Daftar 11 Universitas Terbaik dan Terbesar di Jawa Timur Indonesia

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan kualitas penddikan terbaik. Di propinsi ini terdapat banyak perguruan tinggi yang sudah ada, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Berikut adalah daftar Universitas Terbaik dan Terpopuler di Jawa Timur :

1. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)

Lokasi : Jalan Veteran, Ketawanggede, Lowokwaru, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145


Universitas Brawijaya berada di Jalan Veteran, Malang, Brawijaya sudah berada di dunia pendidikan Universitas sejak tahun 1963. Hingga tahun 2015 ini, terdapat total 15 Fakultas dengan 1 program pendidikan vokasi serta 1 program pascasarjana. Untuk program studinya, ada total 143 memulai dari Diploma 3 sampai ke Profesi.

Kampus ini sangat besar dan luas, dan menggunakan lahan sebesar lebih dari 2 juta meter persegi. Tidak heran jika Brawijaya mampu menampung lebih dari 59ribu mahasiswa secara total setiap tahunan. Brawijaya juga menjalin kerjasama dengan berbagai universitas seperti Curtin University of Technology dan Hohenheim University.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Lokasi : Jl. Airlangga No. 4 - 6, Kota Surabaya, Jawa Timur 60115


Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan kampus kebanggan orang surabaya. Universitas Airlangga cukup dikenal dengan jurusan kedokterannya yang paling baik di Surabaya. Didirikan pada hari pahlawan, yaitu tggl 10 November, UNAIR sudah memainkan 61 tahun hingga sekarang.

Hingga tahun 2015, UNAIR telah memiliki 13 fakultas dan 3 cabang di Surabaya, yaitu di Jalan Prof.Dr. Moestopo, Dharmawangsa, dan Mulyorejo. Tidak hanya di Surabaya saja, termasuk pula UNAIR di Banyuwangi, satu gedung dengan SMAN 1 Giri, juga di Jakarta, pada Graha STR Kemang.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Lokasi : Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111


Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berada di 3 daerah, yaitu Sukolilo, Manyar, dan Cokroaminoto yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Secara total, jumlah mahasiswa baru di ITS mencapai lebih dari 18,500 orang setiap tahunan. Ini jumlah yang tidak mengherankan, dilihat dari sejarah yang sudah ada sejak tahun 1957.

Pada awal berdiir, hanya tersedia dua jurusan utama, yaitu Teknik Sipil dan Teknik Mesin yang masih tersohor hingga saat ini. Sekarang, sudah ada 5 fakultas secara keseluruhan, dan tersedia program Doktoral, Program D3, Program D4, Sarjana (S1) serta Pascasarjana (S2). ITS memang terus berkembang setiap tahunnya, dan merupakan salah satu kampus terbaik di Surabaya dan Jawa Timur.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Lokasi : Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145


Universitas Negeri Malang telah berdiri sejak tahun 1954, UM bertempat di 2 kota, yaitu Malang dan Blitar. Universitas Negeri Malang merupakan kampus eks IKIP dan sekarang berubah menjadi Univesitas.
Pada awal Universitas ini berdiri, UM mendapat banyak bantuan dari lembaga pendidikan Ford Foundation untuk fasilitas laboratorium, dengan buku-buku. Pemilik pabrik rook Bentoel pun ikut dan memberikan bantuan pada waktu itu. Total, ada 8 fakultas untuk pendidikan Sarjana (S1) dan 1 program Pascasarjana (S2) disini.

5. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Lokasi : Jalan Bendungan Sutami No.188, Sumbersari, Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145


Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada di jalan Raya Tlogomas, Malang, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah berdiri sejak tahun 1964 dan berada dibawah naungan organisasi Muhammadiyah. Pencetus utama dari Universitas ini adalah para petinggi di Muhammadiyah Malang. UMM adalah salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur.

Ada 2 lokasi lain di Raya Tlogomas, yaitu di Bendungan Sutami dan jalan Bandung.
Universitas yang rata-rata setiap jurusannya telah terakreditasi A BAN-PT ini memiliki program Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), Doktoral (S3) dan Pendidikan Profesi. Dll, tersedia aneka pilihan sangat luas jika dimasukkan ke dalam Universitas ini. Tinggal lihat saja satu per satu jurusan mana yang paling menarik hatimu.

6. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Lokasi : Jl. Siwalankerto No.121-131, Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60236

Universitas Kristen Petra (UK Petra) terletak di ujung kota Surabaya dan hampir di luar kota. Universitas Kristen Petra (UK Petra) adalah kampus swasta yang sudah tersohor namanya sejak tahun 1951. Awalnya, mereka hanya menyediakan fasilitas pendidikan untuk kanak-kanak hingga SMA. Kemudian, pada tahun 1961 Universitas Kristen Petra pun tercetus dengan Fakultas Sastra sebagai fakultas pertama.


Sekarang, UK Petra sudah berkembang dan berusaha menjadi Universitas Global melalui kerjasama dengan berbagai universitas, serta mengirim para mahasiswanya untuk melakukan pertukaran pelajar keluar negeri dan program gelar ganda. Bagi mahasiswa yang menginginkan program pascasarjana (S2) juga tersedia, loh!

7. Universitas Negeri Jember (UNEJ)

Lokasi : Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121

Universitas Negeri Jember bertempat di antara perkebunan dan di antara Kawah Ijen dan Gunung Bromo, Kedilau di sini sejuk, dan sangat dekat dengan alam. Dengan motonya yaitu A Step Ahead to An Outstanding University, Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1957. Secara keseluruhan, ada 13 fakultas yang ditawarkan oleh UNEJ.

8. Universitas Narotama Surabaya

Lokasi : Jl. Arif Rahman Hakim No.51, Klampis Ngasem, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60117


Meskipun tergolong universitas baru, yaitu 34 tahun, namun fakultas ini didirikan oleh sekelompok Dosen-dosen dari Universitas tersohor seperti UNAIR, ITS, dan beberapa mantan Walikota Madya didirikan Universitas ini dengan tujuan mulia, yaitu bagi para siswa SMA yang tidak tertampung di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Surabaya.

Berlokasi di daerah Arief Rahman Hakim, hingga saat ini terdapat total 8 program studi utama yang ditawarkan oleh Universitas Narotama, serta tersedia pula program Pascasarjana (S2) di Universitas yang disingkat dengan UNNAR tersebut.

9. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Lokasi : Kampus Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Ketintang, Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60231

Berbeda dengan Universitas Surabaya yang disingkat UBAYA, Universitas Negeri Surabaya biasa disingkat dengan gelar UNESA. Merupakan Universitas milik pemerintah, UNESA telah mengibarkan bendera pendidikan di Surabaya sejak tahun1964.Terdapat 7 fakultas utama di Universitas ini, dari Ilmu Pendidikan sampai ke Ilmu Keolahragaan. Dua jurusan ini sangat jarang ditemui loh di Universitas lainnya, apalagi di Universitas swasta.

10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Lokasi : Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Gn. Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur 60294


Universitas Pembangunan Nasional Veteran lbih akrab bernama UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Pembangunan Nasional Veteran telah berdiri sejak tahun 1959 dengan nama Akademi Administrasi Perusahaan Veteran Cabang Surabaya. Setelah tahun-tahun berlalu dan berkembang banyak dilkaukan, pada tahun 1977 nama UPN pun dicetuskan.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran terkenal atas reputasinya yang menjunjung tinggi Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, UPN juga banyak menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintahan baik pemerintahan. Jadi, peluang kerja, beasiswa, dan program pendidikan tersedia luas untukmu. Tak hanya tersedia pendidikan Strata 1 (S1) saja, namun kamu bisa mengambil program S2 atau pascasarjana disini.


11. Universitas Surabaya (UBAYA)

Lokasi : Jl. Raya Kali Rungkut, Kali Rungkut, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur 60293


Universitas Surabaya biasa disingkat UBAYA ini memiliki 3 cabang di Ngagel, Rungkut, serta Trawas dengan pusatnya yaitu di Ngagel. Prestasi nggak perlu diragukan lagi, tahan saat UBAYA masuk dalam daftar 50 Universitas yang Menjanjikan Indonesia.

Sebagai kampus penerus Universitas Trisakti Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 1968, UBAYA memiliki berbagai mitra Universitas Luar Negeri. Contohnya saja, mahasiswa di Fakultas Ekonomi bisa menikmati program double degree atau pertukaran pelajar selama 1-2 semester di berbagai Universitas seperti Guangxi University di China, bahkan sampai Harvard University di AS.

Itulah daftar kampus Terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur Indonesia saat ini.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 11 Universitas Terbaik dan Terbesar di Jawa Timur Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel