3 Pondok Pesantren Terbaik Di Blora Jawa Tengah

Pendidikan Agama di Kabupaten Blora cukup baik, hal ini terbukti dengan adanya Pondok Pesantren yang berdiri di wilayah ini. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com berikut adalah Pondok Pesantren Terbesar dan Terkenal di Blora Jawa Tengah :

1. PONDOK PESANTREN AL- BANJARI

Lokasi : JL Mr. Iskandar, No. 3, Jetis, Kauman, Kec. Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58214

Nama Al Banjari berasal dari sebuah TPQ Al Banjari yang berdiri sejak tahun 2006, dibawah asuhan KH. Nursalim Kasmany, Lc. Al-hafidz langkah perjuangan tersebut dimulai. Sejak 11 Mei 2008 Pondok Pesantren Al Banjari terus melakukan inovasi dalam bidang pendidikan, budaya, dan agama guna mencetak generasi umat yang bertaqwa, militan, dan berpengetahuan luas, serta selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga menjadi investasi berharga bagi bangsa, negara, dan agama, demi menggapai ridho Allah SWT.

Visi Misi Pondok Pesantren Al-Banjari
Visi :
“Menjadikan santri yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, profesional, beriman, berakhlak baik dan berwawasan global.”

Misi :
Mengembangkan pengetahuan santri untuk menguasai bahasa inggris dan Arab menuju era globalisasi.
Melaksanakan Pembimbingan secara efektif dan optimal.

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal
A. SMP IP Al Banjari
B. SMA IP Al Banjari

Pendidikan Non Formal
1. Pendidikan Pesantren
2. Tahfidz Al-Qur’an
3. Pendidikan Muhadloroh
4. Pendidikan Takhossus
5. Madrasah Diniyah tingkat Awaliyah, Wustho, Ulya, dan Ma’had A’li
6. Pengajian Majlis Ta’lim

FASILITAS

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, Praktek bengkel, lab tata busana, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.   

EKSTRAKURIKULER

1. Tahfidz Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Pendidikan Baca al-Qur’an
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah

2. PONDOK PESANTREN KHOZINATUL ULUM

Lokasi : JL. Mr Iskandar, No. XII/2, Dluwungan, Mlangsen, Kec. Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58215

Pondok pesantren Khozinatul Ulum Blora berdiri berawal dari keprihatinan yang sangat besar serta kepedulian sosial dari seorang pengusaha H.Moch. Djaiz. Beliau melihat ke kanan dan ke kiri, ternyata belum ada satupun lembaga pendidikan yang namanya pondok pesantren berdiri di tengah kota yang dikelilingi hutan jati. Padahal telah dimaklumi bahwa masyarakat di kota Blora dan sekitarnya sangat perlu mendapatkan penyuluhan, petunjuk dan bimbingan tentang ajaran Islam.

Keprihatinan dan kepedulian Bapak H. Moch. Djaiz tersebut seiring dengan keinginan seorang anak putrinya bernama Umi Hani yang baru saja menyelesaikan studinya menghafalkan al Qur'an 30 juz di pondok pesantren al Muayyad Surakarta yang diasuh oleh KH. Umar bin Abdul Manan, untuk dibuatkan sebuah pesantren walaupun sangat sederhana (Wawancara, Pengasuh PP Khozinatul Ulum Blora, 21 maret 2014). Kemudian Bapak Moch. Djaiz dengan penuh semangat berusaha mencari calon suami yang sesuai dengan cita-cita putrinya tersebut, agar kelak dapat mengelola serta memanage suatu pondok pesantren yang dicita-citakan.

Alhamdulillah berkat pertolongan dan izin Allah SWT serta doa restu tiga orang ulama, yaitu KH. Muhammad Arwani dari Kudus, KH. Abdullah Salam dari Pati dan KH. Muhammad Sahal Mahfud dari Kajen Pati, keinginan tersebut terpenuhi dengan mendapatkan seorang menantu dari Jepara, yang bernama Muharor Ali, dan kebetulan juga ia baru menamatkan study non formalnya dari pesantren Yanbu'ul Qur'an Kudus di bawah asuhan KH. Muhammad Arwani. Setelah itu, beliau nawaitu membangun dan mendirikan pesantren dengan memilih Khozinatul Ulum sebagai nama dari pesantren ini. Nama tersebut dipiih berdasarkan pemberian dari seorang ulama ahlul al Qur’an KH. Muhammad Arwani dari Kudus. Kata 'khozinah’ berarti tempat penyimpanan, sedangkan 'ulum’ berarti beberapa ilmu. Dengan nama tersebut diharapkan agar pesantren menjadi gudang atau tempat penyimpanan ilmu yang dapat dirasakan manfaatnya oleh umat.

PENDIDIKAN

Program-program Kegiatan di Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Program pendidikan di pondok pesantren Khozinatul Ulum Pondok pesantren Khozinatul Ulum Blora mempunyai berbagai program pendidikan baik formal maupun non formal, di antaranya yaitu: Pendidikan al Qur‟an, yang meliputi: Taman Pendidikan Al Qur‟an (TPQ), dengan menggunakan sistem metode praktis qiro‟ati dengan enam paket ditambah ilmu tajwid dan bacaan Ghorib. Metode ini diajarkan untuk usia anak-anak sampai SD. Hafalan juz‟amma. Sistem belajar program ini dengan sorogan dan ditargetkan dalam jangka waktu satu tahun, santri hafal juz amma dengan fasih dan lancar. Pengajian al-Qur‟an bin nadhor 30 juz untuk usia SLTP ke atas dan sistem belajarnya sama yaitu dengan metode sorogan. Tahfidhul Qur‟an 30 juz bagi santri non pelajar. Madrasah Diniyyah yang meliputi:
1. Madrasah Diniyyah Awwaliyah (MDA),
2. Madrasah Diniyyah Wustho (MDW),
3. Madrasah Diniyyah ,Ulya (MDU)
4. Madrasah Ibtidaiyyah (MI),
5. Madrasah Tsanawiyyah (MTs),
6. Madrasah Aliyah (MA)

FASILITAS

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, Praktek bengkel, lab tata busana, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

3. PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AT TAJDID 

Lokasi : Jalan Cepu-Randublatung, Petak, Tambakromo, Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58315

Pondok Pesantren Muhammadiyah AT TAJDID Cepu Kab. Blora, yang berdiri pada tanggal 28 April 2013 dan diresmikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng (Prof. Dr. Suparman Syukur), adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang mempunyai visi "Mewujudkan Generasi Islam yg Berkemajuan", adapun sejak awal selalu mengedepankan misi Dakwah Islam, dengan cara mendidik generasi-generasi muda dari berbagai pelosok Indonesia agar kelak nanti menjadi penerus perjuangan Dakwah Islam, di pesantren ini dalam melaksanakan kegiatan pendidikannya para santri menempuh pendidikan selama 6 tahun, oleh karena itu di sini telah berdiri unit-unit pendidikannya yaitu SMP AT TAJDID & SMA AT TAJDID, serta Pendidikan Takhasus.

Dalam perkembangannya baik dari segi fisik (pembangunan gedung) dan kuantintas SDM, tiap tahun selalu bertambah, para santri tidak hanya berasal dari pulau Jawa saja, akan tetapi di tahun ke 5 nya para santri sudah berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Sedangkan keunggulan program selama di pesantren ini adalah pendalam Bahas Arab, Tahfidz Qur'an serta Leadership, ditunjang dengan para Pendidik (Ustadz dan Ustadzah) yang standby di Asrama santri berasal dari lulusan-lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Islam ternama bahkan dari Luar Negeri juga.

Dan di tahun 2017, pondok mengembangkan sayapnya dengan mendirikan Kampus 2, yang diperuntukkan untuk Santri Putra, dengan demikian maka salah satu program pondok sudah terlaksana, yaitu membangun pondok putra dan putri secara terpisah, agar menjadi sarana lebih baik dalam hal pengembangan dalam segi Kuantitas maupun Kualitasnya.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Blora Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "3 Pondok Pesantren Terbaik Di Blora Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel