Social Items

Boyolali merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat administrasi berada di Kemiri dan Mojosongo, terletak sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta.

Pendidikan Agama di Boyolali dibilang cukup maju, hal ini dibuktikan dengan adanya Pondok Pesantren Salaf maupun Modern yang berdiri di Boyolali. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com, di Boyolali terdapat beberapa ponpes yang cukup terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat untuk mendalami ilmu agama. Berikut daftar Pondok Pesantren Terbesar di Boyolali :

1. PONDOK PESANTREN SALAFIYAH NURUSH SHOBAH

Lokasi : Dawungan Lor, Pulisen, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57316

Pondok ini berawal dari adanya anak-anak yang ikut tinggal bersama keluarga bapaak kyai H. Malhan Siraj.  Yang punya pondok pesantren ini yaitu bnernama bapak kiyai H. Malhan Siraj dan ibu nyai Chusnul khotimah. Anak-aank yang ikut bersama bpak ini yang dulunya 5 anak dan ini dari sekitar tahun 1990-an. Kemudian seiring berjalannya waktu, anak-anak ini bertambah menjadi sekitar 40 anak.

Dan pada saat itu bpak ini sudah mempunyai anak kandung tiga. Pada saat itu belom mempunyai tempat tinggal tersendiri untuk 40 anak tadi. Jadi anak-anak yang ikut tinggal kepada bapak ini masih jadi satu rumah dengan bapak ini dan dengan rumah yang di sekat-sekat untuk membuat kamar-kamar untuk 40 anak tersebut.

         Dari awal dan sampai anak 40 itu berlangsung selama tiga tahun, dan itu semua yang memberi makan anak-anak tersebut juga bapak ini, jadi dahulu itu mondok disini gratis dan tidak di kenakan biaya apapun. Kemudian ada anak yang inggin memasak sendiri untuk makan. Dan kemudia dari situlah anak-anak ini mandiri untuk memasak sendiri atau membuat makan sendiri. Jadi dahulu itu, anak-anak hanya ingin ikut- ikut bersama bapak ini. Dan bapak ini sebenarnya tidak sengaja dengan mendirikan pondok pesantren ini, karena ada anak yang ikut inilah maka menjajilah banyak anak yang igin ikut kepada bapak ini. Selama tiga tahun ini 40 anak yang ikut bapak ini, tinggal bersama satu rumah yang di sekat-sekat selama tiga tahun.

PENDIDIKAN

Dalam kegiatan pembelajaran kitab kuning, para santri diajarkan cara membaca dan memahami isi dari kitab kuning. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang paling umum pada pondok yang berbasis salafiyyah. Selain mengetahui cara membaca dan memahami, para santri juga dibiasakan menerapkan isi dari kitab kuning yang telah dipelajari.

Tahfidzul Qur'an adalah salah satu kurikulum yang diberikan di Pondok Pesantren Salafiyyah Nurush Shobah. Kegiatan ini adalah mengajarkan para santriwan dan santriwati untuk menghafal al qur'an 30 juz.

2. PONPES MIFTAHUL HUDA

Lokasi : Dusun III, Senting, Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57376

Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) terletak di komplek masjid Al-Huda kencuran Senting Sambi Boyolali Surakarta, Pesantren tersebut di bangun di atas tanah seluas +/- 3000 meter. Dan pada tahun pelajaran 2006-2007 M dibuka dengan program SLTP IT yang di padukan dengan pelajaran-pelajaran kepondokan.

Dengan mengharap rohmat dan karunia Allah serta berbekal pengalaman selama kurang lebih10 tahun Pondok Pesantren Miftahul Huda siap membantu orang tua demi menyiapkan generasi yang sholih dan sholihah, cerdas, dan mandiri dengan harapan mampu menjadi generasi Qurrota a’yunin di hadapan orang tuanya dan kaum muslimin.

3. PONDOK PESANTREN AL MADINAH

Lokasi : Jl. Cepogo - Tumang Km.2 Cepoyo Cepoyo, Dusun II, Genting, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57362

Pondok Pesantren Al Madinah mendidik santri untuk menghafal Al Quran dengan bacaan yang benar, hafalan yang kuat dengan membaca global akan memuat Al Quran dan menggunakannya dalam keseharian. Dengan materi diniyah tambahan terdiri dari Aqidah, Fiqih dan Akhlaq serta pendidikan ketrampilan. Menguatkan kemampuan mendukung Arab aktif untuk komunikasi sehari-hari dan dan menawarkan buku-buku yang didukung.

PROGRAM UNGGULAN

- Target Hafal Al qur’an 30 Juz dengan baik.
- Target Hafal Hadist – Hadist Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam
- Memahami dasar – dasar Ilmu Agama Islam sesuai dengan tahapan menuntut ilmu
- Bebas Biaya ( Syarat dan Ketentuan berlaku )

Mata Pelajaran

- Hifdzul Qur’an
- Aqidah
- Tafsir
- Fiqih
- Tajwid
- Akhlak
- Ilmu Bahasa Arab
- Tahsin dan Talaqqi

EKSTRAKURIKULER

Program Ekstrakulikuler ini yang menjadi pelajaran tambahan di Unit Tahfidzul Qur’an , program tersebut mencakup ;

Untuk Putra :

- Ilmu Bahasa Arab
- Pelatihan kaderisasi da’I dan Imam
- Hifdzul Mutun al ‘ilmiyah
- Olahraga

Untuk Putri :

- Hasta Karya
- Tata Boga
- Olahraga
- Muhadhoroh

4. PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU AL HIKMAH

Lokasi : Jl. Sawungrono Trayon, Kebonan, Karanggede, Dusun I, Kebonan, Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57381

Pondok Pesantren Islam Terpadu Al Hikmah adalah lembaga pendidikan di bawah Yayasan Al Hikmah Boyolali yang diresmikan pada tanggal 17 Dzulhijjah 1420 H / 24 Maret 2000 M oleh Bupati Boyolali yang menjabat pada saat itu.

Pondok Pesantren Islam Terpadu Al Hikmah sejak awal berdirinya berupaya merealisasikan islam sebagai rahmatan lil 'alamin, oleh karena itu dibutuhkan generasi ulil albab yang khas, memiliki wawasan tentang islam yang integral dan amal islami yang produktif, sehingga sumber daya umat yang begitu besar tidak terhambur-hamburkan begitu saja tanpa sasaran dan tujuan yang jelas.

UNIT PENDIDIKAN

1. TPA Bintang ceria
2. TKIT Hero Qur'an
3. SDIT Mutiara
4. MTs Terpadu Al Hikmah
5. SMAIT Al Hikmah
6. Lembaga Tahsin dan Tahfidz AlQur'an

KURIKULUM

1. Kurikulum Diknas
2. Kurikulum Sekolah Islam Terpadu
3. Kurikulum Pesantren

PROGRAM

1. Program Boarding School (Sistem Asrama)
2. Program Full Day School (Sistem Non Asrama)

5. PONDOK PESANTREN AL HUDA

Lokasi : Dusun II, Candigatak, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57362

Pondok Pesantren Al Huda didirikan oleh Habib Ihsanudin, seorang ulama yang bertempat tinggal di Dusun Doglo Desa Candigatak Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Komplek Pondok Pesantren Al Huda terletak di Dusun Doglo Desa Candigatak Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Komplek Pondok Pesantren Al Huda terletak 950 meter dari jalan raya besar (Jalur Solo-Semarang). Posisi demikian memang dirasa kurang strategis, namun untuk menuju ke area komplek bisa memanfaatkan jasa ojek ataupun dengan berjalan kaki bagi pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Tempat tinggal Kiai Habib Ihsanudin menjadi satu komplek dengan penginapan santri putra dan putri. Kiai Habib Ihsanudin tinggal bersama keluarga di tempat tersebut. Komplek Pondok Pesantren Al Huda terdiri dari beberapa bagian pokok. Bagian pokok itu adalah tempat tinggal pengasuh pondok pesantren, tempat menginap santri, tempat beraktivitas santri dalam belajar ilmu agama dan tempat santri belajar ilmu umum (Taman Kanak-kanak, Pendidikan Anak Usia Dini, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiah, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Taman Pendidikan Al Qur’an).

Posisi Pondok Pesantren Al Huda memang terkesan jauh dari jalur strategis (jalan raya Solo-Semarang). Lokasi yang jauh dari jalur strategis tersebut ternyata tidak mempengaruhi eksistensi pondok pesantren. Pondok Pesantren Al Huda sudah dikenal, setidaknya se-Kabupaten Boyolali. Papan nama yang dipasang di pinggir jalan besar (Solo-Semarang) juga membuat orang-orang yang belum mengetahui keberadaan pondok pesantren menjadi terbantu.

Pada tahun ini Pondok Pesantren Al Huda Doglo Boyolai mengajukan 5 cabang lomba untuk mewakili diantaranya; Seni Hadroh putra, cipta puisi putri, pidato B. Arab putri, pidato B. Inggris Putra dan seni kriya putri. dari cabang cipta puisi atas nama Risqika Fajar Fadhilah berhasil meloloskan ke 5 besar, namun di babak final Risqika gagal mengambil posisi tiga besar, sehingga hanya meloloskan satu wakil saja di tiga besar.

walau hanya meloloskan 1 wakil di tiga besar namun pencapaian tersebut berhasil membanggakan nama Boyolali, Kemenag Boyolali dan terutama membanggakan nama Pondok Pesantren Al Huda.

6. PONDOK PESANTREN MA'HADUL QURAN

Lokasi : Gatak Kebontimun, Dusun 2, Kiringan, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57314

Pesantren ini di bawah naungan Yayasan Jannatul Ilmi Waliman telah diakui keberadaan dan aktivitasnya dengan adanya akta notaris : Nurhidayat Cahya Purnama,S.H.,M.Kn,SK Menteri.AHU-0040377.AH.01.12. membuka kesempatan bagi putra terbaik Bapak Ibu untuk mengenyam pendidikan selama 3 Tahun di tingkat menengah pertama, 2 tahun di tingkat takhfidul qur’an dan 1 tahun pengabdian.

PROGRAM PENDIDIKAN 

Pondok Pesantren Tahfidz Jannatul Qur’an Boyolali menyelenggarakan pendidikan ber asrama dan sistem belajar berlanjut untuk lulusan SD/ MI/ Salafiyah Ula/ Paket A,dan usia dewasa(takhfidul qur’an)

program dan target SMP/ Mutawasithoh(3th).Hafal 30 juz, mampu berbahasa Arab aktif & pasif, Memiliki akidah yang benar dan kuat, Mampu menjalankan ibadah keseharian sesuai dengan sunnah, Memiliki akhlak yang mulia , dan mampu mengaplikasikan adab-adab keseharian.

program dan target SMA/Aliyah(3th)Murojaah dan memperkuat hafalan, mempelajari cabang cabang ilmu syar’i seperti Tafsir, ilmu tafsir ,fiqih, usul fiqih, hadist, mustholah hadist, siroh dll.
Langsung dari kitab para ulama.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik Di Boyolali Jawa Tengah.

6 Pondok Pesantren Terbaik Di Boyolali Jawa Tengah

Boyolali merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat administrasi berada di Kemiri dan Mojosongo, terletak sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta.

Pendidikan Agama di Boyolali dibilang cukup maju, hal ini dibuktikan dengan adanya Pondok Pesantren Salaf maupun Modern yang berdiri di Boyolali. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com, di Boyolali terdapat beberapa ponpes yang cukup terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat untuk mendalami ilmu agama. Berikut daftar Pondok Pesantren Terbesar di Boyolali :

1. PONDOK PESANTREN SALAFIYAH NURUSH SHOBAH

Lokasi : Dawungan Lor, Pulisen, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57316

Pondok ini berawal dari adanya anak-anak yang ikut tinggal bersama keluarga bapaak kyai H. Malhan Siraj.  Yang punya pondok pesantren ini yaitu bnernama bapak kiyai H. Malhan Siraj dan ibu nyai Chusnul khotimah. Anak-aank yang ikut bersama bpak ini yang dulunya 5 anak dan ini dari sekitar tahun 1990-an. Kemudian seiring berjalannya waktu, anak-anak ini bertambah menjadi sekitar 40 anak.

Dan pada saat itu bpak ini sudah mempunyai anak kandung tiga. Pada saat itu belom mempunyai tempat tinggal tersendiri untuk 40 anak tadi. Jadi anak-anak yang ikut tinggal kepada bapak ini masih jadi satu rumah dengan bapak ini dan dengan rumah yang di sekat-sekat untuk membuat kamar-kamar untuk 40 anak tersebut.

         Dari awal dan sampai anak 40 itu berlangsung selama tiga tahun, dan itu semua yang memberi makan anak-anak tersebut juga bapak ini, jadi dahulu itu mondok disini gratis dan tidak di kenakan biaya apapun. Kemudian ada anak yang inggin memasak sendiri untuk makan. Dan kemudia dari situlah anak-anak ini mandiri untuk memasak sendiri atau membuat makan sendiri. Jadi dahulu itu, anak-anak hanya ingin ikut- ikut bersama bapak ini. Dan bapak ini sebenarnya tidak sengaja dengan mendirikan pondok pesantren ini, karena ada anak yang ikut inilah maka menjajilah banyak anak yang igin ikut kepada bapak ini. Selama tiga tahun ini 40 anak yang ikut bapak ini, tinggal bersama satu rumah yang di sekat-sekat selama tiga tahun.

PENDIDIKAN

Dalam kegiatan pembelajaran kitab kuning, para santri diajarkan cara membaca dan memahami isi dari kitab kuning. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang paling umum pada pondok yang berbasis salafiyyah. Selain mengetahui cara membaca dan memahami, para santri juga dibiasakan menerapkan isi dari kitab kuning yang telah dipelajari.

Tahfidzul Qur'an adalah salah satu kurikulum yang diberikan di Pondok Pesantren Salafiyyah Nurush Shobah. Kegiatan ini adalah mengajarkan para santriwan dan santriwati untuk menghafal al qur'an 30 juz.

2. PONPES MIFTAHUL HUDA

Lokasi : Dusun III, Senting, Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57376

Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) terletak di komplek masjid Al-Huda kencuran Senting Sambi Boyolali Surakarta, Pesantren tersebut di bangun di atas tanah seluas +/- 3000 meter. Dan pada tahun pelajaran 2006-2007 M dibuka dengan program SLTP IT yang di padukan dengan pelajaran-pelajaran kepondokan.

Dengan mengharap rohmat dan karunia Allah serta berbekal pengalaman selama kurang lebih10 tahun Pondok Pesantren Miftahul Huda siap membantu orang tua demi menyiapkan generasi yang sholih dan sholihah, cerdas, dan mandiri dengan harapan mampu menjadi generasi Qurrota a’yunin di hadapan orang tuanya dan kaum muslimin.

3. PONDOK PESANTREN AL MADINAH

Lokasi : Jl. Cepogo - Tumang Km.2 Cepoyo Cepoyo, Dusun II, Genting, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57362

Pondok Pesantren Al Madinah mendidik santri untuk menghafal Al Quran dengan bacaan yang benar, hafalan yang kuat dengan membaca global akan memuat Al Quran dan menggunakannya dalam keseharian. Dengan materi diniyah tambahan terdiri dari Aqidah, Fiqih dan Akhlaq serta pendidikan ketrampilan. Menguatkan kemampuan mendukung Arab aktif untuk komunikasi sehari-hari dan dan menawarkan buku-buku yang didukung.

PROGRAM UNGGULAN

- Target Hafal Al qur’an 30 Juz dengan baik.
- Target Hafal Hadist – Hadist Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam
- Memahami dasar – dasar Ilmu Agama Islam sesuai dengan tahapan menuntut ilmu
- Bebas Biaya ( Syarat dan Ketentuan berlaku )

Mata Pelajaran

- Hifdzul Qur’an
- Aqidah
- Tafsir
- Fiqih
- Tajwid
- Akhlak
- Ilmu Bahasa Arab
- Tahsin dan Talaqqi

EKSTRAKURIKULER

Program Ekstrakulikuler ini yang menjadi pelajaran tambahan di Unit Tahfidzul Qur’an , program tersebut mencakup ;

Untuk Putra :

- Ilmu Bahasa Arab
- Pelatihan kaderisasi da’I dan Imam
- Hifdzul Mutun al ‘ilmiyah
- Olahraga

Untuk Putri :

- Hasta Karya
- Tata Boga
- Olahraga
- Muhadhoroh

4. PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU AL HIKMAH

Lokasi : Jl. Sawungrono Trayon, Kebonan, Karanggede, Dusun I, Kebonan, Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57381

Pondok Pesantren Islam Terpadu Al Hikmah adalah lembaga pendidikan di bawah Yayasan Al Hikmah Boyolali yang diresmikan pada tanggal 17 Dzulhijjah 1420 H / 24 Maret 2000 M oleh Bupati Boyolali yang menjabat pada saat itu.

Pondok Pesantren Islam Terpadu Al Hikmah sejak awal berdirinya berupaya merealisasikan islam sebagai rahmatan lil 'alamin, oleh karena itu dibutuhkan generasi ulil albab yang khas, memiliki wawasan tentang islam yang integral dan amal islami yang produktif, sehingga sumber daya umat yang begitu besar tidak terhambur-hamburkan begitu saja tanpa sasaran dan tujuan yang jelas.

UNIT PENDIDIKAN

1. TPA Bintang ceria
2. TKIT Hero Qur'an
3. SDIT Mutiara
4. MTs Terpadu Al Hikmah
5. SMAIT Al Hikmah
6. Lembaga Tahsin dan Tahfidz AlQur'an

KURIKULUM

1. Kurikulum Diknas
2. Kurikulum Sekolah Islam Terpadu
3. Kurikulum Pesantren

PROGRAM

1. Program Boarding School (Sistem Asrama)
2. Program Full Day School (Sistem Non Asrama)

5. PONDOK PESANTREN AL HUDA

Lokasi : Dusun II, Candigatak, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57362

Pondok Pesantren Al Huda didirikan oleh Habib Ihsanudin, seorang ulama yang bertempat tinggal di Dusun Doglo Desa Candigatak Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Komplek Pondok Pesantren Al Huda terletak di Dusun Doglo Desa Candigatak Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Komplek Pondok Pesantren Al Huda terletak 950 meter dari jalan raya besar (Jalur Solo-Semarang). Posisi demikian memang dirasa kurang strategis, namun untuk menuju ke area komplek bisa memanfaatkan jasa ojek ataupun dengan berjalan kaki bagi pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Tempat tinggal Kiai Habib Ihsanudin menjadi satu komplek dengan penginapan santri putra dan putri. Kiai Habib Ihsanudin tinggal bersama keluarga di tempat tersebut. Komplek Pondok Pesantren Al Huda terdiri dari beberapa bagian pokok. Bagian pokok itu adalah tempat tinggal pengasuh pondok pesantren, tempat menginap santri, tempat beraktivitas santri dalam belajar ilmu agama dan tempat santri belajar ilmu umum (Taman Kanak-kanak, Pendidikan Anak Usia Dini, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiah, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Taman Pendidikan Al Qur’an).

Posisi Pondok Pesantren Al Huda memang terkesan jauh dari jalur strategis (jalan raya Solo-Semarang). Lokasi yang jauh dari jalur strategis tersebut ternyata tidak mempengaruhi eksistensi pondok pesantren. Pondok Pesantren Al Huda sudah dikenal, setidaknya se-Kabupaten Boyolali. Papan nama yang dipasang di pinggir jalan besar (Solo-Semarang) juga membuat orang-orang yang belum mengetahui keberadaan pondok pesantren menjadi terbantu.

Pada tahun ini Pondok Pesantren Al Huda Doglo Boyolai mengajukan 5 cabang lomba untuk mewakili diantaranya; Seni Hadroh putra, cipta puisi putri, pidato B. Arab putri, pidato B. Inggris Putra dan seni kriya putri. dari cabang cipta puisi atas nama Risqika Fajar Fadhilah berhasil meloloskan ke 5 besar, namun di babak final Risqika gagal mengambil posisi tiga besar, sehingga hanya meloloskan satu wakil saja di tiga besar.

walau hanya meloloskan 1 wakil di tiga besar namun pencapaian tersebut berhasil membanggakan nama Boyolali, Kemenag Boyolali dan terutama membanggakan nama Pondok Pesantren Al Huda.

6. PONDOK PESANTREN MA'HADUL QURAN

Lokasi : Gatak Kebontimun, Dusun 2, Kiringan, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57314

Pesantren ini di bawah naungan Yayasan Jannatul Ilmi Waliman telah diakui keberadaan dan aktivitasnya dengan adanya akta notaris : Nurhidayat Cahya Purnama,S.H.,M.Kn,SK Menteri.AHU-0040377.AH.01.12. membuka kesempatan bagi putra terbaik Bapak Ibu untuk mengenyam pendidikan selama 3 Tahun di tingkat menengah pertama, 2 tahun di tingkat takhfidul qur’an dan 1 tahun pengabdian.

PROGRAM PENDIDIKAN 

Pondok Pesantren Tahfidz Jannatul Qur’an Boyolali menyelenggarakan pendidikan ber asrama dan sistem belajar berlanjut untuk lulusan SD/ MI/ Salafiyah Ula/ Paket A,dan usia dewasa(takhfidul qur’an)

program dan target SMP/ Mutawasithoh(3th).Hafal 30 juz, mampu berbahasa Arab aktif & pasif, Memiliki akidah yang benar dan kuat, Mampu menjalankan ibadah keseharian sesuai dengan sunnah, Memiliki akhlak yang mulia , dan mampu mengaplikasikan adab-adab keseharian.

program dan target SMA/Aliyah(3th)Murojaah dan memperkuat hafalan, mempelajari cabang cabang ilmu syar’i seperti Tafsir, ilmu tafsir ,fiqih, usul fiqih, hadist, mustholah hadist, siroh dll.
Langsung dari kitab para ulama.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik Di Boyolali Jawa Tengah.

No comments