Profil Sejarah Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman Pandeglang

Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman (PPTDI) didirikan oleh KHA Aminudin Ibrahim LML pada tanggal 29 Agustus 1991. Darul Iman berada di alam pedesaan yang berudara segar, hijau dan jauh dari polusi. Berjarak 10 km dari kota Pandeglang, atau sekitar 120 km dari Jakarta.
 Saat ini, Darul Iman menyelenggarakan pendidikan Tarbiyatul Muta'allimin wal Muta'allimat al Islamiyyah (TMI) 6 tahun, setingkat Tsanawiyah dan Aliyah. Alamat : Kadupandak, Banjar, Pandeglang. 

Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman, yang memiliki peran strategis dalam pendirian provinsi Banten. Gagasan pendirian provinsi Banten memang dicetuskan pertama kali oleh Bpk Pengasuh pada saat kunjungan Presiden BJ Habibi ke Darul Iman, 05 Febr 1999 lalu. "Sejarah pembentukan prov Banten, tak bisa dilepaskan dari nama Darul Iman", tutur Gubernur yang berpidato sekitar 30 menit tanpa teks ini. Gubernur juga mengapresiasi peran dan kiprah Bpk KH Aminudin Ibrahim, LML (pengasuh) yang telah banyak berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan provinsi Banten. Misalnya peran beliau di PWNU Banten, FSPP dan LPTQ.  


Terkait dengan perannya sebagai kepala daerah, Gubernur juga meminta doa dari hadirin agar mendapat kekuatan dalam menjalankan amanah. Sambil sesekali diselingi bahasa Sunda, Gubernur bercerita tentang program-program pembangunan yang digagasnya untuk daerah Pandeglang.


Pada akhir amanatnya, Gubernur berkenan menyampaikan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk pengembangan Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman. Sedangkan pada sesi akhir, Gubernur juga sempat menyalami para wisudawan/wisudawati dan para santri yang mendapat peringkat terbaik di kelas masing-masing.

Haflah Angkatan ke-20 Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman, Sabtu 04 Juni 2016, Alhamdulillah berlangsung lancar. Dihadiri seluruh santri beserta wali masing-masing, para tamu undangan, juga masyarakat sekitar pondok.

Sejak berdiri (tahun 1991) hingga kini, Darul Iman telah meluluskan sekitar 900 orang alumni. Mereka kini tersebar di berbagai pelosok negeri, serta berkiprah dalam berbagai bidang.

Ini adalah haflah pertama tanpa kehadiran Bpk KH Aminudin Ibrahim, LML, pendiri pondok (Beliau wafat pada tanggal 15 Desember 2015 lalu). Roda organisasi pondok kini dijalankan oleh tiga orang pimpinan : Ust Ahmad Khaetami Efendi S.Sos.I, Ust Dr H Dede Ahmad Permana, MA, dan Ust H Ahmad Solahudin.

Belum ada Komentar untuk "Profil Sejarah Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman Pandeglang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel