4 Universitas (Kampus) Terbaik dan Terbesar di Provinsi Jambi

Kota Jambi adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Jambi, Indonesia. Kota Jambi dibelah oleh sungai yang bernama Batanghari, kedua kawasan tersebut terhubung oleh jembatan yang bernama jembatan Aur Duri.

Dalam hal pendidikan Kota Jambi mengalami perkembangan cukup banyak. Berikut ini kami merangkum daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Jambi :

1. Universitas Jambi

Lokasi : Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Darat, Jambi Luar Kota, Kota Jambi, Jambi 36122

Universitas Negeri Jambi (disingkat UNJA) adalah perguruan tinggi negeri di Jambi, Indonesia, yang berdiri pada 23 Maret 1963.

UNJA Mendalo, UNJA Mendalo atau Kampus pinang masak adalah kampus utama Universitas Jambi saat ini, yang meliputi areal seluas 100,1 Ha yang tidak saja terdiri dari bangunan / gedung perkantoran atau perkuliahan, melainkan juga kawasan hutan dan kebun-kebun percobaan. Disinilah penyelenggaran  pendidikan semua fakultas pada umumnya dilaksanakan yang dimulai sejak tahun 1986.

Kampus ini merupakan kampus Universitas Jambi yang tertua yang terdiri dari  areal seluas 0,72 Ha dengan bangunan-bangunan tua yang bergaya klasik (peninggalan Belanda).

Program Studi di Universitas Jambi yang terdiri dari 14 (empat belas) Program Studi yaitu :

  1. Pendidikan Ekonomi
  2. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
  3. Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Pendidikan Kimia
  5. Pendidikan Matematika
  6. Ilmu Hukum
  7. Ekonomi 
  8. Pembangunan
  9. Manajemen
  10. AgronomiIlmu Tanah
  11. Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis)
  12. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
  13. Nutrisi dan Makanan Ternak
  14. Produksi Ternak

2. Universitas Batanghari Jambi


Lokasi : Jalan Slamet Riyadi No.01, Broni Jambi Kel. Sei. Putri, Telanaipura, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36122

Universitas Batanghari merupakan universitas yang terletak di propinsi Jambi, Indonesia. Universitas Batanghari sejak awal berdirinya tahun 1985 sampai saat ini dibina oleh dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jambi. Yayasan ini merupakan pengembangan dari Yayasan Pendidikan Jambi yang dulunya membina STKIP Jambi pada tahun 1970 - 1977.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Teknik

3. Universitas Muara Bungo

Lokasi : Jl. Lintas Sumatera Km 6,, Muara Bungo, Kota Jambi, 37215

Universitas Muara Bungo (UMB) adalah perguruan tinggi negeri di Muara Bungo,Kabupaten Bungo, Indonesia, yang berdiri pada 22 Mei 2008, dengan Rektorpertama adalah Dr. Husin Ilyas, SH., MH., dan pada saat ini Universitas Muara Bungo dipimpin oleh Khairun A Roni, SE, MM.

Berdirinya Universitas Muara Bungo tidak terlepas dari diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintahan daerah dalam memberikan kewenangan dan tangung jawab yang besar bagi provinsi dan Kabupaten/Kota. Berangkat dari keinginan luhur itulah, Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Bungo yang pada hakikatnya bertujuan dan dikonsentrasikan untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur lahir bathin.

Fakultas yang terdapat di universitas Muara Bungo diantaranya :

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Pertanian
  3. Fakultas Ekonomi
  4. Fakultas Perikanan
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  6. Fakultas Bahasa

4. STIE Sakti Alam Kerinci

Lokasi :  Jl. Jend. Sudirman, Pelayang Raya, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

STIE Sakti Alam Kerinci adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sakti Alam Kerinci didirikan pada tanggal 10 Agustus 2000  yang disingkat dengan STIE – SAK. Pendirian STIE – SAK dilatarbelakangi perkembangan ekonomi dan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan Ilmu–Ilmu Ekonomi dalam Pembangunan daerah khususnya dan pembangunan Indonesia pada umumnya serta perluasan dari program studi Akademi Administrasi Niaga Sungai Penuh.

Dengan berjalannya waktu organisasi STIE Sakti Alam Kerinci mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas bersama sehingga sistem organisasi STIE Sakti Alam Kerincidan unsur-unsurnya berfungsi sebagai penggerak civitas akademika untuk terus berkarya.

Sejak berdiri pada tahun 2000 sampai dengan sekarang STIE Sakti Alam Kerinci telah menghasilkan sarjana sebanyak 1030 orang, sebagian besar dari lulusan tersebut di terima di instansi pemerintah maupun swasta.

Program Studi diantaranya :

  1. Program Studi Manajemen
  2. Program Studi Ekonomi Pembangunan
  3. Program Studi Akuntansi 

Itulah 4 daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terkenal di Provinsi Jambi.

Belum ada Komentar untuk "4 Universitas (Kampus) Terbaik dan Terbesar di Provinsi Jambi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel