Inilah Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Provinsi Jawa Tengah

Inilah Daftar Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah Indonesia :

1. GUNUNG SLAMET, KETINGGIAN 3.428 MDPL


Terletak di 5 kabupaten, yaitu kabupaten Purbalingga, Tegal, Pemalang, Banyumas dan Brebes. Gunung ini menempati urutan pertama dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di Jawa Tengah dan di posisi ke-dua, setelah Semeru, dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di pulau Jawa. Puncak tertinggi di gunung Slamet berada pada ketinggian 3.428 mdpl.

Untuk menuju puncak Slamet, ada tiga jalur yang bisa kamu pilih. Yakni jalur Baturaden di arah selatan, Kaliwadas di sebelah barat dan jalur Bambangan di sebelah timur.

Saat memilih jalur mana yang akan kamu lalui, mungkin fakta yang mengatakan bahwa jalur Bambangan adalah jalur paling pendek diantara ketiganya.

2. GUNUNG SUMBING, KETINGGIAN 3.371 MDPL


Terletak di 3 kabupaten, yaitu kabupaten Wonosobo, Magelang dan kabupaten Temanggung. Ketinggian puncaknya yang mencapai 3.371 mdpl, menjadikan gunung Sumbing berada pada urutan ke-2 dalam pembahasan kita kali ini.

Gunung Sumbing merupakan satu di antara gunung kembar bersama Sindoro, bahkan, banyak pendaki gunung yang menjadikan 2 gunung ini, Sindoro dan Sumbing, sebagai satu paket dalam sebuah pendakian, setelah mendaki Sumbing, mereka langsung melanjutkannya dengan pendakian gunung Sindoro.

Hal ini sebagaimana dengan gunung-gunung kembar lainnya, seperti gunung Merbabu dan Merapi atau gunung Gede dan gunung Pangrango di Jawa Barat.

3. GUNUNG LAWU, KETINGGIAN 3.265 MDPL


Gunung Lawu adalah gunung aktif yang sedang beristirahat. Sekarang tidak aktif, tapi kapanpun gunung ini bisa aktif kembali. Terakhir kali meletus yaitu pada tanggal 28 November 1885.

Memiliki 3 puncak. Yaitu, Hargo Dumiling, Hargo Dalem dan Hargo Dumilah. Mempunyai 4 jalur pendakian. Yaitu, Cemoro Sewu, Srambangan, Cemoro Kandang dan Candi Cheto.

4. GUNUNG SINDORO, KETINGGIAN 3.150 MDPL


Gunung Sindoro merupakan gunung berstatus aktif, di sepanjang bentangan gunung Sindoro, kamu bisa menemukan beberapa kawah yang disertai jurang. Kawah terbesar di sana adalah kawah Kembang, merupakan tumpukan lava dan berada di puncak gunung Sindoro.

Sepanjang sejarah, gunung Sindoro pernah meletus beberapa kali dengan status letusan kecil dan sedang (letusan sedang bisa juga disebut letusan Freatik).

Sementara hutan yang terdapat di sepanjang track gunung ini masuk dalam jenis hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Montane dan hutan gunung.

5. GUNUNG MERBABU, KETINGGIAN 3.142 MDPL

Gunung Merbabu memiliki dua puncak, yakni puncak Syarif yang berada pada ketinggian 3.119 mdpl dan puncak Kenteng Songo, puncak tertinggi yang berada pada ketinggian 3.142 mdpl.

Arti dari nama 'Merbabu' sendiri diusung dari dua kata, yakni 'meru' yang berarti gunung dan kata 'babu' yang berarti perempuan. Kalau digabungkan, nama 'Merbabu' memiliki artian gunung perempuan. Cantik dan menawan.


Gunung Merbabu adalah gunung yang dikenal sebagai gunung tidur, gunung yang dulu aktif dan sekarang sedang istirahat. Sebab, di gunung ini, kita bisa menemukan setidaknya 5 buah kawah, yaitu kawah Kombang, Rebab, Kendang, Sambernyowo dan kawah Condrodimuko.

6. GUNUNG MERAPI, KETINGGIAN 2.968 MDPL


Gunung Merapi adalah gunung paling aktif di Indonesia dan memiliki predikat berbahaya, catatan menunjukan bahwa pada dua sampai lima tahun sekali, gunung ini mengalami erupsi. Sejak tahun 1548, gunung Merapi sudah meletus sebanyak 68 kali. Bisa dikalkulasikan bahwa gunung ini meletus, kurang lebih, setiap tujuh tahun sekali.

Gunung ini Memiliki ketinggian 2.968 mdpl, gunung ini terletak di 4 kabupaten, yaitu, kabupaten Sleman, Klaten, Magelang dan kabupaten Boyolali. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

7. GUNUNG PRAU, KETINGGIAN 2.590 MDPL


Gunung Prau memiliki ketinggian 2.590 mdpl. Sedangkan 2.565 mdpl adalah ketinggian camping ground yang tersedia di gunung Prau.

Banyak juga yang masih mengira bahwa gunung Prau adalah gunung Tangkuban Perahu yang terletak di Jawa Barat. Mungkin hal ini disebabkan karena nama 'Prau' sendiri diambil dari kata 'Perahu'.

Gunung Prau berada di 5 kabupaten sekaligus. Yaitu, Kapupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Temanggung. Dan memiliki 5 jalur pendakian. Yakni;

- Jalur Pranten, kabupaten Batang
- Jalur Patak, kabupaten Wonosobo
- Jalur Dieng, kabupaten Wonosobo
- Jalur Kenjuran, kabupaten Kendal
- Jalur Wates, kabupaten Temanggung

8. GUNUNG ROGOJEMBANGAN, KETINGGIAN 2.117 MDPL


Gunung Rogojembangan adalah gunung yang berdiri gagah di perbatasan antara 2 kabupaten, yaitu kabupaten Banjarnegara dan Pekalongan. Jalur pendakian yang bisa kamu pilih ada dua. Yakni, bisa melalui kecamatan wanayasa Kabupaten Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan.

9. GUNUNG UNGARAN, KETINGGIAN: 2.050 mdpl


Gunung Ungaran adalah gunung berapi bertipe Stratovolcano yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 2.050 meter.

Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, namun terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal.

Itulah beberapa daftar gunung terbesar dan tertinggi di Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Provinsi Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel