kegiatan inti yang dilakukan dalam wadah Madrasah Diniyyah dan keberadaan Madrasah Diniyah terutama sebagai RUHUL MA’HAD  yang sangat berperan dalam memajukan pesantren.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terkenal di Kebumen Jawa Tengah.

No comments