Inilah Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 km².
Penduduk Kalimantan Selatan saat ini berjumlah sekitar
3.922.790 jiwa.

Secara historis wilayah Kalimantan Selatan mula-mula dibentuk merupakan wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan di dalam Propinsi Kalimantan itu sendiri.

Berikut ini kami telah merangkum daftar Kabupaten serta Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia berdasarkan jumlah penduduk :

KOTA TERBESAR DI KALIMANTAN SELATAN

1. Kota Banjarmasin


Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Sekaligus kota terbesar dan paling padat penduduknya di provinsi Kalimantan Selatan.

Jumlah penduduk di kota Banjarmasin mencapai 647.003 jiwa tahun 2017.

Kota Banjarmasin juga dijuluki Kota Seribu Sungai dan memiliki wilayah seluas 98,46 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya pulau Tatas, pulau Kelayan, pulau Rantauan Keliling, pulau Insan dan lain-lain.

Wilayah metropolitan Banjarmasin yaitu Banjar Bakula memiliki penduduk sekitar 1,9 juta jiwa.

2. Kota Banjarbaru


Kota Banjarbaru adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarbaru dahulu merupakan sebuah kota administratif yang dimekarkan dari Kabupaten Banjar. Jauh pada masa sebelumnya sebagian besar wilayahnya merupakan Kawedanan Ulin di dalam Kabupaten Banjar. Secara historis semula dinamakan Daerah Tingkat II Persiapan Kodya Bandjarbaru.

Kota ini merupakan kota Terbesar dan Terpadat kedua di provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 221.735 jiwa.

Kota Banjarbaru memiliki luas wilayah 371,30 km², dan seluruh wilayah Kota Banjarbaru merupakan bagian dari kawasan perkotaan Banjar Bakula.

KABUPATEN TERBESAR DI KALIMANTAN SELATAN

1. Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar adalah kabupaten di Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Martapura. Kabupaten ini memiliki luas wilayah ± 4.688 km² dan berpenduduk sebanyak 542.204 jiwa pada tahun 2017.

Kabupaten Banjar merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat pertama di Kalimantan Selatan, kabupaten ini juga termasuk dalam calon Wilayah Metropolitan Banjar. Bakula.

Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dari perkebunan karet yang rata-rata adalah kebun perseorangan. Selain itu perkebunan jeruk menjadi penopang hidup sebagian masyarakat yang merupakan produk unggulan dari Kecamatan Astambul.

Keberadaan perusahaan lokal, nasional dan asing yang bergerak dibidang Tambang Batubara turut memberikan andil besar terhadap perekonomian di Kabupaten Banjar.

Tambang Batubara di kabupaten ini dikelola oleh perusahaan seperti PT. Pamapersada Nusantara, PT. Kalimantan Prima Persada, PT. Pinang Coal Indonesia dan lain-lain yang diawasi oleh Perusahaan Daerah (PD. Baramarta).

2. Kabupaten Tanah Laut

Kabupaten Tanah Laut adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pelaihari yang merupakan pusat kegiatan Kabupaten Tanah Laut.

Luas wilayah Kabupaten Tanah Laut adalah 3.631,35 km² (363.135 ha) atau sekitar 9,71% dari luas Provinsi Kalimantan Selatan.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat kedua di Kalimantan Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 344.730 jiwa tahun 2017.

3. Kabupaten Kotabaru

Kabupaten Kotabaru adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Kotabaru. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten pertama dalam provinsi Kalimantan dahulu. Dan pada masa Hindia Belanda merupakan Afdeeling Pasir en de Tanah Boemboe dengan ibukota Kota Baru.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 9.442,46 km² dan berpenduduk sebanyak 318.853 jiwa tahun 2017. Kabupaten Kotabaru merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 di Provinsi Kalimantan Selatan.

4. Kabupaten Tanah Bumbu

Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Sebelumnya kabupaten ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Kotabaru.

Ibukota kabupaten terletak di Batulicin, tepatnya di Kelurahan Gunung Tinggi yang dulunya bernama Desa Pondok Butun. Adapun yang menjadi sentra kegiatan usaha dan ekonomi adalah kecamatan Simpang Empat, yang dulunya merupakan bagian dari Kecamatan Batulicin.

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kotabaru yang ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tanggal 8 April 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.066,96 km² dan jumlah penduduk sebanyak 310.309 jiwa tahun 2017.

5. Kabupaten Barito Kuala

Kabupaten Barito Kuala adalah salah satu Pemerintah Kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Marabahan.

Sebagian wilayah Barito Kuala termasuk dalam calon Wilayah Metropolitan Banjar Bakula.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-5 dengan luas wilayah 3.284 km² dan berpenduduk sebanyak 309.749 jiwa tahun 2017.


Itulah daftar Kabupaten dan Kota Terbesar serta Terpadat di Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia. Jika ada informasi yang kurang lengkap, silahkan anda beri kami masukkan dengan berkomentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel