6 Perguruan Tinggi (Universitas) Terbaik dan Terkenal di Pontianak Kalimantan Barat

Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa.

Selain itu, Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadaikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi.

Dalam segi Pendidikan, di Wilayah Pontianak juga mengalami banyak perkembangan. Terbukti dengan banyaknya perguruan tinggi Negeri maupun Swasta yang berada di kota ini.

Berikut ini adalah daftar Perguruan Tinggi Terbesar dan Populer di Pontianak Kalimantan Barat :

1. Universitas Tanjungpura Pontianak

Lokasi : Jl. Profesor Dokter H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115

Universitas Tanjungpura atau disingkat (Untan) merupakan universitas negeri di kota Pontianak, Indonesia. Lokasi kampus UNTAN berada di kota Pontianak dan dengan mudah dapat dikenali dari adanya Tugu Digulis yang berada di muka kampus. Tugu Digulis ini dikenal juga sebagai Bundaran UNTAN.

Universitas Tanjungpura Pontianak didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta pada awalnya. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963.

Universitas Tanjungpura Saat ini memiliki sekitar 30.687 mahasiswa dan 3641 lulusan dari 63 jurusan sarjana dan 22 jurusan pascasarjana. Universitas Tanjungpura (UNTAN) Juga memiliki program Diploma dan Internasional.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

- Fakultas Kedokteran
- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- Fakultas Kehutanan
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
- Fakultas Teknik
- Fakultas Pertanian
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Hukum

2. Politeknik Negeri Pontianak

Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124

Politeknik Negeri Pontianak adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) merupakan sistem Pendidikan tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi.

Secara umum, sistem pendidikan Politeknik mempunyai ciri adalah sebagai berikut :


  1. Pendidikan tinggi yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi.
  2.  Pendidikan profesional yang menekankan pembentukan kompetensi untuk menangani pekerjaan teknologi menurut praktik baku
  3. Pengajaran teori dan praktik diselenggarakan untuk saling memperkuat kemampuan penalaran dan ketrampilan menangani masalah praktis. Pengajaran teori menekankan pada pengkaitan konsep dasar dengan kasus nyata secara langsung melalui metode pemecahan secara praktis, dengan pengajaran praktik menekankan pada kemahiran mengintegrasikan teori dengan penanganan proses nyata untuk menghasilkan produk jadi.

Program Studi diantaranya yaitu :

- Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan
- Jurusan Teknik Mesin
- Jurusan Teknik Elektro
- Jurusan Akuntansi
- Jurusan Administrasi Bisnis
- Jurusan Teknologi Pertanian
- Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan
- Jurusan Teknik Arsitektur

3. Universitas Muhammadiyah Pontianak


Lokasi :  Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bangka Belitung Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78123

Universitas Muhammadiyah Pontianak atau disingkat UM. Pontianak merupakan universitas swasta di kota Pontianak, Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Pontianak memiliki kerjasama dengan beberapa universitas dalam luar negeri di berbagai bidang seperti akademik, penelitian dan beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Program Studi dan Fakultas diantaranya yaitu :

- Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan
- Fakultas Teknik

4. Universitas Panca Bhakti Pontianak

Lokasi :  Jl. Komyos Sudarso No.1, Sungai Beliung, Pontianak Bar., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244

Universitas Panca Bhakti, disingkat UPB, adalah universitas swasta yang kampusnya terletak di Jalan Komodor Yos Soedarso, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
Universitas Panca Bhakti (UPB) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Pontianak yang resmi berdiri pada tahun 1983.

Universitas Panca Bhakti pada awalnya merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Tinggi dan Akademi yang dibentuk oleh Yayasan Panca Bhakti Pontianak, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) tahun 1979, STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) dan STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Teknik) tahun 1981 dan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian) tahun 1982. Universitas Panca Bhakti merupakan universitas swasta terbaik di Pontianak.

Program Studi dan Fakultas diantaranya adalah :

- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Hukum
- Fakultas Pertanian
- Fakultas Teknik

5. STIE Boedi Oetomo Pontianak

Lokasi : Jl. Ampera No.GG 1-2, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Boedi Oetomo Pontianak, adalah perguruan tinggi swasta di Pontianak, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1986.

STIE Boedi Oetomo Pontianak berada dibawah naungan Yayasan Boedi Oetomo Pontianak KALBAR. Yayasan Boedi Oetomo telah resmi mendapatkan legalitas dari Kemenkumham sejak tahun 2012.

STIE Boedi Oetomo Pontianak sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi di Kalbar, juga selalu aktif dalam pengembangan sumberdaya manusia baik pada skala nasional dan regional.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Boedi Oetomo Pontianak memiliki 2 jurusan, yaitu:

1. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
2. Jurusan Manajemen.

6. STMIK Pontianak

Lokasi : Jl. Merdeka Barat No.374, Tengah, Pontianak Kota, Tengah, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pontianak yang lazim disingkat dengan "STMIK Pontianak", yang didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Harapan Bersama pada tahun 1991.

STMIK Pontianak telah berhasil meraih peringkat AKREDITASI INSTITUSI oleh BAN-PT dengan nilai B sesuai dengan 072/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015.

Sampai dengan waktu ini STMIK Pontianak menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika dengan program studi Manajemen Informatika untuk jenjang D III yang telah terakreditasi no. 022/BAN-Pt/Ak-VII/Dpl-III/XI/2011 dan program studi Sistem Informasi untuk jenjang S1 yang telah terakreditasi no. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 dan jurusan Teknik Informatika untuk jenjang S1 juga telah terakreditasi tahun 2015 lalu dengan nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 dengan Predikat B (Sangat Baik) .

Program Studi dan Jurusan diantaranya yaitu :

- Jurusan Manajemen Informatika,
- Jurusan Sistem Informasi
-  Jurusan Teknik Informatika

Itulah beberapa daftar Universitas Terbaik dan Populer di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Belum ada Komentar untuk "6 Perguruan Tinggi (Universitas) Terbaik dan Terkenal di Pontianak Kalimantan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel