Inilah 4 Universitas Terbaik, Terpopuler dan Terkenal di Purwokerto Jawa Tengah

Purwokerto dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Pulau Jawa, ini dikarenakan cukup banyaknya jumlah sekolah dan perguruan tinggi di kota ini.

Sebuah kewajaran jika Purwokerto menyandang predikat sebagai kota Pelajar karena memang Purwokerto merupakan kota yang sangat strategis untuk menimba ilmu selain letak geografisnya yang mudah dijangkau dari berbagai kota khususnya di pulau jawa, biaya hidup relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Selain itu juga Purwokerto memang kondusif tergolong untuk belajar jadi tidak heran kalau setiap tahunnya dibanjiri Mahasiswa-mahasiswa pendatang yang datang dari seluruh pelosok Nusantara.

Berikut ini adalah 4 Perguruan Tinggi Terbaik dan Terpopuler di Kota Purwokerto :

1. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN (Unsoed)


Lokasi : Jl. HR Boenyamin 708, Grendeng, Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122

Kampus ini cukup dikenal di Indonesia khusunya di Jawa Tengah terbukti dari mahasiswanya yang tidak hanya berasal dari wilayah Karisidenan Banyumas saja namun menyebar dari berbagai pelosok negeri.

Mengambil nama Jendral besar Soedirman yang berasal dari daerah kampus ini berdiri, untuk mengenang jasa-jasa beliau, dikampus ini juga terdapat monument patung Soedirman sebagai ciri khas kampus ini.

2. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO (UMP)

Lokasi : Jalan Raya Dukuhwaluh, Dukuhwaluh, Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bernama IKIP Muhammadiyah Purwokerto kemudian berevolusi menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terletak di desa Dukuhwaluh, Kembaran, Purwokerto Timur.

Kampus ini mulai sejak berganti nama, perkembanganya begitu pesat, banyak gedung-gedung baru dibangun untuk memenuhi banyaknya antusiasme mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah disini.

Dari tahun ketahun kampus biru ini selalu berkembang tidak hanya mahasiswanya yang banyak tersebar dari beberapa wilayah di Indonesia namun juga jurusan semakin tahun semakin lengkap.

3. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO (IAIN)

Lokasi : Jalan A. Yani No.40-A, Purwanegara, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53127

Kampus ini berdiri pada tanggal 21 Maret 1997, diawali dengan berdirinya IAIN Sunan Kalijaga yang menginduk kepada IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam perkembanganya kampus ini berganti nama menjadi STAIN Purwokerto yang mandiri lepas dari induknya.

Kemudian pada tahun 2014 lewat Peraturan Presiden Nomer 139 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) berubah nama kembali menjadi IAIN. Dengan pengembangan status kelembagaan tersebut IAIN Purwokerto memiliki kewenangan yang lebih luas untuk melakukan pengembangan berbagai disiplin ilmu dalam rumpun Islamic studies.

Sebelum beganti nama menjadi IAIN kampus ini dulu bernama STAIN, bahkan sampai sekarang masih banyak orang yang menyebut kampus ini dengan nama STAIN. Memang pergantian nama ini tergolong masih baru.

4. UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA PURWOKERTO

Lokasi : Jl. Raya Beji Karangsalam No.25, Dusun III, Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152

Universitas Wijayakusuma yang disingkat Unwiku adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di wilayah Kota Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Berdirinya UNWIKU adalah sebagai perwujudan dari cita-cita Yayasan Wijayakusuma yaitu ingin berperan secara aktif melaksanakan Pembangunan Nasional.

Sampai tahun 2008 jumlah alumni UNWIKU adalah sebanyak 12.280 orang yang terdiri dari 10.655 orang jenjang pendidikan S1 dan 625 orang jenjang pendidikan D3.

Itulah 4 daftar Perguruan Tinggi Terbesar dan Terkenal di Purwokerto Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 4 Universitas Terbaik, Terpopuler dan Terkenal di Purwokerto Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel