Sejarah Asal Usul Terbentuknya Swansea City Football Club

Klub Sepak Bola Swensea City adalah salah satu klub sepak bola profesional yang berbasis di kota Swansea, Wales.


Swansea saat ini adalah klub Liga Primer pertama dan satu-satunya yang bermain di Liga Primer, dan menjadi klub ke-45 untuk berpartisipasi dalam turnamen papan atas liga Inggris sejak pertama kali dipicu pada tahun 1992. Berkantor pusat di Stadion Liberty dengan julukan "The Swans" Swansea siap bersaing di Premier League.

PEMVENTUKAN SWANSEA CITY

Dibentuk pada tahun 1912 dan bergabung dengan kompetisi sepak bola kasta kedua Football League Inggris di bawah Liga Primer sejak 1921. Sebelumnya Klub ini dikenal sebagai Kota Swansea, namun pada tahun 1969 mereka mengadopsi nama Swansea City untuk mencerminkan status baru Swansea dan juga sebuah kota.

PENGEMBANGAN SWANSEA CITY

Pada periode antara tahun 1981 dan 1983, Swansea mampu mewakili kekuatan mereka di Divisi Pertama Liga Sepak Bola dalam nama pertama kompetisi Liga Primer dan finis keenam di musim pertama mereka pada tingkat sebelumnya sebelum tahun 1992 sebuah format baru dibuat dengan nama Premier League - Liga Primer Inggris - dengan mengklasifikasikan terdegradasi ke divisi kedua yang disebut Championship.

Sejak saat itu, Swansea terus berjuang di ajang kelas dua. Pada tahun 2005, Swansea City secara resmi memainkan pertandingan kandang pertama mereka di markas baru, Stadion Liberty, sebuah stadion yang juga dimiliki bersama klub olahraga rugby, Ospreys Rugby Union Club, setelah "rumah" Swansea berada di Vetch Field.

Para pemuja Swansea dikenal sebagai 'Jacks'. Salah satu alasan mengapa dinamakan demikian, karena selama pelaut abad ke 17 dari kota Swansea sangat dihormati dan karena reputasinya yang elegan.

SWANSEA CITY SEKARANG  

Tepat di musim 2010/11 setelah 29 tahun tenggelam di Kejuaraan, Swensea akhirnya kembali sukses besar dengan mengamankan tiket promosi ke Liga Primer Inggris melalui babak play-off setelah finis ketiga di Kejuaraan. Selain naik kasta mereka, klub berjuluk The Swans ini membuat catatan sejarah baru dengan menahbiskan diri mereka sebagai klub Wales pertama yang bermain di tingkat atas sepakbola Inggris.

STADION UTAMA SWANSEA 


Stadion Liberty adalah markas klub sepak bola Swansea City dan klub rugby Ospreys. Setelah sukses Swansea sampai ke Premier League, Stadion Liberty menjadi stadion Premier League pertama di Wales. Musim ini, Stadion Liberty menjadi stadion terkecil kedua setelah Loftus Road, rumah dari Queens Park Rangers.

Dengan Vetch Field, Lapangan Rugby dan Cricket St. Helen dan The Gnoll tidak dapat lagi mengikuti saat-saat sementara klub Swansea dan Ospreys tidak memiliki dana untuk membangun stadion baru, Dewan Kota Swansea dan konsorsium telah mengusulkan untuk membangun sebuah stadion berkapasitas 20.520 penonton di sebelah barat Sungai Tawe di bekas kawasan Morfa Stadium, sebuah stadion atletik yang juga dimiliki oleh Swansea City Council.

Nilai akhir pengembangan stadion melebihi 50 ribu pound sterling. Pertandingan pertama yang tercatat di Stadion Liberty berlangsung pada 1 November 2006 saat Ospreys mengalahkan Australia dengan skor 24-18. Stadion tersebut juga telah dua kali menggelar pertandingan timnas Wales melawan Georgiadan dan Swedia. Kedua pertandingan masing-masing berakhir di kekalahan Wales, 2-1 melawan Georgia dan 1-0 melawan Swedia.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Asal Usul Terbentuknya Swansea City Football Club"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel