Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 3,5 Km

LUMAJANG JATIM- Gunung Semeru kembali mengeluarkan guguran awan panas. Luncuran awan panas terjadi sekitar pukul 15.36 WIB dengan jarak luncur 3.5 km.
Luncuran awan panas mengarah ke tenggara atau kawasan curah kobokan. Namun demikian, luncuran awan panas tersebut masih jauh dari pemukiman warga.

Dari data pos pengamatan gunung api (PGA) Semeru periode 23 Desember pukul 12.00-18.00 WIB, Gunung Semeru mengeluarkan letusan satu kali, awan panas guguran satu kali, guguran satu kali dan tremor harmonik 5 kali. Meski demikian, gunung api tertinggi di pulau Jawa ini masih waspada level II.

"Gunung Semeru sekitar pukul 15.36 WIB mengeluarkan awan panas guguran sejauh 3,5 km dari puncak. Status Gunung Semeru masih waspada level II " ujar Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Setyawan Purnomo kepada wartawan,Rabu (23/12/2020).


Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius satu kilometer dan wilayah sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan kawah aktif Gunung Semeru sebagai jalur luncuran awan panas.

Selain itu, masyarakat tetap mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

"Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara serta mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar," tandas Setyawan.

Belum ada Komentar untuk "Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 3,5 Km"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel