Banyak Monyet Turun Gunung Usai Semeru Erupsi

 LUMAJANG JATIM- Sekitar 1.286 hektare kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terdampak erupsi Gunung Semeru. Akibatnya, banyak satwa turun gunung, di antaranya makaka atau monyet.

Monyet dari famili Cercopithecidae ini turun gunung untuk mencari makan. Bahkan, makaka tak segan mendatangi relawan kawasan perbukitan piket nol di desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Bukan untuk mengganggu, melainkan mencari makanan.

"Karena hutannya sudah banyak debu jadi hewannya turun untuk mencari makan, di antaranya monyet," ujar salah satu relawan, Isman kepada wartawan, Senin (27/12/2021).





Kepala Bidang Wilayah II TNBTS, Khairul mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan berapa banyak satwa yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Sebab, petugas TNBTS belum bisa mengakses kawasan yang terdampak, karena material vulkanik masih cukup panas.

"Mudah-mudahan satwa yang terdampak bisa menyelamatkan diri saat terjadi erupsi Gunung Semeru. Namun ada beberapa satwa yang kini turun untuk mencari makan di antaranya makaka," ujar Khairul.

Saat ini, status Gunung Semeru masih di level tiga. Atau siaga.



Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Banyak Monyet Turun Gunung Usai Semeru Erupsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel