4 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Kudus

Kabupaten Kudus adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibu kota kabupaten ini adalah Kota Kudus, terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kota ini berjarak 51 kilometer dari timur Kota Semarang.

Berikut ini tim kami kuwaluhan.com telah merangkum daftar Pondok Pesantren Terbesar dan Terkenal di Kabupaten Kudus Jawa Tengah :

1. PONDOK TAHFIDH YANBU'UL QUR'AN

Lokasi : Jl. KH Moh. Arwani No.24 03/01, Pejaten, Kajeksan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59314

Pondok Tahfidh Yanbu'ul Quran (PTYQ). Memiliki luas sekitar 1,5 hektare, PTYQ berada di Kelurahan Kajeksan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Pendirinya adalah K.H Arwani Amin Said, seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah.

Di pondok pesantren khusus untuk penghafal Alquran tersebut, bisa menyelesaikan hafalan Alquran dalam jangka waktu tiga tahun. Ini lantaran di PTYQ sistemnya sudah ditentukan.

Pondok tersebut juga sudah memiliki 8 cabang berdasarkan pendidikan santrinya dengan lokasi dan pengasuh yang berbeda. Selain pondok dewasa putera dan puteri, ada juga pondok tahfidh untuk anak-anak, remaja hingga yatim piatu.

2. PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH KUDUS

Lokasi : Jl. KHR. Asnawi, Lemah Gunung, RT.01/RW.02, Lemah Gunung, Krandon, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59314

Pondok Pesantren Muhammadiyah kudus memiliki visi : membentuk santri yang faqih dalam Ilmu, mulia dalam akhlaq, dan prima dalam prestasi.

Dengan Visi tersebut kami berkomitmen memberi pelayanan pengajaran yang optimal kepada para santri dengan membekali ilmu umum maupun agama yang disampaikan secara detail, menyeluruh, dan komprehensip. sehingga tidak ada dikotomi untuk keduanya. tujuannya agar para santri dapat memahami secara mendalam (Faqih)  bidang apapun yang telah diajarkan.

Disamping aspek pengajaran, yang tidak kalah penting adalah aspek Akhlak. sehingga menjadi keniscayaan bagi Pondok Pesantren Muhammadiyah kudus untuk membekali ketrampilan akhlak yang mulia sebagai wadah implemantasi dari kedalaman ilmu yang sudah diajarkan, karena Pondok menyadari kedalaman ilmu tanpa di imbangi dengan akhlak akan berpotensi melahirkan manusia yang pintar tetapi tidak bermoral.

Dengan mengkombinasikan dua aspek diatas, diharapkan dalam jangka pendek santri pondok pesantren muhammadiyah kudus akan selalu mengukir prestasi, karena para santri akan siap berkompetisi dengan sepenuh kemampuan,karena sudah terbiasa ditempa. serta bagi santri meraih prestasi adalah implementasi dari Faqih dalam Ilmu dan Mulia dalam akhlaq.

3. PONDOK PESANTREN TAHFIDZ NAHDLATUL QUR'AN LIL BANAT 

Lokasi : Jl. KH. Muhammad Arwani Amin No.12 RT 01/RW 03 Singopadon, Candi Lor, Singocandi, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59314

Pondok pesantren Nahdlatul Banat Lil Ulum berdiri pada tahun 2008 terletak di lokasi Jl.KH Muhammad Arwani Amin no 12 RT 01 RW 03 Singopadon, Kudus. Berangkat 50 meter dari Pondok Pesantren yanbu'ul quran, tepat didepan Pondok Pesantren yanbu'ul quran anak anak. Pendiri dan Pondok Pesantren Nahdlotul Banat lil Ulum adalah Bapak KH Arifin Noor yang berasal dari Kudus dan dan Ibu Nyai Hj. Farchatul Lathifah yang berasal dari Indramayu. Beliau adalah alumni Pondok Pesantren Yanbu'ul Qur'an

Dan telah mengabdi ulang tahun di Pondok Pesantren yanbu'ul qur'an.Sehingga program tahfidz dan metode menghafal Pondok Pesantren Nahdlatul Banat Lil Ulum menggunakan metode yanbu'a.

Pondok Pesantren Nahdlatul Banat Lil Ulum dibuka pada tahun 2008 dengan 30 orang santri dari berbagai daerah, pada 3 tahun pertama Pondok Pesantren Nahdlatul Banat Lil Ulum menggunakan program pendidikan formal, mulai tahun ke 4 (2013) mulai dibuka program tahfidzul qur'an.

Saat ini santri yang berada di Pondok Pesantren memindahkan 280 orang dengan dibimbing oleh 8 orang ustadzah. Mempun yai tiga gedung yaitu; Gedung Maryam yang mana kegiatan utama dan pertama berada di gedung ini. Membantah dari kegiatan berjamaah, mudarasah, barjanzi, dibaiyah, tartilan, dan ngaji ibu.

4. PONDOK PESANTREN AL GHUROBA' KUDUS

Lokasi : Tumpangkrasak, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59349

Pondok Pesantren Tahfidz Putra Al-Ghurobaa’ yang berpusat di dukuh Krasak Kelurahan Tumpangkrasak Jati Kudus mempunyai karakteristik lain dibandingkan dengan pondok pesantren lainnya dalam hal segi aktifitas dalam menghafal Al-Qur’an, meskipun mungkin ada beberapa hal yang hampir sama. Dari beberapa perbedaan segi itulah maka gambaran tentang keadaan di pondok pesantren Tahfidz Putra Al-Ghurobaa’ adalah penting, artinya untuk dapat mengenal bagaimana sebenarnya situasi dan kondisi pondok pesantren Tahfidz Putra Al-Ghurobaa’ tersebut.

Pondok Pesantren Tahfidz Putra Al-Ghurobaa’ merupakan lembaga pendidikan Islam di Kudus yang sebagian besar mendidik dan membina para santri dalam menghafal Al-Qur’an. Pondok pesatren ini telah dirintis oleh KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz pada tahun 1980an dan diresmikan pada tahun 1999 M, beberapa tahun setelah boyong dari nyantri kepada K.H. Muhammad Arwani Amin.

pada mulanya pondok pesantren Tahfidz Putra Al-Ghurobaa’ bernama Nurul Bayyinat karena nama tersebut diatas kurang cocok sebagai sebuah nama pondok pesantren ini, maka di putuskan oleh KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz dengan jalan istikharah dan akhirnya beliau mempunyai satu nama yang cocok dengan pondok pesantren ini nantinya, dengan nama Al-Ghurobaa’. Al-Ghurobaa’ sendiri mempunyai arti yaitu orang mencari ilmu dengan  jalan sembunyi-sembunyi. Pondok pesantren diasuh oleh KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz dengan tulus, sabar dan ikhlas.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik Di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "4 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel