6 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Karawang Jawa Barat

Kabupaten Karawang adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Karawang. Di bidang pendidikan agama, kabupaten Karawang memiliki cukup banyak Pesantren, baik Pondok pesantren modern maupun salafiyah.

Mengambil dari berbagai sumber, tim kami kuwaluhan.com telah merangkum daftar Pondok Pesantren Terbesar Dan Terbaik di Karawang Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN TARBIYATUL WILDAN NIHAYATUL AMAL

Lokasi : Krajan satu, RT.04/RW.tw 08, Sukamerta, Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41382

Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan (PPTWNA)berdiri pada tahun 1992. Dengan latar belakang banyaknya anak Karawang dan Sekitarnya belajar (mondok) Al-Qur’an ke Sidayu Gresik Jawa Timur. Atas saran dan amanat Pengasuh umum Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan, K.H. Muhammad bin Shofwan, “Lebih baik buka cabang saja di Karawang supaya tidak perlu jauh-jauh ke jawa timur lagi” kurang lebih itulah yang diucapkan beliau kepada K.H.Mamduh Mastari yang ketika itu selaku Ketua rombongan ke Gresik dari Karawang.

Dengan bimbingan dan asuhan KH. Ahmad Busyaeri Selaku Pengasuh Umum Pesantren Nihayatul Amal yang ada di desa Sukamerta Rawamerta Karawang, juga sebagai guru dari KH. Mamduh Mastari. Maka, dibangunlah Pondok Pesantren Tk Tarbiyatul Wildan yang diresmikan oleh KH. Abdul Muqsith. Pertama kali hanya Asrama Al-Gozwah yang dibangun dengan tenaga pengajar lulusan langsung dari Sidayu Gresik sebanyak 11 orang dengan 40 santri Pertama.Sampai sekarang, Tarbiyatul Wildan sudah berkembang pesat mulai dari TK, MI, SMP sampai tingkat SMK. Dengan tempat tinggal sebanyak 10 lebih asrama TK, 7 Asrama MI dan 2 Asrama SMP dan 1 Asrama SMK.

2. PONDOK PESANTREN BAITUL BURHAN (SANBABUR)

Lokasi : Lemahduhur, Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41385

Pondok Pesantren Baitul Burhan dibangun pada akhir tahun 1999. Pesantren ini pada awalnya berdiri di tanah seluas 1240 m 2 dan hanya memiliki lima asrama tiga diantaranya asrama putra dan dua asrama putri, satu majlis dan satu rumah kyai yang letaknya diantara asrama putra dan putri. Tipe bangunan yang juga ditemukan di pesantren lain pada umumnya. Namun jika kita biasa menemukan masjid sebagai pusat pendidikan di lingkungan pesantren, tetapi tidak dengan ponpes Baitul Burhan.

Ponpes Baitul Burhan merupakan jenis pesantren salafi yang fokus keilmuannya lebih pada ilmu-ilmu alat. Pola belajarnya pun masih menggunakan pola tradisional khas pesantren salafi seperti bandungan dan sorogan. Kitab-kitab islam klasik kitab kuning dijadikan sebagai sumber utamanya. Secara umum semua jenis keilmuan islam seperti fiqih, ushul fiqih, tauhid, tasawuf, tajwid, dan hadits itu dipelajari. Tetapi ilmu-ilmu yang berkaitan dengan gramatika bahasa Arab seperti nahwu dan sorof itu mendapatkan porsi yang lebih dibandingkan dengan yang lain. Kedepan ponpes Baitul Burhan akan menyelengarakan pendidikan formal tingkat SLTP dan SLTA. Ini dilakukan sebagai upaya pesantren menjawab tantangan zaman.

3. PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM

Lokasi : Jl. Raya Medangasem KM.4, Medangasem, Jayakerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41352

Pondok Modern Nurussalam sebelumnya adalah Pondok Pesantren salaffy yang didirikan oleh KH.Nurdin Bin KH.Abdul Kahfi, didaerah Dsn Babakan Desa Medangasem Jayakerta Karawang lalu Sepeninggalnya KH.Nurdin, Pondok Pesantren Nurussalam di Teruskan oleh Putra KH Nurdin yaitu KH.Ujang Badrudin, M.Pd.I Alumni Cipasung Sebagai Pimpinan Pondok dan Al-Ustad.Dede Haris, S.S Alumni Gontor Sebagai Direktur KMI
pada tahun 1995 sampai dengan sekarang Pondok Pesantren Nurussalam Menjadi Pondok Modern Nurussalam yang menerapkan sistem Pendidikan & Pengajaran Pondok Modern Gontor Jawa timur.

4. PONDOK PESANTREN ANNIHAYAH

Lokasi : Jl. Raya Rawamerta No.1923, Sukamerta, Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41382

Pondok Pesantren ANNIHAYAH lahir, terinspirasi dari kenyataan masih banyak saudara kita yang bernasib kurang beruntung. Maka berdasarkan hal tersebut diatas, kami Keluarga besar Yayasan Annihayah merasa terpanggil untuk dapat membantu dan mengantarkan mereka menuju gerbang cita-cita. Oleh karenanya dengan segala keterbatasan dan pasrah diri kepada Allah, maka berdirilah Pondok Pesantren ANNIHAYAH  pada tahun 2006 M / 1426 M.

Khusus yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan pesantren. Pengasuh memiliki kiat-kiat tersendiri. Obsesinya menjadikan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berpihak kepada rakyat kecil khususnya yatim dan orang-orang tidak mampu.

Oleh karena itu, seluruh pendidikan di pondok pesantren ini diberikan secara cuma-cuma atau gratis tanpa membayar sedikit pun. Pemikiran tentang pendidikan gratis tersebut dilatarbelakangi dua realitas sosial yang terjadi di masyarakat. Pertama, biaya pendidikan yang relatif mahal.

Dan kedua, bagi anak-anak dari golongan tidak mampu yang jumlahnya sangat besar akan sulit menempuh pendidikan yang baik. Sehingga Alhamdulillah seluruh biaya pendidikan, akomodasi dan keperluan santri di tanggung oleh pesantren.

Dalam kurikulum Pesantren dititikberatkan dalam penguasaan Kitab Kuning dengan diperbanyaknya pengkajian Nahwu, Shorof dan Fiqih. Sehingga di programkan anak harus dapat membaca dan memahami kitab kuning minimal 3 tahun. Hal ini sesuai dengan tingkatan kelas yang ada di pesantren ini yaitu : Kelas Ibtidaiyyah, Kelas Tsanawiyah dan Kelas Aliyah.

5. PONDOK PESANTREN AL-MUSHLIH

Lokasi : Jl. Raya Tlk. Jambe No.36, Telukjambe, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361

Pondok Pesantren Al-Mushlih sejak di dirikan 1999 hingga sekarang terus menerus berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan baik ilmu-ilmu agama maupun formalnya. Ini terbukti dengan tersedianya fasilitas-fasilitas pendidikan yang dapat menunjang untuk meningkatkan kualitas dan prestasi para santri Pondok Pesantren Al-Mushlih.

Di bawah pimpinan KH. Nandang Qusyaerie, SH yang merupakan kader sekaligus cucu beliau, dalam perkembangannya Yayasan Al-Mushlih tidak saja menyelenggarakan pendidikan non formal seperti Pondok Pesantren, Majelis Taklim, TPA, Pengajian Anak-anak dan lain-lain, tetapi juga menyelenggarakan pendidikan formal seperti yang saat ini sudah berjalan yaitu SMP Al-Mushlih, serta sekolah umum lainnya mulai dari Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi di masa yang akan datang.

6. PONDOK PESANTREN SUMBER BAROKAH KARAWANG

Lokasi : Jl. Raya Telukjambe No.05, Wadas, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361

Pondok pesantren ini didirikan tahun 1971 atas prakasa K.H. Matrohim, H. Sulaiman, KH. Moch. Mukri, H. Dawud Abusamah, dan H. Fatah.

Penyelenggaraan pengajaran di Pondok Pesantren Sumber Barokah Karawang mengacu pada program kurikulum pengajaran standar pondok pesantren dari Departemen Agama dengan 5 sistem pengajaran ulama shalaf.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Karawang Jawa Barat. Jika ada kesalahan, silahkan berkomentar di kotak komentar.

Belum ada Komentar untuk "6 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Karawang Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel