Hasil swab tes. 149 pekerja Pabrik Udang Situbondo positif Corona

Jumlah pekerja yang positif COVID-19 di pabrik pengolahan udang Situbondo terus bertambah. Hingga hari ini ada 149 pekerja yang positif Corona dari klaster tersebut.
Anggota Gugus Kuratif COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan, total ada 149 pekerja yang sudah dinyatakan positif COVID-19. Angka tersebut kemungkinan besar akan terus bertambah.

"Per hari ini ada 149 pekerja yang positif Corona di klaster pabrik Situbondo. Tapi yang positif mayoritas berdomisili di Bondowoso. Jadi kasusnya masuk di Bondowoso," kata Jibril Jumat (7/8/2020).

Jibril menjelaskan, ada 1.963 pekerja di pabrik tersebut. Di mana 1.930 di antaranya sudah di-rapid test. Hasilnya, 393 orang reaktif dan 1.507 non-reaktif.

Selanjutnya, 393 orang yang reaktif dites swab. Lalu ada tambahan 74 orang yang memiliki gejala atau suspect. Mereka semua mengikuti tes swab. Hasilnya, 149 sudah dinyatakan positif COVID-19.

Jadi yang tes swab ada 467 orang. Yang sudah positif COVID-19 ada 149. Angka itu masih bisa bertambah, karena belum keluar semua," jelas Jibril.

Klaster pabrik udang tersebut, lanjut Jibril, turut mempengaruhi jumlah kasus di Jatim khususnya Bondowoso. Tercatat, dalam 5 hari terakhir ada tambahan 155 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Bondowoso.

Jibril menambahkan, dari hasil investigasi tim Gugus Tracing COVID-19 Jatim, penyebaran virus di pabrik disebabkan oleh bus antarjemput pegawai. Di mana para pegawai menaiki bus tersebut setiap hari untuk bekerja.

"Ketularannya dari bus antarjemput pekerjanya. Ini salah satu klaster besar di Jatim," pungkasnya.

Sumber : detik.com

Belum ada Komentar untuk "Hasil swab tes. 149 pekerja Pabrik Udang Situbondo positif Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel