6 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Kota Cirebon Jawa Barat

Kota Cirebon merupakan kota yang berada di provinsi Jawa Barat. Di kota ini terdapat banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang sudah tidak diragukan lagi.
Ada beberapa Universitas di Cirebon yang cukup terkenal dan populer bagi masyarakat setempat dan juga dari luar kota.

Berikut ini kami merangkum 6 daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terpopuler di Kota Cirebon yang perlu anda ketahui :

1. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (UNSWAGATI)

Lokasi : Jl.Pemuda No 32 Cirebon 45132


Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) didirikan pada tanggal 16 Januari 1961 dengan tujuan membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi.

Di bawah Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, UNSWAGATI terus mengalami perkembangan yang cukup berarti. Sampai dengan wisuda periode April tahun akademik 2007/2008, UNSWAGATI telah meluluskan 2.794 Program Diploma III/Sarjana Muda, dan 10.400 sarjana dari 12 (dua belas) program studi sarjana (S1) dan 3 (tiga) program Pascasarjana yang ada di lingkungan Unswagati, yaitu Fakultas Hukum: Program Studi Ilmu Hukum. Fakultas Ekonomi: Program Studi Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan, Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi. Fakultas Pertanian: Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis. Fakultas Teknik: Program Studi Teknik Sipil.

Hingga pada tahun 2014 Unswagati telah memiliki gedung baru yang berada di Kampus Utama Unswagati dengan 10 kelas, dan gedung Tunas Gunung Jati atau Kampus IV Unswagati (di belakang Kampus II Unswagati) yang memiliki tiga lantai untuk 6 kelas untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Program Studi di Universitas Swadaya Gunung Jati diantaranya :

- Fakultas Kedokteran
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Hukum
- Fakultas Pertanian
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Sosial dan Politik
- Fakultas Teknik

2. Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)

Lokasi : Jl.Tuparev ,No 70, Cirebon, 45153


Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. UMC didirikan pada 28 September 2000 dan dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon.

UMC didirikan sebagai perwujudan idealisme dan komitmen warga Muhammadiyah Cirebon untuk terus beramal shaleh, khususnya dalam bidang peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Gagasan pendirian PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) di Cirebontelah ada sejak 1962 dengan dibukanya FKIP Hukum dan FKIP Ekonomi.

Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia yang ada pada saat itu penyelenggaraan pendidikan tersebut tidak dapat dilanjutkan.

Di UMC memiliki 5 fakultas, diantaranya yaitu:

- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Kesehatan
- Fakultas Teknik
- Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

3. Universitas 17 Agustus (UNTAG 1945) Cirebon

Lokasi : Jl.Perjuangan No 17 Cirebon 45132


Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon atau yang biasa disingkat UNTAG Cirebon adalah sebuah perguruan tinggi Swasta yang terletak di Kota Cirebon Jawa Barat.

Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Cirebon didirikan pada tanggal 2 September1962, sebagai Cabang UNTAG Jakarta. Berdirinya UNTAG Cirebon tidak terlepas dari perjuangan tokoh-tokoh yang semula mendirikan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Cirebon pada tahun 1961 yang dipimpin oleh D. Usman Imam sebagai Direktur APP Cirebon merupakan cabang dari APP Bandung.

Saat ini, UNTAG Cirebon telah memiliki srana dan prasarana kampus yang representatif ditunjang oleh tenaga dosen yang cukup memadai.

Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon mempunyai 7 (tujuh) Fakultas, diantaranya yaitu :

- Fakultas Pascasarjana
- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
- Fakultas Hukum
- Fakultas Teknik
- Fakultas Kelautan dan Perikanan
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

4. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon

Lokasi : Jl.Sisimangaraja No 33 Cirebon 45123


Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon (UNU Cirebon) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. UNU Cirebon mempunyai izin Dikti nomor 200/E/O/2011 tanggal 16 September 2011.

Yayasan Cahaya Putra Bangsa Cirebon memiliki keterlibatan dalam pendirian sebuah perguruan tinggi yaitu UNU Cirebon. Pendirian perguruan tinggi di wilayah Cirebon merupakan hal yang pertama yang dilakukan oleh unsur Nahdlatul Ulama.

Oleh karena itu pendirian ini akan menjadi awal kebangkitan kaum nahdliyyin di wilayah tersebut dan akan menjadi center of excellent untuk pembinaan umat dengan profesionalisme yang tinggi yang akan mencakup Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Majalengka.

Ada 6 Fakultas di UNU Cirebon, diantaranya adalah :

- Fakultas Agama Islam
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Ilmu Komputer
- Fakultas Hukum
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan

5. Institut Agama Islam Negeri Cirebon (IAIN) Syekh Nurjati

Lokasi : Jl.Perjuangan No  ByPass Cirebon 45132


Institut Agama Islam Negeri IAIN Syekh Nurjati atau IAIN Syekh Nurjati sebelumnya bernama STAIN Cirebon adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Cirebon. IAIN Cirebon diberi nama Syekh Nurjatidikenal Syekh Datuk Kahfi, adalah tokoh perintis dakwah Islam di wilayah Cirebon.

Pada tanggal 12 Agustus 1965, salah satu dari tiga fakultas di lingkungan UNISHA, yaitu Fakultas Agama dinegerikan dan diresmikan menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN “Al-Jamiah” Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon. Sedangkan dua fakultas lainnya, yakni Fakultas Hukum dan Ekonomi menjadi cabang dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Atas dasar itulah maka tanggal 12 Agustus 1965 dijadikan sebagai hari jadi IAIN Cirebon.

Dalam perkembangan berikutnya, IAIN sempat membuka Fakultas Ushuluddin yang diresmikan pada tahun 1967, namun karena kebijakan pemerintah menghendaki adanya rasionalisasi, pada tahun 1974 fakultas tersebut ditutup kembali. Kemudian sejalan dengan kebijakan itu pula, pada tanggal 15 Maret 1976 Fakultas Tarbiyah IAIN Cirebon dialihkan pembinaannya ke IAIN Sunan Gunung Djati Bandung sampai akhirnya beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon pada tahun 1997, sesuai dengan keputusan Presiden Nomor : 11/1997 tanggal 21 Maret 1997.

Meskipun alih status dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung Cirebon terjadi pada tanggal 21 Maret 1997, tetapi kelahiran STAIN Cirebon ditetapkan tanggal 12 Agustus 1965, dihitung sejak diresmikannya Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon (STTC)

Lokasi : Jl.Perjuangan No 8 Cirebon 45132


Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon (STTC) adalah sebuah perguruan tinggi di Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.

Pada tahun 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberi kepercayaan penuh kepada Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon untuk menyelenggarakan program studi Teknik Informatika strata 1 dengan menerbitkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.082/P/2014.

Faktor keterbatasan tenaga kerja maupun profesi di bidang teknik informatika yang memiliki kompetensi sesuai dengan pesatnya perkembangan teknologi menjadi landasan Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon untuk berkomitmen menjadi institusi penghasil sumber daya manusia unggul di bidang teknik.

Itulah Daftar Kampus Terbaik dan Terpopuler di Kota Cirebon Jawa Barat.

Belum ada Komentar untuk "6 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Kota Cirebon Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel