Harga cabai rawit di Trenggalek mulai turun kini Rp 72 ribu/ kg

 TRENGGALEK JATIM Harga komoditas cabai rawit di pasar tradisional di Trenggalek sempat menembus Rp 84 ribu/kg. Namun kini mulai berangsur-angsur turun ke Rp 72 ribu/kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Basah Trenggalek Siti Fatimah, mengatakan saat ini harga cabai rawit merah di tingkat eceran Rp 72 ribu/kg dari sebelumnya Rp 84 ribu/kg, sedangkan cabai merah besar turun menjadi Rp 32 ribu/kg turun dari sebelumnya Rp 60 ribu/kg. Untuk cabai merah keriting Rp 48 ribu/kg turun dari Rp 60 ribu/kg.



"Yang cabai rawit ini sebelumnya menang peningkatannya cukup banyak, tapi ini sudah agak turun. Namun ya masih tinggi juga," kata Siti Fatimah, Senin (12/1/2021).


Menurutnya harga cabai rawit merah tersebut terus berfluktuasi selama dua pekan terakhir. Perubahan harga juga terjadi di tingkat distributor maupun pasar grosir di Ngemplak Tulungagung


Pedagang mengaku, meskipun terus berfluktuasi, namun pasokan di pasar grosir di Tulungagung masih tersedia, hanya saja stoknya terbatas.


"Kalau stok ada, tapi terbatas. Distributor juga membagi dengan pedagang yang lain, kalau diborong satu pedagang ya tidak cukup," ujarnya.


Siti menambahkan perubahan harga cabai tersebut terjadi akibat cuaca yang tidak menentu, sehingga mengganggu produktivitas para petani.

"Karena harga masih relatif tinggi, kalau bagi pedagang dampaknya ya terhadap daya beli, saat ini masyarakat itu kalau belanja mengurangi pembelian, misalkan dari 1 kg menjadi setengahnya saja," ujar Siti.


Sementara itu untuk beberapa pelanggan yang berprofesi sebagai pedagang makanan, ada yang beralih ke cabai kering impor. "Biasanya itu pedagang bakso, soto atau para pedagang kuliner lainnya, untuk harga cabai kering impor saat ini Rp 75-80 ribu/kg," jelasnya.


Ia mengaku selain harga cabai yang naik turun, terdapat beberapa komoditas lain kenaikan harga. Wortel yang semula dijual Rp 10 ribu/kilogram naik menjadi Rp 14 ribu/kg, kembang kol dari Rp 15 ribu menjadi Rp 24 ribu/kg.


"Sedangkan tomat stabil pada kisaran Rp 8 ribu/kg, bawang merah juga stagnan di sekitar Rp 30 ribu/kilogram dan bawang putih dijual pada rentang harga Rp 20-22 ribu/kg," imbuhnya.


Sementara itu salah seorang warga Suyati, mengatakan kenaikan cabai rawit memaksanya untuk mengurangi jumlah pembelian. "Ya karena cabai mahal, sekarang kalau beli sedikit," kata Yati.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Harga cabai rawit di Trenggalek mulai turun kini Rp 72 ribu/ kg"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel