Inilah 6 Perguruan Tinggi (Universitas) Terbesar dan Populer di Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota yang berada di Aceh dan menjadi ibukota Provinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kota Banda Aceh juga merupakan kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara, di mana Kota Banda Aceh merupakan ibu kota dari Kesultanan Aceh.

Dalam hal pendidikan Kota Banda Aceh juga cukup banyak dan maju.
Terbukti dengan banyaknya perguruan tinggi yang berada di kota ini.

Berikut ini kami merangkum daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terkenal di Kota Banda Aceh :

1. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Lokasi : Banda Aceh, Aceh, Indonesia

Universitas Syiah Kuala (disingkat Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri di Banda Aceh, Indonesia, yang berdiri pada 2 September1961. Universitas ini terletak di Banda Aceh, tepatnya di Kota Pelajar dan Mahasiswa (disingkat Kopelma) Darussalam.

Universitas Syiah Kuala, merupakan wujud dari keinginan rakyat Aceh untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Kedokteran Hewan
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Kedokteran Gigi
  9. Fakultas MIPA
  10. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  11. Fakultas Kelautan dan Perikanan

2. Universitas Al Muslim Bireun

Lokasi : Jalan Almuslim, Matangglumpang dua, Paya Cut, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh 24261

Universitas Almuslim merupakan satu-satunya universitas di Kabupaten Bireuen, Aceh. Universitas ini merupakan perubahan bentuk dari Sekolah-sekolah Tinggi dan Akademi dalam lingkup Perguruan Tinggi Almuslim yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STP), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) yang didirikan pada tanggal 14 Zulqaidah 1406 H atau bertepatan dengan tanggal 1 Agustus1985 M. Universitas ini didirikan pada tanggal 15 Januari 2003.

Pada tahun 2009, Universitas Almuslim memiliki 14.681 mahasiswa aktif dan telah meluluskan 6.892 sarjana negara, memiliki 489 orang dosen yang sebagian bergelar Magister dan Doktor, 139 orang tenaga administrasi dan tenaga perbantuan lainnya.

Saat ini terdapat 227 orang dosen yang sedang menyelesaikan studi S2 dan S3 di berbagai universitas dalam dan luar daerah dengan beasiswa BPPS dari Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan beasiswa dari Universitas Almuslim.

Program Studi dan Fakultas diantaranya yaitu :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  4. Fakultas Ilmu Komputer
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Kebidanan

3. Universitas Malikussaleh (Unimal)

Lokasi : Jl. Cot Tengku Nie, Reuleut,Muara Batu,Aceh Utara, Aceh, Indonesia

Universitas Malikussaleh (disingkat UNIMAL) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya sekarang berada di Reuleuet, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Indonesia.

Jumlah Mahasiswa di Universitas Malikussaleh mencapai 14.547 per tahun 2016-2017.

Universitas Malikussaleh didirikan dengan mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama, yang dilandasi pada semangat estafet kepemimpinan dan pembangunan yang telah diletakkannya melalui sifat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya Sultan Malikussaleh.

Program Studi dan Fakultas diantaranya yaitu :

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Pertanian
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. Fakultas Kedokteran

4. Universitas Ubudiyah Indonesia

Lokasi : Jl. Alue Naga, Desa Tibang, Syiah Kuala, Tibang, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

Universitas UBudiyah Indonesia atau yang biasa disebut dengan julukan UII adalah salah satu perguruan tinggi swasta di indonesia yang ada di kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Sejak awal berdiri, Universitas UBudiyah Indonesia selalu memfasilitasi mahasiswanya dengan berbagai kemudahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Terdapat 6 Fakultas dan 16 program studi yang bisa kamu ambil pada universitas tersebut. Untuk akreditasinya, baik institusi maupun program studi semuanya telah mendapatkan akreditasi dari ban-pt, sehingga keberadaannya sah dan legal menurut ketentuan hukum dan undang-undang yang berlaku.

Program Studi dan Fakultas diantaranya yaitu :

  1. Fakultas FKIP
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)
  4. Fakultas Ilmu Komputer
  5. Fakultas Ekonomi
  6. Fakultas Teknik

5. Politeknik Negeri Lhokseumawe

Lokasi : Jl. Banda Aceh-Medan Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh 24301

Politeknik Negeri Lhokseumawe dibangun pada tahun 1985, pada awalnya bernama Politeknik Unsyiah yang merupakan bagian dari Universitas Syiah Kuala. Pada saat awal didirikan Politeknik Unsyiah, yang didanai oleh Bank Dunia XIII, membuka tiga jurusan program Diploma 3 yaitu, jurusan Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Teknik Mesin. Proses penyelenggaraan pendidikan dimulai pada tanggal 5 Oktober 1987.

Politeknik Negeri Lhokseumawe disamping menyelenggarakan pendidikan profesional Diploma 3, lama studi 3 tahun, dengan gelar akademiknya Ahli Madya (A.Md). Dalam rangka pengembangan misinya maka pada tahun 2003 yang lalu, khususnya di jurusan Teknik Sipil telah membuka program D4 (4 tahun) yang setara dengan S 1 sesuai dengan keizinan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 3025/D/T/2002 tanggal 28 Oktober 2002.

Saat ini Politeknik Negeri Lhokseumawe sudah terakreditasi B oleh BAN-PT, dan juga telah meraih sertifikat ISO 2001:2015, serta sudah dapat menyelenggarakan Uji Kompetensi dengan lisensi dari BNSP.

Program Studi diantaranya yaitu :

  1. Jurusan Teknik Elektro
  2. Jurusan Teknik Sipil
  3. Jurusan Informasi dan Komputer
  4. Jurusan Teknik Mesin
  5. Jurusan Teknik kimia
  6. Jurusan Teknik Niaga

6. Universitas Muhammadiyah Aceh


Lokasi : Jalan Muhammadiyah No.91, Batoh, Lueng Bata, Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh

Universitas Muhammadiyah Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta atau kampus unmuha yang telah beridiri sejak 11 Maret 1987.

Hingga saat ini Universitas Muhammadiyah Aceh tetap konsisten untuk membuka mahasiswa baru di jenjang diploma dan sarjana. Terdapat 6 Fakultas yang ada di kampus tersebut, fakultas fakultas itu terdiri dari 11 program studi untuk sarjana dan 2 program diploma 3. Sebagian program studi yang ada sudah mendapatkan akreditasi B, sisanya adalah akreditasi C dan sebagian masih menunggu hasil akreditasi.

Fakultas dan Program Studi diantaranya yaitu :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Agama Islam
  5. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  6. Fakultas Psikologi

Itulah daftar Perguruan Tinggi Terbesar dan Terkenal di Kota Banda Aceh.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Perguruan Tinggi (Universitas) Terbesar dan Populer di Kota Banda Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel