Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Jawa Barat, Indonesia

Berikut adalah daftar gunung-gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Barat Indonesia :

1. GUNUNG CEREMAI, Ketinggian 3.078 mdpl


Gunung Ceremai adalah gunung berapi kerucut yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.


2. GUNUNG PANGRANGO, ketinggian 3.019 mdpl


Gunung Pangrango merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Pangrango mempunyai ketinggian setinggi 3.019 meter dari permukaan laut. Puncaknya dinamakan Puncak Mandalawangi. Puncak Mandalawangi juga merupakan titik pertemuan batas tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai. Gunung Pangrango terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

3. GUNUNG GEDE, ketinggian 2.958 mdpl


Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.
Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

4. GUNUNG CIKURAY, ketinggian 2.818 mdpl


Adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

5. GUNUNG PAPANDAYAN, Ketinggian 2.665 mdpl


Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

6. GUNUNG PATUHA, Ketinggian 2.386 mdpl


Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di wilayah Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat, Tingginya 2.386 meter. Gunung patuha memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih.

7. GUNUNG MALABAR, Ketinggian 2.343 mdpl


Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2.343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lain adalah Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman.

8. GUNUNG GUNTUR, Ketinggian 2.249 mdpl


Gunung Guntur adalah sebuah gunung yang terdapat di wilayah barat Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.249 meter.

9. GUNUNG SALAK, Ketinggian 2.211 mdpl


Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak IITinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl.

10. GUNUNG BUKIT TUNGGUL, Ketinggian 2.208 mdpl


Merupakan sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat, Indonesia. Gunung Bukit Tunggul mempunyai ketinggian setinggi 2.208 meter. Gunung ini merupakan salah-satu sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda di Zaman Prasejarah.

11. GUNUNG TELAGA BODAS, Ketinggian 2.201 mdpl


Gunung Telaga Bodas atau Talaga Bodas adalah gunung stratovolcano di bagian selatan Garut, Jawa Barat, Indonesia. Terdapat juga fumarol, kolam lumpur, dan mata air panas di sekitar danau kawah.

12. GUNUNG KANCANA, Ketinggian 2.182 mdpl


Adalah gunung yang terletak diperbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini berada di sebelah timur dari kota Sukabumi.

13. GUNUNG GALUNGGUNG, Ketinggian 2.167 mdpl


Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 KM dari pusat kota Tasikmalaya.

14. GUNUNG TANGKUBAN PERAHU, Ketinggian 2.084 mdpl


Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Jawa Barat, Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel