Libur Nataru, Polisi Batasi Kendaraan ke Tempat Wisata di Jabar

 BANDUNG JABAR - Polisi menyiapkan skema pengamanan lalu lintas saat momen libur natal dan tahun baru (nataru). Salah satunya dengan melakukan pembatasan-pembatasan di area wisata.

"Bukannya nggak boleh masuk ya (ke tempat wisata), tapi ada pembatasan-pembatasan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Eddy Djunaedi usai apel gelar pasukan di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/12/2020).




Pembatasan ini dilakukan mengingat kondisi pandemi COVID-19. Terlebih, Pemprov Jabar sendiri sudah menegaskan tidak ada perayaan atau pesta tahun baru di Jabar.


"Kita tetap mengutamakan protokol kesehatan. Kita imbau kepada masyarakat harap diketahui bersama bahwa saat ini pandemi COVID-19 belum selesai. Mari sama-sama kita menahan diri, lebih baik di rumah saja," kata Eddy.


Selain di tempat wisata, polisi juga menyiapkan pengamanan di setiap jalur di Jabar.


 Pengamanan tersebut dilakukan baik di jalur arteri maupun jalur tol


Untuk jalur tol sendiri, sejauh ini polisi belum menyiapkan rekayasa penutupan arus bila terjadi kepadatan. Menurut dia, rekayasa hanya dilakukan secara situasional.


"Tidak ada (penutupan jalur tol) kita lihat situasional saja, namanya situasional, apa apanya nanti kita lakukan rekayasa-rekayasa lantas yang terbatas," tutur Eddy.

Untuk saat ini, sambung Eddy, kondisi arus lalu lintas terbilang masih landai. Belum ada kenaikan arus kendaraan secara signifikan di beberapa hari menjelang akhir tahun ini.

"Sampai sejauh ini masih relatif lancar ya, relatif kondusif, sampai tadi malam masih kondusif, baik di tol, arteri, jalur wisata," kata dia.


"Belum ada (kenaikan arus kendaraan) mudah-mudahan masyarakat sadar mengetahui saat ini masih pandemi Covid, istirahat saja di rumah," ujar Eddy menambahkan.


Untuk jumlah kekuatan personel, sebelumnya Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan ada 23 ribu personel gabungan yang diterjunkan. Pengamanan dilakukan secara gabungan baik Polri maupun instansi terkait.


"Personel yang dikerahkan 23 ribu personel gabungan, Polri 18 ribu sisanya TNI, Satpol PP, BPBD, Dishub dan Dinkes," kata Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri di Mapolres Majalengka, Sabtu (19/12)

Belum ada Komentar untuk "Libur Nataru, Polisi Batasi Kendaraan ke Tempat Wisata di Jabar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel