5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Cianjur Jawa Barat

Kabupaten Cianjur adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya terletak di kecamatan Cianjur.

Di wilayah ini terdapat banyak Pondok Pesantren Modern maupun Salafiyah, berikut ini tim kami kuwaluhan.com telah merangkum beberapa ponpes terbesar dan terbaik di Cianjur Jawa Barat :

1. PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI'

Lokasi : Kertajaya, Kec. Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43282

Pondok pesantren Al Musri didirikan oleh Alm. KH. Ahmad Faqih pada tahun 1947, sebelumnya dengan nama Miftahul Huda Cianjur namun pada tahun 1974 barulah berganti nama menjadi Al Musri. Pada awalnya perintisan pondok pesantren Al Musri hanya memiliki satu bangunan yang terdiri dari 10 Pondok santri, itupun berdiri di lahan yang ada di pinggir selokan irigasi dan di atas ladang ilalang.

Tetapi seiring bertambahnya santri yang belajar di pesantren hingga sekarang Al-Musri sudah memiliki lahan seluas 40 ribu meter persegi dan memiliki  bangunan pondok, masjid dan sarana lainnya seluas 10 ribu meter persegi. Santri yang belajar disinipun sudah lebih dari 2000 orang yang terdiri dari santri putra dan santri putri.

Santri yang saat ini belajar di pondok pesantren Al Musri berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Nangroe Aceh Darusalam, pulau Jawa hingga Kalimantan. Alumninya pun terhitung ada lebih dari 5000 orang yang sudah tersebar diberbagai wilayah, ada pula sebagian yang sudah membuka cabang atau pondok pesantren lagi di tempat tinggalnya sekarang, bahkan ada yang dimukimkan di Pedalaman pulau Kalimantan untuk membantu penduduk Dayak dalam belajar ilmu Agama.

Selain belajar kitab kuning dan Ilmi Fiqih, di pesantren ini pun di ajarkan Ilmu falaq dan bahasa Inggris yang dijadwalkan setiap minggunya. Di pesantren ini pun sudah mampu menyelengarakan kejar paket untuk para santrinya yang ingin memiliki ijazah kesetaraan. Pesantren Al-Musri ini juga menggunakan metode belajar percepatan dengan hanya memerlukan waktu 6 Bulan saja membereskan seluruh tingkatan.

2. PONDOK PESANTREN AL ITTIHAD CIANJUR



Lokasi : Jl. Raya Bandung No.03, Bojong, Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43281

Pondok pesantren Al Ittihad merupakan salah satu dari sekian banyak pesantren di kabupaten Cianjur yang sukses membentuk santri yang siap menghadapi tantangan zaman yang serba modern ini.
Letaknya yang startegis dan tidak jauh dari terminal Rawa Bango, yaitu di Jl Raya Bandung Km 3 Rawabango, Bojong Karang Tengah, Cianjur, Jawa Barat. Pesantren tersebut berdiri diatas tanah wakaf dari H. Ecep Badruddin, BA, ia merupakan saudagar sukses dari Jakarta dan juga sukses dalam membina Yayasan Budi Mulia. Yayasan ini bergerak dibidang pendidikan formal dan informal yaitu RA, TKA, TPA, dan Madrasah Diniyyah.

Awal pembelajaran dimulai pada bulan Juli 1997, dengan fasilitas apa adanya dan santri seadanya hanya 14 orang santri. Kegiatannya pun dimulai dengan segala kesederhanaan dan kesahajaan. Semua ini terwujud berkat dorongan dari beberapa orang tua siswa yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di pesantren diiringi semangat ingin mewujudkan impian.

Pesantren Al-Ittihad didirikan dengan membawa misi mengembangkan ilmu pengetahuan keagamaan yang berorientasi kepada penguasaan kitab salaf sebagai ciri pokok pesantren dengan menggunakan sistem pengajaran pesantren Lirboyo, penerapan bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan dalam keseharian dengan metode Gontor, sehingga santri menjadi lebih siap menghadapi tatangan global. Dengan misi seperti itulah kemudian pesantren ini mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.

Pesantren al Ittihad juga tidak meninggalkan tradisi pesantren, yaitu mengaji kitab kuning, seperti pengajian kitab nahwu, sharaf, fiqih, tafsir dan lain sebagainya. Pengajian kitab kuning ini dilakukan di waktu petang dan malam hari. Pagi harinya diisi oleh kegiatan sekolah dan disiang harinya diisi oleh kegiatan ekstra kulikuler. Kegiatan rutin lainnya adalah pemantapan bahasa khususnya di dua bidang bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab dengan teorinya di terapkan disaat pelajaran sekolah dan diperaktekan dengan metode muhaddatsah dalam keseharian. Program lainnya yang menjadi prioritas di pesantren ini adalah hafalan al Qur'an. Hafalan al Qur'an ini menjadi penting sekali bagi santri sebagai calon pemimpin masyarakat dimasa yang akan datang.

3. PONDOK PESANTREN PERSATUAN ISLAM 04 CIANJUR



Lokasi : Bypass, Jl. Dr. Muwardi No.171C, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216

Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur adalah lembaga pendidikan berbasis Islam (Pesantren) dibawah naungan organisasi masyarakat islam Persatuan Islam (Persis) melalui Bidang Garapan (Bidgar) Tarbiyah PP Persis yang terletak di Jl. Dr. Muwardi no.171C, kelurahan Bojongherang, kecamatan/kabupaten Cianjur. Persatuan Islam saat ini memiliki sekitar 250 pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk didalamnya di kabupaten Cianjur.

Pesantren Persatuan islam 04 Cianjur berfungsi sebagai pusat pendidikan ilmu pengetahuan melalui proses pembelajaran dengan kurikulum berbasis integral (menyatukan antara ilmu umum dan agama, sains dan teknologi dibangun dan dijiwai dengan Al-Qur'an dan Sunnah)

Lulusan Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur, dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dalam dan luar negeri: Universitas Islam negeri, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Bandung, Ummul Quro (Madinah), Universitas Al-Azhar (Mesir) dll.

4. PONDOK PESANTREN AL RIYADL



Lokasi : Jl. Pasir Kp., Cipanas, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Pondok Pesantren Al-Riyadl yang berada di Kampung Loji Cipanas didirikan oleh KH Enoh Muqodas, atau yang biasa dipanggil oleh masyarakat sekitar dengan nama Abuya.

Semula tepatnya pada tahun 1971, pesantren ini bernama Al-Munna. Namun, setelah Abuya melakukan ibadah haji, Abuya berkeinginan untuk mendirikan pesantren dengan nama Al-Riyadl.

Pada awal beridinya, Ponpes Al-Riyadl merupakan Ponpes salafi murni, yang hanya mengadakan pengajian kitab kuning dengan metode sorogan, balagan, dan wetonan. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, pada tahun 1999 tepatnya setelah Abuya wafat, para anak-anaknya, beserta saudara yang lain dari keluarga besar Abah H Syafe’I sepakat untuk mendirikan pesantren yang berbasis sekolah, pesantren terpadu.

Sampai Saat ini, jumlah santri putra dan putri yang mondok mencapai kurang lebih 600 orang. Bahkan Al-Riyadl terus mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, saat ini Al-Riyadl juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Cianjur yakni STISNU untuk menyelengarakan perkuliahan.

5. PONDOK PESANTREN DARUSSALAMAH AL-MUBAROK



Lokasi : Jl. Raya Sukabumi - Cianjur, Bangbayang, Kec. Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43261

Pondok pesantren Darussalamah Al-Mubarok (PPDSA) merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan agama dan ilmu pengetahuan, terletak di desa Bangbayang kabupaten Cianjur Jawa Barat. pesantren ini berjarak sekitar 12 Km dari pusat kota dengan akses yang mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Dengan berlandaskan kepada Al-Qur’an dan Hadits sebogai pedoman pembelajaran utama dan bersinergi dengan kurikulum yang ada lembaga ini bergerak maju membina santri untuk mencapai visi dari pesantren yaitu “Mencetak generasi robbani“. tentu diiringi dengan misi yang ditempuh untuk mencapai visi terebut.

Adapun misi yang diemban di PPDSA adalah :

- Menbina santri berakidah yang lurus.
- Menjadikan santri memiliki akhlak yang mulia.
- Membiasakan santri beribadah tepat waktu.
- Mendidik santri menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menjadikan santri berwawasan luas.

PPDSA merupakan lembaga pendidikan yang asri karena dikelilingin dengan sawah yang hijau dan diapit dengan dua sungai. tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi santri untuk bisa belajar dan mondok di pesantren ini.

Itulah daftar Pondok pesantren terbaik dan terbesar di kabupaten Cianjur Jawa Barat. Semoga bermanfaat...☺️

Belum ada Komentar untuk "5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Cianjur Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel