Daftar 7 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Malang Jawa Timur

Malang merupakan Kabupaten/Kota yang memiliki banyak tempat wisata dan tempat pendidikan yang cukup terkenal. Selain itu di wilayah ini juga terdapat pondok pesantren yang juga tidak kalah dengan pendidikan Umumnya.

Apabila anda ingin mencari pondok pesantren di Malang untuk mendalami ilmu agama, berikut ini kami merangkum daftar pondok pesantren yang berada di Kota/Kabupaten Malang :

1. PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT

Lokasi : Jl. KH Syuhud Zayyadi No.01, Karangsuko, Pagelaran, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174


Pesantren Al-Khoirot berada di Desa Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kab. Malang, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH. Syuhud Zayyadi pada tahun 1963. Kalau dipandang dari usia, pesantren ini masih muda kalau dibandingkan dengan beberapa pesantren lainnya di Malang. Tapi, kualitas pendidikannya tidak bisa diremehkan. Sistem pendidikannya menganut sistem pendidikan salaf murni.

Salaf murni berarti pengajian kitab kuning klasik menggunakan metode sorogan, wetonan serta bandongan. Kini sistem pendidikannya sudah berkembang termasuk pendidikan formanya seperti madrasah diniya, MTS (Madrasah Tsnawiyah) dan juga MA (Madrasah Aliyah. Status pendidikannya itu juga sudah diakui oleh pemerintah Indonesia dan lulusannya bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi manapun baik negeri maupun swasta dan dalam negeri ataupun luar negeri.

2. PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR'AN

Lokasi : Jalan Raya No.107, Pagentan, Singosari, Malang, Jawa Timur 65153


Pondok pesantren terbaik di Malang yang selanjutnya adalah Pesantren Ilmu Al-Qur’an yang berada di Singosari, Malang. Kurang lebih 10 km dari utara kota Malang yang menganut sistem pendidikan semi salaf.

Pendiri pesantren ini adalah KH. Bashori Alwi pada tanggal 1 Mei tahun 1978. Sesuai namanya yaitu PIQ, prioritas pengajarannya ditekankan pada pembahasan Al-Qur’an yang lebih bagus lagi.

Pembelajaran ini berkaitan erat dengan figur KH. Bashori Alwi yang merupakan ahli dalam ilmu tajwid dan intelek Al-Qur’an. Beliau juga mendirikan Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz adalah suatu lembaga pencipta intelektual Al-Qur’an di Indonesia. Dengan adanya PIQ, mampu meningkatkan kepercayaan umat islam dalam pengembangan ilmu-ilmu agama lebih jauh lagi. Sebagai pesantren terbaik di Malang, PIQ mempunyai santri yang tersebar di seluruh Indonesia. Baik Jakarta, Sumatera hingga Irian Jaya.

3. PONDOK PESANTREN DARUL FALAH MALANG

Lokasi :  Jl. Pronoyudo, Dadaprejo, Junrejo, Batu Malang, Jawa Timur 65233


Pondok pesantren Darul Falah didirikan oleh H. Sulaiman Suhardjito dengan Muhammad Syifa'uddin,SS,M.Ag.

Pondok Pesantren Daarul Falah adalah salah satu pesantren yang ada di Kota Wisata Batu Jawa Timur. Pesantren ini dikembangkan dengan sistem kombinatif antara kajian salaf dan modern. Sebagaimana lazimnya sebuah pesantren, pendidikan di PP Darul Falah lebih menekankan pada aspek akhlaq (budi pekerti) dan pengembangan diri (skill individu).

Yang memberikan kemampuan bekal peserta didik untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa serta berakhlakul karimah.
Membina peserta didik agar memiliki pengetahuan, wawsan, pengalaman, dan keterampilan beribadah yang bermanfaat bagi pengembangan pribadinya.

4. PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA GADING MALANG

Lokasi : Jl. Galunggung, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65115

Pesantren Gading Malang (nama awal yang dikenal) didirikan oleh KH. Hasan Munadi pada tahun 1768. Nama Gading yang menjadi trend pondok, karena tempatnya termasuk di kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Nama terakhir (pondok Gading) lebih masyhur dan sepertinya melekat di kalangan masyarakat untuk menyebut pesantren di kota Apel ini.


Sebagaimana pesantren salaf di Indonesia pada umumnya, PPMH dalam mendidik mengarahkan para santri untuk meneladani atau mempraktikkan filosofi kesantriannya.

Kurikulum Madrasah Diniyah Salafiyah Matholiul Huda (MMH) yang berada dalam naungan PPMH mempunyai tiga tingkatan, 1. Ula (Pendidikan Tingkat Dasar) yang membekali santri untuk mempelajari dasar-dasar keislaman, 2. Wustho (Pendidikan Tingkat Menengah) yang menitikberatkan pada pendalaman Ilmu alat (gramatikal Arab sebagai mediasi para santri memahami kitab kuning), 3. Ulya (Pendidikan Tingkat Atas) yang mengarahkan santri untuk menguasai ilmu fikih dan ilmu falak (hisab).

5. PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM

Lokasi : Jl. Durian No.26, Prabon II, Kaumrejo, Ngantang, Malang, Jawa Timur 65392


Pondok Pesantren Bahrul Ulum sangat berbeda dengan pondok pesantren yang lain. Perbedaan yang paling mencolok adalah proses pendiriannya / pembangunannya. Bila Pondok Pesantren lainnya di dirikan dengan mengharap bantuan dari masyarakat, pemerintah bahkan sampai turun ke jalan dengan mengharap iba dari pengendara kendaraan yang lewat, atau bahkan masuk ke kampung - kampung, Pondok Bahrul Ulum di dirikan dengan hasil keringat sendiri oleh pendiri Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

Intinya Pondok Pesantren Bahrul Ulum tidak pernah meminta bantuan apapun ke pada siapapun untuk mendirikan sebuah pondok pesantren akan tetapi bila ada yang memberikan bantuan secara ikhlas tanpa maksud dan tujuan tertentu masih dapat diterima.

Dari berbagai perbedaan yang ada, masih ada persamaan dengan pondok pesantren yang lain. Persamaannya adalah sama - sama mengajarkan Pendidikan Agama Islam yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW dengan berpegang teguh pada kitab suci Al - Qur'an.

6. PONDOK PESANTREN DARUL KAROMAH

Lokasi : Jl.Raya Randu Agung Gg V Singosari Malang


Madrasah Aliyah darul Karomah berdiri mulai tanggal 1 Juli 1993, awal terbentuknya Madrasah Aliyah Darul Karomah adalah permintaan dari orang tua/wali murid MTs Darul Karomah yang menginginginkan anaknya bisa melanjutkan pendidikan di Randuagung, karena mengingat siswa MTs Darul Karomah mayoritas dari Randuagung dan rata-rata ekonomi wali murid menengah kebawah, serta merupakan cita-cita dari pengurus Yayasan Pendidikan Almaarif Randuagung  untuk mendirikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari MTs.

Pada mulanya MA Darul Karomah menginduk ke MA Almaarif Singosari, setahun setelah berdiri Alhamdulillah MA Darul Karomah dapat berdiri sendiri tepatnya 1 Juli 1994.

7. PONDOK PESANTREN SALAFIYAH BIHAARU BAHRI ASALI FADLAAILIR RAHMAH

Lokasi : Jln. KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No.10, RT 07 / RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang


Rintisan Ponpes Bi Ba’a Fadlrah ini dimulai pada 1963 oleh Romo Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kyai Ahmad.

Ponpes ini dibangun sejak tahun 1978 di areal seluas 4 hektare, dan kira-kira baru 1,5 hektare dari luas tanah itu yang digunakan untuk bangunan utamanya. Arsitektur bangunannya sangat menawan. Sangat serius. Ini terlihat di setiap detail ornamennya. Benar-benar tak disangka, jika di sebuah desa kecil Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang berdiri sebuah bangunan yang arsitekturnya yang bisa membuat hati berdecak kagum.

Begitu datang ke sini, pengunjung akan disambut oleh sebuah wahana demi wahana, dari melangkahkan kaki untuk pertama kalinya di dalam bangunan pondok pesantren ini, sampai keluar. Dari tingkat pertama sampai dengan tingkatnya yang ke sepuluh.

Itulah daftar pondok pesantren yang berada di wilayah Malang Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 7 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Malang Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel