Friday, July 21, 2017

Gunung terbesar dan tertinggi di Jawa Timur

Di provinsi Jawa Timur terdapat begitu banyak Gunung yang masih aktif dan yang tidak aktif.
Salah satunya yaitu Gunung Semeru yang menjulang tinggi ke langit, andaikan jika Gunung Semeru Meletus mungkin Separo dari pulau Jawa akan terkena dampak buruk nya.

Berikut ini kita akan membahas mengenai Gunung tertinggi dan terbesar yang berada di Provinsi Jawa Timur :

1. GUNUNG SEMERU


Kuwaluhan.com


Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Secara administartif, gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Gunung semeru juga menjadi gunung berapi ke-3 tertinggi di Nusantara, setelah Kerinci di Sumatera Barat dan Gunung Rinjani di NTB.

2. GUNUNG ARJUNO


Kuwaluhan.com

Yang kedua Gunung Arjuno, gunung ini merupakan gunung api tipe STRATO yang tingginya mencapai 3.339m di atas permukaan laut. Gunung ini berada di Pengelolaan Taman Nasional Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno menempati urutan kedua Daftar gunung tertinggi di Jawa Timur setelah gunung Semeru.

3. GUNUNG RAUNG


Kuwaluhan.com

Selanjutnya Gunung Raung, Gunung ini adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember. Tingginya Gunung Raung mencapai 3.332m di atas permukaan laut. Gunung Raung termasuk Gunung Tertinggi di pulau Jawa, dengan puncak tertinggi di hamparan kawasan pegunungan Ijen.

4. GUNUNG WELIRANG


Kuwaluhan.com

Gunung paling tinggi selanjutnya adalah Gunung Welirang, gunung ini mempunyai ketinggian 3.156 m di atas permukaan laut. Gunung Welirang terletak di wilayah Perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto.

5. GUNUNG ARGOPURO


Kuwaluhan.com

Gunung tertinggi selanjutnya yaitu Gunung Argopuro, Gunung ARGOPURO mempunyai ketinggian 3.088m di atas permukaan laut. Gunung tersebut terletak di wilayah administratif kabupaten Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Jember dan Situbondo. Gunung ini juga mempunyai mitos misteri, konon puncak gunung Argopuro ini merupakan tempat tinggal Dewi Rengganis adiknya Nyai Roro kidul.


6. GUNUNG LAWU

Kuwaluhan.com

Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tingginya yang mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut, membuat gunung ini juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Terakhir meletus pada November 1885, gunung ini telah lama menjadi gunung api yang tidak aktif.

Itulah beberapa Gunung Terbesar dan Tertinggi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham
EmoticonEmoticon