Social Items

Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibukota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar dan terpadat ketiga di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa.

Seiring perkembangannya, kecepatan pertumbuhan penduduk melonjak cukup tinggi sejak lima tahun terakhir.

Dalam segi pendidikan kota Bandarlampung juga mengalami perkembangan pesat, banyak perguruan tinggi terdapat di daerah ini.

Berikut ini adalah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terkenal di Kota Bandarlampung :

1. Universitas Lampung


Lokasi : Jalan Professor Dokter Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35145

Universitas Lampung  disingkat Unila adalah universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Hari jadi Unila ditetapkan pada tanggal 23 September 1965.

Setelah Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) dibentuk, maka didirikanlah Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS). YPPTL ditugasi membina FEHS tersebut dan mengupayakan status negeri. Jalan yang ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya di Palembang.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  7. Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam
  8. Fakultas Kedokteran
  9. Pascasarjana

2. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya


Lokasi : Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.93, Gedong Meneng, Rajabasa, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya (IBI Darmajaya) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.Nama "DARMAJAYA", merupakan akronim dari " Dharma Bhakti dan Jasa Yoenidar Alfian". Kampus Biru IBI Darmajaya dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar, Institut ini berdiri pada 05 Juni 1997 yang dahulu disebut dengan nama STMIK-STIE Darmajaya.

STMIK-STIE Darmajaya mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi INFORMATICS &  BUSSINESS INSTITUTE (IBI) DARMAJAYA melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tanggal 20 Agustus 2008.

Perubahan status ini membuktikan bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan di bidang informatika dan bisnis, dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya Lampung.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Ilmu Komputer
  3. Program Pascasarjana

3. Universitas Teknokrat Lampung


Lokasi : Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.9 -11, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35132

Perguruan Tinggi Teknokrat salah satu perguruan tinggi swasta di Lampung yang berdiri pada Februari 1986 dengan nama awal "Kursus dan Bimbingan Teknokrat". Perguruan Tinggi ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Teknokrat. Teknokrat memiliki moto Disiplin, Bermutu, Kreatif dan Inovatif.

Prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Perguruan Tinggi Teknokrat pada tahun 2014 antara lain menjadi Juara Umum Kontes Robot Indonesia, Juara Nasional Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), Juara Nasional Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (Roboboat), dan Juara Nasional 1 Kontes Robot Seni Indonesia.

Selain itu, Perguruan Tinggi Teknokrat telah menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh predikat The National ICT’s Smartest Campus Award pada tahun 2013.

Prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat pada bidang bahasa di antaranya adalah menjadi Juara Nasional 1 News Casting ALSA ’19 pada tahun 2015 dan menjadi Juara 1 Pidato Bahasa Jepang se-Sumatera pada tahun 2013, 2014, dan 2015. Selain itu, dalam bidang bahasa mahasiswa STBA Teknokrat juga pernah menjadi Juara Asia II Pidato Bahasa Inggris Asean English Olimpic pada tahun 2014.

Prestasi lain yang pernah diraih oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokratadalah berhasil mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Debat Bahasa Inggris Tingkat Dunia di De La Salle University Filipinadan berhasil menjadi Duta Internasional dalam pertukaran Pemuda (Youth exchange Program) dan pada 2012, 2013, dan 2015.

4. Universitas Bandar Lampung

Lokasi : Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

Universitas Bandar Lampung (selanjutnya disingkat UBL) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Lampung yang terletak di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Universitas ini berdiri pada 17 Januari 1984 dan dikelola oleh Yayasan Administrasi Lampung (YAL).


Penanganan proses belajar mengajar di Universitas Bandar Lampung (UBL) dilakukan secara profesional dengan Dosen yang yang berpengalaman dan berkualitas dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3 lulusan perguruan tinggi terkemuka dari dalam dan luar negeri serta didukung oleh sistem akademik yang terpadu dan pengembangan kurikulum yang berbasis teknologi.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ilmu Komputer
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. Pascasarjana

5. Politeknik Negeri Lampung


Lokasi : Jalan Soekarno - Hatta No.10, Rajabasa Raya, Rajabasa, Rajabasa Raya, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA, pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah.

Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Sejak 2 Agustus 2004 Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berubah nama menjadi  Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan rencana pengembangan Politeknik yang di masa datang dimana bidang studi yang di selenggarakan tidak lagi hanya di bidang pertanian.

Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana.

Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

  1. Jurusan Budidaya Tanaman Pangan
  2. Jurusan Tanaman Perkebunan
  3. Fakultas Teknologi Pertanian
  4. Fakultas Peternakan
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

6. Universitas Muhammadiyah Metro Lampung


Lokasi : Jl. Ki Hajar Dewantara No.166 Kota Metro Lampung 34111.

Universitas Muhammadiyah Metromerupakan salah satu universitas swasta di bawah naungan amal usaha Muhammadiyah. Pada mulanya merupakan pengintegrasian dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Muhammadiyah Metro dan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuludin Muhammadiyah Metro.

Pengelolaan Universitas Muhammadiyah Metro dilakukan oleh Badan Penyelenggara Universitas Muhammadiyah Metro, yang dalam pelaksanaannya dibentuk Badan Pelaksana Harian (BPH), sebagai perpanjangan tangan dari Badan Penyelenggara Universitas Muhammadiyah Metro dengan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 30 Maret 1996.

7. Universitas Malahayati Lampung


Lokasi : Jalan Pramuka No.27, Kemiling Permai, Kemiling, Kemiling Permai, Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung 35152

Universitas Malahayati, disingkat UNMAL, adalah sebuah perguruan tinggi atau universitas swasta Indonesia. Universitas Malahayati merupakan lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di kampus utamanya yang berlokasi di Pulau Sumatera, Provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung. Universitas ini didirikan di bawah Yayasan Alih Teknologi tanggal 27 Agustus 1993.

Universitas Malahayati terutama di Fakultas Kedokteran telah bekerja sama dengan Medicine Faculty and Health Sciences of UPM Universiti Putra Malaysia, Malaysia.

Fakultas Di Universitas Malahayati diantaranya :

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  3. Fakultas Ekonomi
  4. Fakultas Teknik

Itulah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di Kota Bandarlampung.

Inilah 7 Universitas (Kampus) Terbaik dan Populer di Kota Bandarlampung

Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibukota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar dan terpadat ketiga di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa.

Seiring perkembangannya, kecepatan pertumbuhan penduduk melonjak cukup tinggi sejak lima tahun terakhir.

Dalam segi pendidikan kota Bandarlampung juga mengalami perkembangan pesat, banyak perguruan tinggi terdapat di daerah ini.

Berikut ini adalah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terkenal di Kota Bandarlampung :

1. Universitas Lampung


Lokasi : Jalan Professor Dokter Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35145

Universitas Lampung  disingkat Unila adalah universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Hari jadi Unila ditetapkan pada tanggal 23 September 1965.

Setelah Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) dibentuk, maka didirikanlah Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS). YPPTL ditugasi membina FEHS tersebut dan mengupayakan status negeri. Jalan yang ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya di Palembang.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  7. Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam
  8. Fakultas Kedokteran
  9. Pascasarjana

2. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya


Lokasi : Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.93, Gedong Meneng, Rajabasa, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya (IBI Darmajaya) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.Nama "DARMAJAYA", merupakan akronim dari " Dharma Bhakti dan Jasa Yoenidar Alfian". Kampus Biru IBI Darmajaya dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar, Institut ini berdiri pada 05 Juni 1997 yang dahulu disebut dengan nama STMIK-STIE Darmajaya.

STMIK-STIE Darmajaya mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi INFORMATICS &  BUSSINESS INSTITUTE (IBI) DARMAJAYA melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tanggal 20 Agustus 2008.

Perubahan status ini membuktikan bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan di bidang informatika dan bisnis, dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya Lampung.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Ilmu Komputer
  3. Program Pascasarjana

3. Universitas Teknokrat Lampung


Lokasi : Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.9 -11, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35132

Perguruan Tinggi Teknokrat salah satu perguruan tinggi swasta di Lampung yang berdiri pada Februari 1986 dengan nama awal "Kursus dan Bimbingan Teknokrat". Perguruan Tinggi ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Teknokrat. Teknokrat memiliki moto Disiplin, Bermutu, Kreatif dan Inovatif.

Prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Perguruan Tinggi Teknokrat pada tahun 2014 antara lain menjadi Juara Umum Kontes Robot Indonesia, Juara Nasional Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), Juara Nasional Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (Roboboat), dan Juara Nasional 1 Kontes Robot Seni Indonesia.

Selain itu, Perguruan Tinggi Teknokrat telah menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh predikat The National ICT’s Smartest Campus Award pada tahun 2013.

Prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat pada bidang bahasa di antaranya adalah menjadi Juara Nasional 1 News Casting ALSA ’19 pada tahun 2015 dan menjadi Juara 1 Pidato Bahasa Jepang se-Sumatera pada tahun 2013, 2014, dan 2015. Selain itu, dalam bidang bahasa mahasiswa STBA Teknokrat juga pernah menjadi Juara Asia II Pidato Bahasa Inggris Asean English Olimpic pada tahun 2014.

Prestasi lain yang pernah diraih oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokratadalah berhasil mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Debat Bahasa Inggris Tingkat Dunia di De La Salle University Filipinadan berhasil menjadi Duta Internasional dalam pertukaran Pemuda (Youth exchange Program) dan pada 2012, 2013, dan 2015.

4. Universitas Bandar Lampung

Lokasi : Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

Universitas Bandar Lampung (selanjutnya disingkat UBL) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Lampung yang terletak di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Universitas ini berdiri pada 17 Januari 1984 dan dikelola oleh Yayasan Administrasi Lampung (YAL).


Penanganan proses belajar mengajar di Universitas Bandar Lampung (UBL) dilakukan secara profesional dengan Dosen yang yang berpengalaman dan berkualitas dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3 lulusan perguruan tinggi terkemuka dari dalam dan luar negeri serta didukung oleh sistem akademik yang terpadu dan pengembangan kurikulum yang berbasis teknologi.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ilmu Komputer
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. Pascasarjana

5. Politeknik Negeri Lampung


Lokasi : Jalan Soekarno - Hatta No.10, Rajabasa Raya, Rajabasa, Rajabasa Raya, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA, pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah.

Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Sejak 2 Agustus 2004 Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berubah nama menjadi  Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan rencana pengembangan Politeknik yang di masa datang dimana bidang studi yang di selenggarakan tidak lagi hanya di bidang pertanian.

Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana.

Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

  1. Jurusan Budidaya Tanaman Pangan
  2. Jurusan Tanaman Perkebunan
  3. Fakultas Teknologi Pertanian
  4. Fakultas Peternakan
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

6. Universitas Muhammadiyah Metro Lampung


Lokasi : Jl. Ki Hajar Dewantara No.166 Kota Metro Lampung 34111.

Universitas Muhammadiyah Metromerupakan salah satu universitas swasta di bawah naungan amal usaha Muhammadiyah. Pada mulanya merupakan pengintegrasian dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Muhammadiyah Metro dan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuludin Muhammadiyah Metro.

Pengelolaan Universitas Muhammadiyah Metro dilakukan oleh Badan Penyelenggara Universitas Muhammadiyah Metro, yang dalam pelaksanaannya dibentuk Badan Pelaksana Harian (BPH), sebagai perpanjangan tangan dari Badan Penyelenggara Universitas Muhammadiyah Metro dengan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 30 Maret 1996.

7. Universitas Malahayati Lampung


Lokasi : Jalan Pramuka No.27, Kemiling Permai, Kemiling, Kemiling Permai, Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung 35152

Universitas Malahayati, disingkat UNMAL, adalah sebuah perguruan tinggi atau universitas swasta Indonesia. Universitas Malahayati merupakan lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di kampus utamanya yang berlokasi di Pulau Sumatera, Provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung. Universitas ini didirikan di bawah Yayasan Alih Teknologi tanggal 27 Agustus 1993.

Universitas Malahayati terutama di Fakultas Kedokteran telah bekerja sama dengan Medicine Faculty and Health Sciences of UPM Universiti Putra Malaysia, Malaysia.

Fakultas Di Universitas Malahayati diantaranya :

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  3. Fakultas Ekonomi
  4. Fakultas Teknik

Itulah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di Kota Bandarlampung.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo