Social Items

Sleman merupakan sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini adalah Sleman.  Berbagai perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta sebenarnya secara administratif terletak di wilayah kabupaten Sleman, di antaranya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pendidikan Agama di Sleman juga cukup banyak, hal ini terbukti dengan banyaknya Pondok Pesantren yang berada di Sleman. Dari hasil penelusuran tim kami kuwaluhan.com, di Sleman terdapat Ponpes Salaf maupun Modern Terbesar Dan Terkenal, diantaranya yaitu :

1. PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH

Lokasi : Trini Trihanggo Gamping Sleman, Trini, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291

Pondok pesantren Miftahunnajah merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Pelita Umat Yogyakarta. Ponpes ini merupakan penjelmaan ide dan gagasan dari Ust. Didik Purwodarsono selaku pendiri yayasan Pelita Umat. Pada pertengahan Desember 2009, ide dan gagasan Beliau dimantapkan dan direalisasikan. Maka dibentuklah tim perintisan dan pendirian pesantren yang sebagian besar terdiri dari alumni pesantren Takwinul Muballighin. Tim tersebut terdiri dari Muahamad Mujari, S.T, Kustriyanto, S.Sos.I, Ibnu Asakir, S.Pd, Pradana Kurniawan, S.Pd, Heri Purnomo, S.Pd.I.
Setelah melakukan bebarapa kali rapat kerja tim, melakukan survey lapangan dan studi akhirnya diputuskan didirikanlah Pesantren Modern yang sekaligus melakukan pendidikan formal setingkat SMP.

2. PONDOK PESANTREN MODERN BAITUSSALAM

Lokasi : Jalan Pulerejo, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Pulir Rejo, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman

Pondok pesantren baitussalam ini berdiri pada tahun 1985 dimana Pondok ini didirikan oleh almarhum ustad agus haryadi tepatnya pada tanggal 22 September. Pada awalnya pondok pesantren ini kasih di dusun taskombang di kediaman bapak bakti muranom. Setelah beberapa tahun pondok pesantren ini berada di Dusun taskombang klaten ada seorang dermawan bernama Bapak Kyai Haji dalhar di mana beliau memberikan tanah wakaf dusun Pule Rejo desa bokoharjo prambanan Sleman sehingga pesantren yang sebelumnya berada di daerah Klaten berpindah ke pulerejo.

Ketika sang pendiri dan pimpinan Pondok yaitu Ustadz Agus Haryadi meninggal pada tahun 1991 beliau meninggalkan 3 orang santri dan beliau memberikan wasiat kepada kakak iparnya untuk melanjutkan Pesantren ini sang kakak ipar adalah pondok saat ini yaitu Ustadz Abdul Hakim dengan bermodalkan 3 orang santri Alhamdulillah pondok pesantren ini terus berkembang dan santrinya pun bertambah. Namun 1995 santri di pondok pesantren Baitussalam ini habis kan tiga orang Santri lagi sehingga pimpinan pondok berfikir bagaimana upayakan agar Santri bertambah.

Pada tahun 1998 pesantren ini mulai mendirikan pendidikan pertama yaitu TK Baitussalam kemudian disusul satu tahun setelahnya didirikan sD iT baitus salam alhamdulillah 2 pendidikan formal dirikan ini berkembang dengan baik sampai saat ini miliki jumlah peserta didik yang semakin bertambah. Melihat adanya perkembangan dari lembaga pendidikan yang sebelumnya yaitu TK dan SD IT maka di tahun 2007 baitussalam mendirikan sMP yang berbasis boarding School atau berasrama lembaga pendidikan sMP baitussalam ini juga berkembang tahap demi tahap dan menunjukkan adanya minat yang banyak dari masyarakat sekitar sehingga pondok pesantren modern baitussalam mulai mendirikan lembaga pendidikan yang yang lain di tahun 2014 yaitu lembaga pendidikan sMA.

Hingga kini pondok Pesantren Modern telah memiliki beberapa unit pendidikan terhitung dari pAUD sD sMP sampai sLTA dan pondok pesantren modern baitussalam sudah memiliki cabang baitussalam dua di kecamatan cangkringan dari tingkat paud hingga SD.

3. PONDOK PESANTREN TARUNA AL - QURAN

Lokasi : Jl. Lempongsari Raya No.4a, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Pondok pesantren Taruna Al Quran yang terletak di wilayah Provinsi Yogyakarta  merupakan yayasan Islam  yang dibentuk dan dinotariskan pada tanggal  21 September 2008, mempunyai visi dan misi serta bertujuan menyediakan pusat / kawasan pendidikan yang Islami dengan konsep berlandaskan Al Quran dan As Sunnah. Pemikiran ini dilandasi bahwa Yogyakarta merupakan daerah dengan yang berpendidikan dan memiliki budaya ke Islaman yang kuat.

Hingga saat ini santri yang mondok di sini semakin bertambah tiap tahunnya.

4. PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM

Lokasi : Jalan Wahid Hasyim No. 3, Gaten, Condongcatur, Depok, Dabag, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Pondok pesantren Wahid Hasyim adalah sebuah nama yang diberikan oleh Pendiri (Al-Marhum Al-Maghfurlah KH. Abdul Hadi As-Syafi'i) pada 11 Maret 1977 M untuk sebuah Pondok Pesantren yang bertujuan mewujudkan santri yang mempunyai intelektualitas keagamaan yang luas dan juga berdedikasi tinggi dengan didasari akhlaqul karimah. Pada 12 Oktober 1994 M / 7 Jumadil Ula 1415 H. Pondok Pesantren Wahid hasyim resmi berbadan hukum dengan dibentuknya Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim.

Dengan visi Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim sebagai pusat pengembangan Agama Islam dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wahana bagi terbentuknya pribadi muslim yang berilmu, berhaluan Ahlus Sunah Wal Jamaah, berakhlak mulia, berjiwa khidmah, mandiri, dan berwawasan kebangsaan  dan misi Menyelenggarakan pendidikan formal dan non formal, melaksanakan pengabdian melalui pembinaan keagamaan dan pemberdayaan perekonomian santri dan masyarakat lembaga pendidikan dan sosial kemasyarakatan, Wahid Hasyim kini menjadi institut pendidikan modern dan sosial keagamaan terkemuka di Yogyakarta.

5. PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH

Lokasi : Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM, RW.2, Marangan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Sebagai wujud nyata dari peran serta Muhammadiyah tersebut Warga Muhammadiyah di Kecamatan Prambanan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah Prambanan Klaten telah bekerjasama dengan Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School yang terletak di Desa Bokoharjo Prambanan Sleman DIY dalam pengelolaan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah diwilayah Prambanan Klaten.

Bentuk kerjasama dalam dunia pendidikan ini diwujudkan dalam pengelolaan SMP Muhammadiyah 17 Prambanan Klaten yang dikembangkan menjadi Pondok Pesantren Modern dengan sistem asrama (Boarding School) Sehingga pengelolaan sekolah muhammadiyah ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari MBS Yogyakarta dan yang merupakan cabang kedua dari PPM MBS Yogyakarta yang selanjutnya disebut sebagai MBS 2 Yogyakarta di Prambanan Klaten.

Tahun Pelajaran 2014-2015 menjadi awal bagi MBS 2 Yogyakarta untuk memulai proses pendidikan.

KURIKULUM

MBS 2 menerapkan kurikulum yang sama dengan MBS Pusat dengan memadukan Kurikulum antara Pendidikan Nasional (DIKNAS) dan Kurikulum Pondok Pesantren Modern.

Dengan Kurikulum Diknas dan Pesantren yang terpadu sehingga Mata Pelajaran yang diselenggarakan selama KBM berlangsung mencakup seluruh materi umum dan agama.

6. PONDOK PESANTREN BINA UMAT YOGYA

Lokasi : Setran, Sumberarum, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563

Lembaga pendidikan ini ditopang sistem pendidikan pondok pesantren modern yang mengedepankan nilai-nilai keislaman secara universal. Islamic Boarding School SMP/SMA IT Bina Umat merupakan sekolah menengah Islam Terpadu yang memadukan kurikulum Diknas dengan kurikulum Pesantren Modern. Para siswa/santri diwajibkan tinggal di asrama pondok pesantren selama 24 jam yang dibina oleh guru/ ustadz/ah yang profesionaI & lulusan dari Pesantren/ Perguruan Tinggi terkemuka di dalam maupun luar negeri, yang menjamin berlangsungnya proses p e n d i d i k a n Islam yang ber-dasarkan AI-Qur’an & as-Sunnah melalui implementasi kurikulum & proses belajar mengajar yang terpadu, serta di tunjang dengan lingkungan belajar yang Islami, Tarbawi, Ma’hadi.

7. PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM

Lokasi : Jl. Wonosari, Km. 8, Karangsari, Sendangtirto, Berbah, Gamelan, Sendangtirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

Pondok Pesantren Raudhatus Salaam adalah salah satu dari sekian banyaknya pondok alumni Gontor yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun jenjang pendidikian formal yang telah berjalan saat ini adalah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP Raudhatus Salaam). Kurikulum yang di terapkan pada Pondok Pesantren Raudhatus Salaam adalah kolaborasi dari Trilogi Kurikulum diantaranya adalah kurikulum Kemdikbud/ DIKNAS untuk kegiatan belajar mengajar SMP dalam kelas juga ditambah dengan kurikulum Kulliyatul Muallimiinal Islamiyah (KMI) Gontor dan kurikulum Tahfidz.

Dari trilogi kurikulum yang diterapkan ini kedepannya alumni Pondok Pesantren Raudhatus Salaam di harapkan mampu menjadi kader pemimpin umat yang mampu mengayomi masyarakat dan memberikan jawaban-jawaban dari masalah-masalah kehidupan yang kompleks.

Program Unggulan Pondok Pesantren Raudhatus Salaam antara lain adalah: Mampu berkomunikasi dengan dua bahasa Arab dan Inggris, Tahfidz Qur’an, Pengaplikasian Tekhnologi sebagai sarana dakwah, Mampu memahami ajaran-ajaran Islam dalam konteks kekinian, Mampu mengaplikasikan ajaran Islam dengan confidence dan santun.

8. PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PAKEM

Lokasi : Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 15, Sembung, Purwobinangun, Pakem, Donoharjo, Ngaglik, Sembung, Purwobinangun, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Pendirian pondok pesantren ini bermula dari sebuah masjid sederhana sebagai sarana beribadah masyarakat muslim di Dusun Sembung. Ketika masyarakat merasakan kebutuhan sarana dan prasarana beribadah yang lebih memadahi, maka masjid sederhana tersebut kemudian direnovasi untuk menambah daya tampung jama’ah. Melalui usaha yang kuat dari beberapa tokoh masyarakat Sembung baik yang berada di Jakarta, Surakarta maupun yang berdomisili di Sembung sendiri, maka pada tanggal 17 April 1992, pembangunan dan renovasi Masjid Darul-Hikmah selesai diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Setelah masjid selesai dibangun dan direnovasi kemudian muncul ide bahwa anak-anak usia pra-sekolah dan usia sekolah membutuhkan sarana untuk kegiatan belajar mengajar. Di samping itu, kantor Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Taman Kanak-Kanak (TK) Kuncup Mekar II, Takmir Masjid dan Remaja Masjid Darul-Hikmah (PRIMADHA) serta Koperasi Sendi Mulya, yang berada di sekitar masjid juga perlu diperbaiki tempat kegiatannya.

Oleh karena itu, kemudian Yayasan Darul-Hikmah yang dibentuk bersamaan dengan selesainya pembangunan dan renovasi masjid, membangun satu unit gedung untuk dipergunakan bagi perkantoran yang ada di sekitar masjid tersebut, pembangunan gedung ini selesai pada tahun 1997.

Pada saat itu kegiatan Masjid Darul-Hikmah masih terbatas pada pengelolaan TPA, Majlis Ta’lim dan kegiatan remaja masjid.
b. Periode pembangunan (1996-1998). Pada periode ini Yayasan Darul-Hikmah (YDH) membangun dua buah unit gedung yang dikemudian hari diberi nama Gedung Ibnu Rusydi dan Gedung Ibnu Kholdun.

Sekolah yang pertama didirikan adalah SLTP (1999), disusul kemudian pada tahun 2002 berdiri SDIT dan terakhir SMA-T pada tahun 2003. Sedangkan sistem pendidikan pesantrennya dengan menyelenggarakan kajian-kajian khas pesantren seperti kajian kitab-kitab klasik/kitab kuning dengan metode bandongan, sorogan dan sejenisnya.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbesar Dan Terkenal di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

8 Pondok Pesantren Terbaik, Terbesar Di Sleman Yogyakarta

Sleman merupakan sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini adalah Sleman.  Berbagai perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta sebenarnya secara administratif terletak di wilayah kabupaten Sleman, di antaranya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pendidikan Agama di Sleman juga cukup banyak, hal ini terbukti dengan banyaknya Pondok Pesantren yang berada di Sleman. Dari hasil penelusuran tim kami kuwaluhan.com, di Sleman terdapat Ponpes Salaf maupun Modern Terbesar Dan Terkenal, diantaranya yaitu :

1. PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH

Lokasi : Trini Trihanggo Gamping Sleman, Trini, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291

Pondok pesantren Miftahunnajah merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Pelita Umat Yogyakarta. Ponpes ini merupakan penjelmaan ide dan gagasan dari Ust. Didik Purwodarsono selaku pendiri yayasan Pelita Umat. Pada pertengahan Desember 2009, ide dan gagasan Beliau dimantapkan dan direalisasikan. Maka dibentuklah tim perintisan dan pendirian pesantren yang sebagian besar terdiri dari alumni pesantren Takwinul Muballighin. Tim tersebut terdiri dari Muahamad Mujari, S.T, Kustriyanto, S.Sos.I, Ibnu Asakir, S.Pd, Pradana Kurniawan, S.Pd, Heri Purnomo, S.Pd.I.
Setelah melakukan bebarapa kali rapat kerja tim, melakukan survey lapangan dan studi akhirnya diputuskan didirikanlah Pesantren Modern yang sekaligus melakukan pendidikan formal setingkat SMP.

2. PONDOK PESANTREN MODERN BAITUSSALAM

Lokasi : Jalan Pulerejo, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Pulir Rejo, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman

Pondok pesantren baitussalam ini berdiri pada tahun 1985 dimana Pondok ini didirikan oleh almarhum ustad agus haryadi tepatnya pada tanggal 22 September. Pada awalnya pondok pesantren ini kasih di dusun taskombang di kediaman bapak bakti muranom. Setelah beberapa tahun pondok pesantren ini berada di Dusun taskombang klaten ada seorang dermawan bernama Bapak Kyai Haji dalhar di mana beliau memberikan tanah wakaf dusun Pule Rejo desa bokoharjo prambanan Sleman sehingga pesantren yang sebelumnya berada di daerah Klaten berpindah ke pulerejo.

Ketika sang pendiri dan pimpinan Pondok yaitu Ustadz Agus Haryadi meninggal pada tahun 1991 beliau meninggalkan 3 orang santri dan beliau memberikan wasiat kepada kakak iparnya untuk melanjutkan Pesantren ini sang kakak ipar adalah pondok saat ini yaitu Ustadz Abdul Hakim dengan bermodalkan 3 orang santri Alhamdulillah pondok pesantren ini terus berkembang dan santrinya pun bertambah. Namun 1995 santri di pondok pesantren Baitussalam ini habis kan tiga orang Santri lagi sehingga pimpinan pondok berfikir bagaimana upayakan agar Santri bertambah.

Pada tahun 1998 pesantren ini mulai mendirikan pendidikan pertama yaitu TK Baitussalam kemudian disusul satu tahun setelahnya didirikan sD iT baitus salam alhamdulillah 2 pendidikan formal dirikan ini berkembang dengan baik sampai saat ini miliki jumlah peserta didik yang semakin bertambah. Melihat adanya perkembangan dari lembaga pendidikan yang sebelumnya yaitu TK dan SD IT maka di tahun 2007 baitussalam mendirikan sMP yang berbasis boarding School atau berasrama lembaga pendidikan sMP baitussalam ini juga berkembang tahap demi tahap dan menunjukkan adanya minat yang banyak dari masyarakat sekitar sehingga pondok pesantren modern baitussalam mulai mendirikan lembaga pendidikan yang yang lain di tahun 2014 yaitu lembaga pendidikan sMA.

Hingga kini pondok Pesantren Modern telah memiliki beberapa unit pendidikan terhitung dari pAUD sD sMP sampai sLTA dan pondok pesantren modern baitussalam sudah memiliki cabang baitussalam dua di kecamatan cangkringan dari tingkat paud hingga SD.

3. PONDOK PESANTREN TARUNA AL - QURAN

Lokasi : Jl. Lempongsari Raya No.4a, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Pondok pesantren Taruna Al Quran yang terletak di wilayah Provinsi Yogyakarta  merupakan yayasan Islam  yang dibentuk dan dinotariskan pada tanggal  21 September 2008, mempunyai visi dan misi serta bertujuan menyediakan pusat / kawasan pendidikan yang Islami dengan konsep berlandaskan Al Quran dan As Sunnah. Pemikiran ini dilandasi bahwa Yogyakarta merupakan daerah dengan yang berpendidikan dan memiliki budaya ke Islaman yang kuat.

Hingga saat ini santri yang mondok di sini semakin bertambah tiap tahunnya.

4. PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM

Lokasi : Jalan Wahid Hasyim No. 3, Gaten, Condongcatur, Depok, Dabag, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Pondok pesantren Wahid Hasyim adalah sebuah nama yang diberikan oleh Pendiri (Al-Marhum Al-Maghfurlah KH. Abdul Hadi As-Syafi'i) pada 11 Maret 1977 M untuk sebuah Pondok Pesantren yang bertujuan mewujudkan santri yang mempunyai intelektualitas keagamaan yang luas dan juga berdedikasi tinggi dengan didasari akhlaqul karimah. Pada 12 Oktober 1994 M / 7 Jumadil Ula 1415 H. Pondok Pesantren Wahid hasyim resmi berbadan hukum dengan dibentuknya Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim.

Dengan visi Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim sebagai pusat pengembangan Agama Islam dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wahana bagi terbentuknya pribadi muslim yang berilmu, berhaluan Ahlus Sunah Wal Jamaah, berakhlak mulia, berjiwa khidmah, mandiri, dan berwawasan kebangsaan  dan misi Menyelenggarakan pendidikan formal dan non formal, melaksanakan pengabdian melalui pembinaan keagamaan dan pemberdayaan perekonomian santri dan masyarakat lembaga pendidikan dan sosial kemasyarakatan, Wahid Hasyim kini menjadi institut pendidikan modern dan sosial keagamaan terkemuka di Yogyakarta.

5. PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH

Lokasi : Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM, RW.2, Marangan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Sebagai wujud nyata dari peran serta Muhammadiyah tersebut Warga Muhammadiyah di Kecamatan Prambanan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah Prambanan Klaten telah bekerjasama dengan Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School yang terletak di Desa Bokoharjo Prambanan Sleman DIY dalam pengelolaan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah diwilayah Prambanan Klaten.

Bentuk kerjasama dalam dunia pendidikan ini diwujudkan dalam pengelolaan SMP Muhammadiyah 17 Prambanan Klaten yang dikembangkan menjadi Pondok Pesantren Modern dengan sistem asrama (Boarding School) Sehingga pengelolaan sekolah muhammadiyah ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari MBS Yogyakarta dan yang merupakan cabang kedua dari PPM MBS Yogyakarta yang selanjutnya disebut sebagai MBS 2 Yogyakarta di Prambanan Klaten.

Tahun Pelajaran 2014-2015 menjadi awal bagi MBS 2 Yogyakarta untuk memulai proses pendidikan.

KURIKULUM

MBS 2 menerapkan kurikulum yang sama dengan MBS Pusat dengan memadukan Kurikulum antara Pendidikan Nasional (DIKNAS) dan Kurikulum Pondok Pesantren Modern.

Dengan Kurikulum Diknas dan Pesantren yang terpadu sehingga Mata Pelajaran yang diselenggarakan selama KBM berlangsung mencakup seluruh materi umum dan agama.

6. PONDOK PESANTREN BINA UMAT YOGYA

Lokasi : Setran, Sumberarum, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563

Lembaga pendidikan ini ditopang sistem pendidikan pondok pesantren modern yang mengedepankan nilai-nilai keislaman secara universal. Islamic Boarding School SMP/SMA IT Bina Umat merupakan sekolah menengah Islam Terpadu yang memadukan kurikulum Diknas dengan kurikulum Pesantren Modern. Para siswa/santri diwajibkan tinggal di asrama pondok pesantren selama 24 jam yang dibina oleh guru/ ustadz/ah yang profesionaI & lulusan dari Pesantren/ Perguruan Tinggi terkemuka di dalam maupun luar negeri, yang menjamin berlangsungnya proses p e n d i d i k a n Islam yang ber-dasarkan AI-Qur’an & as-Sunnah melalui implementasi kurikulum & proses belajar mengajar yang terpadu, serta di tunjang dengan lingkungan belajar yang Islami, Tarbawi, Ma’hadi.

7. PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM

Lokasi : Jl. Wonosari, Km. 8, Karangsari, Sendangtirto, Berbah, Gamelan, Sendangtirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

Pondok Pesantren Raudhatus Salaam adalah salah satu dari sekian banyaknya pondok alumni Gontor yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun jenjang pendidikian formal yang telah berjalan saat ini adalah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP Raudhatus Salaam). Kurikulum yang di terapkan pada Pondok Pesantren Raudhatus Salaam adalah kolaborasi dari Trilogi Kurikulum diantaranya adalah kurikulum Kemdikbud/ DIKNAS untuk kegiatan belajar mengajar SMP dalam kelas juga ditambah dengan kurikulum Kulliyatul Muallimiinal Islamiyah (KMI) Gontor dan kurikulum Tahfidz.

Dari trilogi kurikulum yang diterapkan ini kedepannya alumni Pondok Pesantren Raudhatus Salaam di harapkan mampu menjadi kader pemimpin umat yang mampu mengayomi masyarakat dan memberikan jawaban-jawaban dari masalah-masalah kehidupan yang kompleks.

Program Unggulan Pondok Pesantren Raudhatus Salaam antara lain adalah: Mampu berkomunikasi dengan dua bahasa Arab dan Inggris, Tahfidz Qur’an, Pengaplikasian Tekhnologi sebagai sarana dakwah, Mampu memahami ajaran-ajaran Islam dalam konteks kekinian, Mampu mengaplikasikan ajaran Islam dengan confidence dan santun.

8. PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PAKEM

Lokasi : Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 15, Sembung, Purwobinangun, Pakem, Donoharjo, Ngaglik, Sembung, Purwobinangun, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Pendirian pondok pesantren ini bermula dari sebuah masjid sederhana sebagai sarana beribadah masyarakat muslim di Dusun Sembung. Ketika masyarakat merasakan kebutuhan sarana dan prasarana beribadah yang lebih memadahi, maka masjid sederhana tersebut kemudian direnovasi untuk menambah daya tampung jama’ah. Melalui usaha yang kuat dari beberapa tokoh masyarakat Sembung baik yang berada di Jakarta, Surakarta maupun yang berdomisili di Sembung sendiri, maka pada tanggal 17 April 1992, pembangunan dan renovasi Masjid Darul-Hikmah selesai diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Setelah masjid selesai dibangun dan direnovasi kemudian muncul ide bahwa anak-anak usia pra-sekolah dan usia sekolah membutuhkan sarana untuk kegiatan belajar mengajar. Di samping itu, kantor Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Taman Kanak-Kanak (TK) Kuncup Mekar II, Takmir Masjid dan Remaja Masjid Darul-Hikmah (PRIMADHA) serta Koperasi Sendi Mulya, yang berada di sekitar masjid juga perlu diperbaiki tempat kegiatannya.

Oleh karena itu, kemudian Yayasan Darul-Hikmah yang dibentuk bersamaan dengan selesainya pembangunan dan renovasi masjid, membangun satu unit gedung untuk dipergunakan bagi perkantoran yang ada di sekitar masjid tersebut, pembangunan gedung ini selesai pada tahun 1997.

Pada saat itu kegiatan Masjid Darul-Hikmah masih terbatas pada pengelolaan TPA, Majlis Ta’lim dan kegiatan remaja masjid.
b. Periode pembangunan (1996-1998). Pada periode ini Yayasan Darul-Hikmah (YDH) membangun dua buah unit gedung yang dikemudian hari diberi nama Gedung Ibnu Rusydi dan Gedung Ibnu Kholdun.

Sekolah yang pertama didirikan adalah SLTP (1999), disusul kemudian pada tahun 2002 berdiri SDIT dan terakhir SMA-T pada tahun 2003. Sedangkan sistem pendidikan pesantrennya dengan menyelenggarakan kajian-kajian khas pesantren seperti kajian kitab-kitab klasik/kitab kuning dengan metode bandongan, sorogan dan sejenisnya.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbesar Dan Terkenal di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

No comments