Inilah Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Kalimantan Barat Indonesia

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantandengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak.

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Barat menurut sensus tahun 2016 berjumlah 5.365.256 jiwa (1,85% penduduk Indonesia).

Berikut ini kami telah merangkum Daftar Kota serta Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan jumlah penduduk :

A. KOTA TERBESAR DI KALIMANTAN BARAT

1. Kota Pontianak


Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa.

Selain itu, Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadaikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. Pada tahun 2017 kota ini memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 655.572 jiwa.

Menjadikan kota Pontianak sebagai kota Terbesar dan Terpadat pertama di Provinsi Kalimantan Barat Indonesia.

Sebagian besar perekonomian kota Pontianak bertumpu pada industri, pertanian, dan perdagangan.

Jumlah perusahaan industri besar dan sedang di Kota Pontianak yang telah terdata selama tahun 2005 adalah 34 perusahaan.

Perdagangan merupakan salah satu usaha yang berkembang pesat di Kota Pontianak. Perdagangan modern mulai berkembang pada tahun 2001 dengan berdirinya Mal Matahari Pontianak di Pontianak Kota. Pusat perbelanjaan modern mulai dibangun di berbagai sudut kota, seperti Mal Pontianakdan Ayani Mega Mall Pontianak (Pontianak Selatan). Berbagai perusahaan retail nasional mulai mendirikan usahanya di Pontianak.

2. Kota Singkawang


Kota Singkawang adalah sebuah kota (kotamadya) di Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, ibukota provinsi Kalimantan Barat, dan dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok.

Kota ini merupakan kota Terbesar dan Terpadat kedua di Kalimantan Barat, dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 232.993 jiwa dan
luas wilayah 504 km².

Kota Singkawang merupakan salah satu pecinan di Indonesia karena mayoritas penduduknya adalah orang Hakka (dengan persentase sekitar 42%) dan selebihnya adalah orang Melayu, Dayak, Tio Ciu, Jawa dan pendatang lainnya. Populasi penduduknya terus mengalami peningkatan setiap tahun dengan laju pertumbuhan penduduk.

Singkawang terkenal sebagai kota perdagangan terbesar kedua di Kalimantan Barat setelah Kota Pontianak. Letaknya di pantai barat sangat strategis, yakni berada di antara kabupaten Sambas dan Bengkayang, sangat menguntungkan Singkawang dalam mengembangkan daerahnya sebagai sentra bisnis dan pemasaran produk dari dan ke wilayah di sekitarnya.

Hasil industri yang menjadi produk andalan adalah keramik. Industri ini telah lama berkembang dan pasarannya pun merambah ke mancanegara meskipun masih berskala industri kecil.

Kota Singkawang juga terkenal dari hasil industri kecil dengan makanan khasnya, yaitu tahu dan mie Singkawang dan makanan ini sering dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yang datang ke Singkawang.

B. KABUPATEN TERBESAR DI KALIMANTAN BARAT

1. Kabupaten Sambas

Kabupaten Sambas adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas memiliki luas wilayah 6.395,70 km² atau 639.570 ha (4,36% dari luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat), merupakan wilayah Kabupaten yang terletak pada bagian pantai barat paling utara dari wilayah provinsi Kalimantan Barat.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 631.865 jiwa tahun 2017.

Struktur perekonomian Kabupaten Sambas masih di dominasi oleh 3 sektor utama yaitu sektor pertanian, sektor perdagangan-hotel-restoran dan sektor industri pengolahan.

2. Kabupaten Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya adalah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Mempawah.

Kabupaten Kubu Raya merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat kedua di provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 601.356 jiwa.

3. Kabupaten Ketapang

Kabupaten Ketapang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 31.240,74 km² dan berpenduduk sebesar 578.533 Jiwa tahun 2017.

Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 di provinsi Kalimantan Barat Indonesia.

Dibandingkan kabupaten lain di Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten terluas, memiliki pantai yang memanjang dari selatan ke utara dan sebagian pantai yang merupakan muara sungai, berupa rawa-rawa terbentang mulai dari Kecamatan Teluk Batang, Simpang Hilir, Sukadana, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Kendawangan dan Pulau Maya Karimata, sedangkan daerah hulu umumnya berupa daratan yang berbukit-bukit dan diantaranya masih merupakan hutan.

Sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang adalah Sungai Pawan yang menghubungkan Kota Ketapang dengan Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur serta merupakan urat nadi penghubung kegiatan ekonomi masyarakat dari desa dengan kecamatan dan kabupaten.

Pendapatan utama Kabupaten Ketapang berasal dari bisnis kayu, kelapa sawit, sarang burung walet dan jasa perdagangan. Pertokoan di Ketapang sebagian besar dimiliki oleh etnis Tionghua.

4. Kabupaten Sanggau

Kabupaten Sanggau adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terletak di tengah-tengah dan berada di bagian utara provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah 12.857,70 km² dengan kepadatan 29 jiwa per km².

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-4 di provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah penduduk tahun 2017 mencapai 482.500 jiwa.

Ekonomi Sanggau ditopang oleh dua komoditas utama,yakni karet dan sawit.

5. Kabupaten Sintang

Kabupaten Sintang adalah salah satu daerah otonom tingkat II di bawah provinsiKalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sintang. Kabupaten ini merupakan kabupaten paling luas kedua karena setelah Ketapang, dengan memiliki luas wilayah 21.635 km² dan berpenduduk Terbesar dan Terpadat ke-5 dengan jumlah ± 403.095 jiwa tahun ini.

Itulah daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat Provinsi Kalimantan Barat Indonesia. Jika ada Kekeliruan silahkan beri kami masukkan dengan berkomentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Kalimantan Barat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel