4 Pondok Pesantren Terbaik Di Kabupaten Batang Jawa Tengah

Batang adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Batang. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Kendal di timur, Kabupaten Banjarnegara di selatan, serta Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan di barat.

Pendidikan Agama di Kabupaten Batang tidak begitu banyak. Karena penduduk di batang masih sedikit dan belum Padat. Namun dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com ada beberapa daftar Pondok Pesantren Terkenal dan Populer di Batang Jawa Tengah :

1. PONDOK PESANTREN AL INAAROH

Lokasi : Jl. Raya Batang-Bandar Km. 9, Desa Brayo, Wonotunggal, Area Hutan, Brayo, Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51253

Yayasan Abah Luthfi Center turut serta membangun generasi cerdas dan sholeh, baik shaleh secara individu dan sosial. Hal tersebut direalisasikan dengan mendirikan Pondok Pesantren al-inaaroh serta lembaga-lembaga lain yang berbasis prinsip Aswaja. Pesantren ini membuka pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) Takhassus Kitab Kuning dan Bahasa Jawa, dengan sistem pembelajaran terintegrasi guna menghasilkan generasi yang bermoral terpuji, terdidik dan berkarakter.

Kehadidaran Pondok Pesantren Al-inaaroh merupakan salah satu upaya konkrit dalam membangun kemajuan pengetahuan masyarakat dengan tanpa meninggalkan khazanah-khazanah keislaman klasik warisan ulama’. Dengan harapan lembaga di bawah Yayasan Abah Luthfi Center ini, menjadi mannarotul ilmu wal ma’rifah (mercusuar ilmu dan pengetahuan), dan semoga dari lembaga pendidikan ini melahirkan cendekiawan-cendekiawati, yang peduli dan peka dengan realitas sosial.

2. PONDOK PESANTREN MODERN SELAMAT BATANG

Lokasi : Jl. Nasional 1, Gondangsari, Clapar, Kec. Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51262

Pondok Pesantren Modern Selamat Batang merupakan cabang dari pondok pesantren modern selamat kendal.  Pondok ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Antusias dari masyarakat memondokan disini cukup banyak karena lingkungannya yang sejuk dan indah.

Pondok pesantren modern selamat batang juga merupakan bagian dari Yayasan Wakaf Selamat Rahayu. Dimana yayasan ini membawahi beberapa unit pendidikan diantaranya : SMP dan SMA PMS Kendal, SMP dan SMA UNGGULAN PMS Kendal, SMP dan SMA PMS Batang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekononi Selamat Sri dan Universitas Selamat Sri.

Pondok pesantren modern selamat batang berdiri di lahan seluas sekitar 40 hektar di desa Clapar kec. Subah kab. Batang. Tepatnya di pinggir jalur arteri pantura semarang - batang.

Di Pesantren terdapat unit pendidikan SMP SMA dan Universitas. Dengan area yang sangat luas maka pengembangan pondok ini begitu cepat. Masjidnya pun besar dan megah dapat menampung sekitar 10 ribu jamaah.

Disini terdapat banyak taman dan lapangan yang sangat luas. Kolam renang putra putri pun disediakan. Serta fasilitas penunjang kegiatan santri sangat lengkap.

Dengan menerapkan kurikulum dari Diknas / Pendidikan Nasional serta kurikukum pesantren yang terintegrasi, diharapkan santri mampu menjadi insan yang cerdas serta agamis. Tidak hanya pandai dalam ilmu ilmu pelajaran umum tapi juga pandai dalam beragama.

Ekstrakulikuler yang diberikan seperti Bela Diri, Paskibra, Provost, Pramuka, PMR dan masih banyak yang lainnya. Dalam Berbagai kejuaraan, perwakilan dari santri Pondok Modern Selamat Batang sering mendapatkan juara baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi.

3. PONDOK PESANTREN AL MUNAWIR GRINGSING

Lokasi : Gringsing, Kec. Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51281

Pondok Pesantren Al Munawwir didirikan oleh KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad pada tanggal 15 November 1911 M, sejak awal berdiri dan berkembangnya pondok pesantren ini bernama pondok pesantren Krapyak, karena memang sudah ada di dusun Krapyak. Dan pada tahun 1976-an nama pondok pesantren ini ditambah 'Al-Munawwir'. Penambahan nama ini untuk mengenang pendirinya yaitu KH. M. Munawwir. Dan Al-Qur'anlah sebagai ciri khas pendidikan di pesantren ini di awal berdirinya.

4. PONDOK PESANTREN MODERN TAZAKKA

Lokasi : Sidayu, Bandar, Cendono, Sidayu, Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51254

Pondok Modern Tazakka merupakan salah satu Pondok Pesantren yang turut mewarnai dunia pendidikan Indonesia. Seluruh potensi dan kemampuan dicurahkan untuk merealisasikan misi tersebut. Hal ini semakin dipertegas dengan tidak terlibatnya Pondok Modern Tazakka dalam politik praktis, serta tidak berafiliasi kepada organisasi kemasyarakatan apapun, sehingga dapat secara independen menentukan langkah dan memiliki ruang gerak yang lebih luas dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Dalam perjalanannya, Pondok Modern Tazakka terus mengokohkan eksistensi internal, maupun ekspansi eksternal. Kedalam dengan selalu meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, melengkapi fasilitas pendidikan, membina kader-kader penerus perjuangan, meluaskan sumber-sumber pendanaan dan peningkatan kesejahteraan para kadernya. Dan pengembangan keluar dengan meluaskan jaringan kerja, menggerakkan dakwah kemasyarakatan, di samping mempersiapkan perguruan tinggi yang bermutu dan berarti, untuk merealisasikan cita-cita luhurnya, mendidik kader umat, menggapai kejayaan bangsa, serta meletakkan dasar-dasar peradaban dunia.

Yayasan Tazakka berawal dari kegiatan majelis taklim dari rumah ke rumah, yang dirintis oleh tiga bersaudara dari pasangan H. Anta Masyhadi dan Hj. Susmiyati, yaitu Anang Rikza Masyhadi, Anizar Masyhadi, dan Anisia Kumala Masyhadi, setelah ketiganya kembali dari studi di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Sejak dirintisnya, Yayasan Tazakka yang bermarkaz di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mendedikasikan dirinya dalam tiga bidang garapan, yaitu; dakwah, sosial, dan pendidikan.

Dalam bidang dakwah, Yayasan Tazakka mengembangkan berbagai kajian Islam, baik melalui pengajian umum, pengajian khusus, program tadarus Al-Quran, training-training, maupun bentuk-bentuk lain dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan umat Islam terhadap ajaran agamanya.

Dalam bidang sosial, Yayasan Tazakka senantiasa bertekad untuk selalu hadir membantu menyelesaikan problemantika umat, sesuai dengan kapasitasnya. Yayasan Tazakka melalui Lazis Tazakka secara rutin mengadakan kegiatan donor darah, bantuan pengobatan kepada dhuafa, program penjaminan kesehatan untuk dai, guru mengaji, dan imam masjid di kampung-kampung, khitanan masal, bantuan buku kepada para khotib, bantuan permodalan usaha, santunan kepada fakir miskin, program buka puasa untuk dhuafa (maidaturahman), program Beasiswa Kader Umat (BKU) dan lain-lain.

Dalam bidang pendidikan, sejak tahun 2000, Yayasan Tazakka konsen penuh pada program investasi sumber daya manusia (human resources investment), meskipun program ini sesungguhnya telah dirintis sejak 1990 oleh pribadi-pribadi dari para pendiri Yayasan Tazakka. Ratusan anak didik (sebagian besar dari wilayah kecamatan Bandar, kabupaten Batang) telah didorong oleh Yayasan Tazakka untuk melanjutkan pendidikan ke Pondok Modern Gontor, dan beberapa alumninya melanjutkan jenjang pendidikan S1, S2, dan S3 di berbagai perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Kader-kader inilah yang kemudian membidani berdirinya Pondok Modern Tazakka.

Pada tahun 2013, Pondok Modern Tazakka memulai tahun ajaran baru dengan sistem Kulliyatu-l-Mu’allimin al-Islamiyyah(KMI). Sistem pendidikan di KMI Pondok Modern Tazakka ini sepenuhnya mengacu kepada sistem pendidikan KMI Pondok Modern Darussalam Gontor; baik dalam jenjang pendidikan maupun kurikulumnya, demikian pula berbagai aktivitas dan program-programnya. Pada awal dibukanya tahun ajaran baru, PM Tazakka menerima santri sebanyak 178 siswa dari 210 pendaftar, dan melibatkan 35 tenaga pengajar yang berfungsi sekaligus sebagai pengasuh dan pembimbing di dalam asrama pondok.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "4 Pondok Pesantren Terbaik Di Kabupaten Batang Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel