5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kabupaten Tuban Jawa Timur

Kabupaten Tuban adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Sistem pendidikan di Tuban tahun-tahun ini mengalami perkembangan yang cukup banyak.

Salah satunya sistem pendidikan di Pondok Pesantren yang juga sangat terkenal, jika anda ingin mendalami ilmu agama di Tuban, berikut kami merangkum daftar pondok pesantren Terbesar yang berada di wilayah Tuban :

1. PONDOK PESANTREN LANGITAN

Lokasi : Jl. Raya Widang Km. 30, Babat, Widang, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62383


Lembaga pendidikan ini dahulunya adalah hanya sebuah surau kecil tempat pendiri Pondok Pesantren Langitan, KH. Muhammad Nur mengajarkan ilmunya dan menggembleng keluarga dan tetangga dekat untuk meneruskan perjuangan dalam mengusir kompeni (penjajah) dari tanah Jawa.

KH. Muhammad Nur mengasuh pondok ini kira-kira selama 18 tahun (1852-1870 M), kepengasuhan pondok pesantren selanjutnya dipegang oleh putranya, KH. Ahmad Sholeh. Setelah kira-kira 32 tahun mengasuh pondok pesantren Langitan (1870-1902 M.) akhirnya dia wafat dan kepengasuhan selanjutnya diteruskan oleh putra menantu, KH. Muhammad Khozin. Ia sendiri mengasuhpondok ini selama 19 tahun (1902-1921 M.).

Setelah dia wafat matarantai kepengasuhan dilanjutkan oleh menantunya, KH. Abdul Hadi Zahid selama kurang lebih 50 tahun (1921-1971 M.), dan seterusnya kepengasuhan dipercayakan kepada adik kandungnya yaitu KH. Ahmad Marzuqi Zahid yang mengasuh pondok ini selama 29 tahun (1971-2000 M.) dan keponakan dia, KH. Abdulloh Faqih.

Perjalanan Pondok Pesantren Langitan dari periode ke periode selanjutnya senantiasa memperlihatkan peningkatan yang dinamis dan signifikan namun perkembangannya terjadi secara gradual dan kondisional.

Bermula dari masa KH. Muhammad Nur yang merupakan sebuah fase perintisan, lalu diteruskan masa KH. Ahmad Sholeh dan KH. Muhammad Khozin yang dapat dikategorikan periode perkembangan. Kemudian berlanjut pada kepengasuhan KH. Abdul Hadi Zahid, KH. Ahmad Marzuqi Zahid dan KH. Abdulloh Faqih yang tidak lain adalah fase Pembaruan.

2. PONDOK PESANTREN MODERN 4 BAHASA AL MUHIBBIN

Lokasi : Jalan Stasiun, Klagon, Wotsogo, Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62362


Pondok Pesantren ini didirikan oleh Ustadzah yang bernama Nuzulir Rohmah. Sebelum mendirikan Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin, Ustadzah Nuzulir Rahmah adalah seorang guru yang mengajar di sekolah formal yaitu MTs Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo Dengan Materi SKI.

Akan tetapi di luar pelajaran Ustadzah Nuzulir Rahmah juga menganjurkan anak-anak untuk belajar bahasa arab dan bahasa inggris karena mengingat keadaan zaman seperti ini  yang memang bahasa Arab dan Inggris itu sudah menjadi kebutuhan untuk masyarakan sekarang ini agar dapat mengikuti perubahan zaman yang semakin global dan tidak tertinggal dengan negara lain.

Ahirnya pendapat Ustadzah untuk belajar bahasa Arab, Inggris, Mandarin Dan jepang disambut dengan antusias oleh anak-anak dan kegiatan tersebut dilaksanakan di kediaman Ustadzah Nuzulir Rahmah.

Awalnya yang menetap di kediaman Ustadzah hanyalah sekitar enam anak putra putri. Dan dari situlah, istilah jawabnya “gethok tular” dari enam anak menjadi seratus enam puluh lima santri yang terdiri dari enam puluh enam santri putri dan sembilan puluh sembilan santri putra. Dan berawal dari keadaan itulah pondok pesantren modern 4 bahasa al muhibbin ini berdiri tepatnya tanggal 21 April 2006.

3. PONDOK PESANTREN  TARBIYATUL THULLAB TUBAN

Lokasi : Desa Sumurcinde,
Kecamatan Soko,
Kabupaten Tuban
, Jawa Timur 62372

Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatut Thullab didirikan oleh  K. Suyono Anshori pada tahun 1997 dan terletak di Ds. Sumurcinde, Soko, Tuban. Sebagai salah satu wujud wahana penggalangan partisipasi masyarakat dalam keikutsertaannya sebagai tanggung jawab bersama antara masyarakat, orang tua didik dan Pemerintah merasa ikut terpanggil secara tulus ikhlas dalam mengemban kelangsungan pembinaan, pengembangan dan peningkatan dunia pendidikan khususnya di kabupaten tuban, sehingga Amanat Garis-Garis Besar Haluan Negara khususnya di bidang pendidikan dapat terwujud dengan sebaik-baiknya.


Yayasan Pon-Pes Tarbiyatut Thullab yang letaknya di sebelah utara daerah kecamatan Soko atau lebih tepatnya perbatasan antara kecamatan soko dan kecamatan Rengel.

Ketua Yayasan Ponpes Tarbiyatut Thullab K. SUYONO ANSHORI,  serta tokoh – tokoh yang lain diantaranya Ust. ALIM SUDARMONO, Ust. M. NIL`AM, ABDUL JALIL, S. Pd, Drs. ANWAR AGUS SALIM, M. Pd. I, MASLAN dan Drs. SAHLAN beriktiqad untuk menampung persoalan bangsa dan melaksanakan program pemerintah wajib belajar pendidikan 9 tahun.

4. PONDOK PESANTREN HIDAYATUS SALAM

Lokasi : Jalan Kaligede, RT.03/RW.01, Dusun Mawot, Sugiharjo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62319


Tujuan Khusus Bagi orang yang ingin tholabul ilmi dan mencari Barokah .. Ponpes Hidayatus Salam adalah suatu tempat yang sederhana akan tetapi dapat Meluruskan akhlaq akhlaq generasi muda mudi yang suatu saat dibutuhkan bangsa dan agama. Dan juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada sg Khooliq Allah azza wa jalla.

Disini juga dibekali oleh kitab2 kuning Karangan para auliya' dan ulama' zaman dahulu kala, berbagai ilmu nahwu, shorof, fiqh, ushul fiqh, tauhid, akhlaq, tajwid dll akan diajarkan oleh ustadz ustadzah yang telah terlatih dan mereka dulunya juga alumni pondok2 pesantren salaf yg cukup terkenal di indonesia.

5. PONDOK PESANTREN ANNIHAYAH

Lokasi : Dusun Sumbermulyo, Margomulyo, Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62356


Pondok Pesantren An Nihayah adalah sebuah Pesantren yang berdiri tahun 2008, yang lokasinya terletak di Desa Margomulyo Kec. Kerek Kab. Tuban Provinsi Jawa Timur Indonesia. Pesantren ini didirikan oleh salah satu santri yang juga sepupu dari Hadrotus Syaikh KH. Abdul Matin , SH. Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Bejagung Tuban, yaitu Ustadz Muh. Ali Mansur, S.Pd.I.

Dengan lokasinya di Desa Margomulyo ( Margo : Jalan dan Mulyo : Mulia ) Pimpinan Pesantren ini berharap kelak Pesantren ini benar-benar dapat mengantarkan para santri menuju jalan kemuliaan yang diridloi Allah SWT.

Berdirinya Pesantren ini berawal dari adanya 4 orang santri yang ingin mengaji kepada Ustadz Muh. Ali Mansur, S.Pd.I yang pada saat itu telah menyelesaikan tugas utamanya membantu Pamannya KH. Asroruddin Qomar mengelola  Ponpes Ar Rofi’iyyah, keinginan santri-santri ini sama dengan himmah beliau bagaimana di Kec. Kerek ini benar-benar ada sebuah Lembaga Pesantren yang terbuka dengan segala perubahan dan dilema masyarakat serta pembekalan maksimal kepada semua santri sehingga mereka dapat mengakaji ilmu-ilmu agama secara mendalam dengan banyak membaca kitab-kitab salaf ( kitab Kuning ) dan kitab-kitab kholaf ( Buku-buku Modern ).

Itulah daftar pondok pesantren terbaik dan terbesar di kabupaten Tuban Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kabupaten Tuban Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel