Gali Tanah, Warga Kediri Temukan Lima Arca, Diantaranya Ganesha & Siwa

KEDIRI JATIM - Seorang warga Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri menemukan empat arca purbakala saat hendak menggali tanah untuk keperluan bercocok tanam.

Lokasi penemuan benda arca purbakala ini berada di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu.

Saat ini keempat buah benda arca ini sudah diamankan di rumah Ketua RT 01 RW 03 Lukas Tunggal.

Garis polisi sudah membentang di dalam rumah Lukas Tunggal agar benda cagar budaya ini aman.

Lukas menuturkan bahwa penemuan benda ini berasal dari salah seorang warga bernama Sukarno.

“Penemuan benda ini pada bulan sebelas (November) 2020 tepatnya pada hari Jumat. Namun saya sebagai Ketua RT baru dapat infonya kemarin Jumat (15/1/2021). Oleh seseorang yang mempunyai tugas untuk mengawasi proyek penggalian tanah,” tuturnya Sabtu (16/1/2021).

Sebelumnya benda ini masih diamankan di rumahnya Pengawas Penggalian Tanah yang menjabat sebagai sekertaris lingkungan Desa Manggis.

“Lalu saya dapat informasi dan datangi rumah yang bersangkutan Pak Sukarno (Pengawas Penggali Tanah), lalu saya tanyai benda itu dan lengkap masih ada,” ungkapnya.

Setelah itu Lukas bersama Kasun Dorok mengamankan benda purbakala ini ke rumahnya untuk selanjutnya di laporkan ke pihak Desa Manggis.

Sementara itu unutk lokasi penemuan benda arca purbakala ini ada di lahan pertanian yang kosong dengan luas lahan sekitar hampir satu hektare.

“Menurut keterangan dari Sukarno benda ini ditemukan saat baru menggali di kedalaman 1 meter. Pertama kali menggali menemukan empat benda sekaligus, selang dua hari baru menemukan yang satunya lagi. Sehingga total penemuan benda purbakala ini ada 5 buah,” tutur Lukas.

Selanjutnya Yuli Marwantoko selaku Kabid Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan peninjauan pada hari Minggu (16/1/2021).

“Benar kami dapat laporan dari masyarakat mengenai penemuan benda purbakala arca itu. Pada hari minggu besok kami akan meninjau lokasi langsung,” ucapnya.

Kemudian menurut Yuli Marwantoko bahwa untuk dugaan sementara kelima arca yang ditemukan itu adalah Arca Ganesha, Agastya, Siwa, Dewi Parwati dan Mahakala.

Sebagai tambahan informasi untuk lokasi penemuan arca ini tak jauh dari tempat situs sejarah candi Dorok yang berjarak 1 km.

Selain itu patut diduga bahwa kelima arca ini dulunya terbawa arus sungai lahar hujan yang hanya berjarak 400 meter dari penemuan.


Sumber : https://suryamalang.tribunnews.com/2021/01/16/gali-tanah-untuk-bercocok-tanam-warga-kediri-temukan-lima-arca-di-antaranya-diduga-ganesha-siwa

Belum ada Komentar untuk "Gali Tanah, Warga Kediri Temukan Lima Arca, Diantaranya Ganesha & Siwa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel