Harga Daging Ayam di Probolinggo Melonjak, 40 rb Per Kilogram

PROBOLINGGO JATIM -
Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo terus merangkak naik. Harga daging ayam kini mencapai Rp 40.000 per kilogramnya.

Kenaikan harga daging ayam broiler ini terpantau sejak 2 hari terakhir. Yang sebelumnya hanya Rp 26.000 terus naik menjadi Rp 35.000 per kilogramnya. Per hari ini harga daging ayam broiler di sejumlah pasar di seluruh Kota Probolinggo tembus Rp 40.000 per 1 kilogramnya.

Kenaikan harga selain mendekati Hari Raya Idul Fitri dan faktor pandemi COVID-19, juga karena stok di sejumlah peternak terus menipis.

Dengan mahalnya harga daging ayam ini, minat pembeli daging ayam pun menurun dan pedagang mulai sepi pembeli. Para pembeli berganti mencari lauk lain atau ikan pengganti seperti seperti ikan laut, tempe, dan tahu.

Sepinya pembeli dirasakan oleh Bawon (47), salah satu pedagang daging ayam di Pasar Baru Probolinggo. Bawon mengaku omzetnya turun hingga lebih dari 50 persen.

"Sejak 3 hari ini harga daging ayam terus naik, 3 hari sebelumnya harganya hanya Rp 26.000, kemarin Rp 35.000 per kilogramnya. Sekarang harganya sudah Rp 40.000, katanya di peternak kekurangan stok, harga daging ayam mahal pembeli sepi, omzet menurun drastis hingga 50 persen" tegas Bawon pada wartawan, Kamis (14/5/2020).

Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo Arif Billah mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan kenaikan harga daging ayam dan sejumlah lauk pauk lainnya. Jika mendekati lebaran belum kunjung turun, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk dilakukan operasi pasar nantinya.

"Kami akan terus memantau harga daging ayam dan lauk pauk lainnya, serta harga sembako setiap harinya. Kenaikan harga daging ayam terlihat sejak 3 hari terakhir. Jika harga terus naik, maka kita akan berkoordinasi dengan pimpinan dan dinas terkait, untuk melakukan operasi pasar, untuk menstabilkan harga," jelas Arif.

Dari data Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pasar Kota Probolinggo, harga daging ayam kampung Rp 70.000 per kilogramnya, yang sebelumya harganya hanya Rp Rp 60.000. Untuk gula pasir mengalami penurunan menjadi Rp 16.000 perkilogramnya, untuk harga bawang merah naik menjadi Rp 40.000 per kilogram.

Belum ada Komentar untuk "Harga Daging Ayam di Probolinggo Melonjak, 40 rb Per Kilogram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel