Profil Sejarah Pondok pesantren Riyadhussholihin Pandeglang

Pondok pesantren Riyadhussholihin merupakan lembaga pendidikan islam di kampung Rocek, kecamatan Cimanuk, kabupaten Pandeglang, Banten bernama yayasan pondok pesantren Riyadhussholihiin yang bergelut di bidang pendidikan islam secara formal dan non formal.

Sejarah awal pendirian Pondok pesantren yang bertempat di bawah kaki dua gunung Pulau Sari dan gunung Karang ini dibangun di atas pondasi taqwa dan asas Al-Qur’an dan As-sunnah, dengan berupaya mengembalikan masyarakat islam secara khusus yang sudah banyak terkontaminasi dengan ajaran-ajaran dan pemikiran-pemikiran yang menyimpangkan mereka dari jalan yang lurus dan agama yang hanif, kepada jalan islam yang sesungguhnya yang datang dari Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Tujuan pendirian Pondok ini muncul dari kekhawatiran kami ketika melihat masyarakat dan generasi islam yang sudah mulai banyak yang menjauh dari jalan islam yang benar yang sarat dengan kesyirikan, khurofat, bid’ah, kebobrokan moral, pergaulan bebas tanpa batas, kemaksiatan dll. Yang sudah merebak di tengah-tengah masyarakat islam sehingga hal-hal yang islami sudah di pandang sebelah mata oleh mereka, aqidah yang benar dan lurus sudah dianggap sesat dan aqidah yang sesat sudah dianggap benar, yang sunnah dianggap bid’ah dan bid’ah dianggap sunnah, ditambah kemungkaran-kemungkaran sudah merupakan hal yang legal terjadi menurut mereka.

Maka untuk membentengi hal-hal di atas sangat di perlukan sekali lembaga-lembaga islam dan juru-juru da’i yang mukhlisin yang gerah melihat fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan semangat menegakkan aqidah dan tauhid, juga ajaran islam yang benar sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah dengan pemahaman para salafusshaleh. Karena kebaikan umat ini tidak mungkin akan tercapai kecuali dengan mengembalikan mereka pada jalan yang lurus yaitu jalan Allah dan Rasul-Nya.

Dengan ini pondok pesantren Riyadhussholihiin yang masih berusia dini ini berusaha melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Mengembalikan ajaran islam kepada Al-Qur’an dan sunnah yang shahih dengan pemahaman Salafusshaleh.
2. Tashfiyah (memurnikan ajaran islam) dari segala noda kesyirikan, bid’ah, khurofat serta pemikiran yang bisa merusak islam.
3. Tarbiyah (mendidik) kaum muslimin kepada ajaran islam yang murni.
4. Menghidupkan pola pikir ilmiyah berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah dengan pemahaman Salafusshaleh.
5. Mengajak kaum muslimin untuk hidup islami sesuai dengan manhaj ahlussunnah wal jama’ah

KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum yang diterapkan di SD-IT Riyadhussholihiin terdiri dari:

1. Kurikulum KTSP, kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).
2. Kurikulum diniyah SD-IT Riyadhussholihiin terdiri dari Aqidah, Fiqih, Akhlaq, B. Arab, Sirah, Tahfidz (Min 3 Juzz) dan pembelajaran baca Al-Qur’an metode UMMI Berlandaskan manhaj ahlussunnah wal jamaah.

EKSTRAKURIKULER

- Arabic Club
- Cyber Club
- Memanah
- Futsal
- Beladiri
- Renang

FASILITAS

- Gedung milik sendiri
- Internet akses
- Perpustakaan
- Laboratorium
- Bimbingan Konseling
- Lapangan

Belum ada Komentar untuk "Profil Sejarah Pondok pesantren Riyadhussholihin Pandeglang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel