Daftar Tempat Wisata Favorit di Kediri Jawa Timur

Kabupaten Kediri adalah Kabupaten yang berkembang pesat yang terletak di Jawa Timur, sekaligus Kota Terbesar ke-3 setelah Kabupaten Malang. Kediri menyimpan banyak sejarah panjang di masa lampau, dan Kediri juga menyimpan banyak tempat wisata yang seru yang tentunya akan memuaskan liburan Anda walaupun hanya menghabiskannya di satu kota saja.

Kediri dapat menjadi salah satu referensi destinasi wisata Anda karena wisata Kediri menyimpan banyak keseruan yang siap menemani Anda selama bersantai di sana. Ada ratusan tempat menarik yang ada di kota Kediri Jawa Timur.
Berikut daftar nama tempat pariwisata yang berada di Kediri :

1. Gunung Kelud



Tujuan wisata alam yang favorit di Kediri adalah mengunjungi gunung Kelud. Kita dapat merasakan sensasi berada di puncak gunung tanpa harus mendaki dengan banyak perlengkapan dan menempuh waktu khusus dengan menyusuri hutan. Puncak gunung Kelud ini dapat Anda jangkau dengan mudah karena terdapat jalan yang sudah sangat rapi dan beraspal yang dapat ditempuh untuk mencapai puncaknya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sehingga tidak hanya para pendaki saja yang dapat menikmati pemandangan puncak, para wisatawan biasa juga bisa menikmatinya dengan mudah. Gunung yang pernah meletus ini menjadi wisata di Kediri yang diunggulkan.

2. Sumber Ubalan



Sumber Ubalan adalah salah satu wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Kediri. Tempat wisata alam ini berada di Desa Jarak,dusun Kalasan Kec. Plosoklaten Kediri. Sumber Ubalan menyuguhkan sensasi berbeda dalam berlibur. Selain dapat menikmati kesejukan udara dan rimbunan pepohonan di sini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan melihat mata air yang tenang dengan di huni ikan-ikan yang sangat dilindungi. Walaupun Anda berhasrat berenang karena airnya yang sangat bersih, Anda tidak boleh berenang ataupun memancing di sini. Wisata Kediri Jawa Timur yang sangat nyaman ini dapat Anda jangkau dengan menyusuri jalan sepanjang 15 km jika ditempuh dari kota Kediri.

3. Goa Selomangkleng


Goa ini merupakan salah satu tempat yang harus ada dalam peta wisata Kediri yang Anda miliki. Goa Selomangleng merupakan tempat dengan cerita rakyat yang kental. Goa indah ini konon merupakan tempat mengasingkan diri dan tempat pertapaan dewi Kilisuci yang tidak mau menerima tahta yang diturunkan oleh ayahnya pada dirinya. Terdapat relief cantik di dalam goa yang menambah keindahan goa yang tidak terlalu luas ini. Anda dapat menjangkaunya dengan menempuh perjalanan sejauh 7 km dari kota Kediri.

4. Gumul Paradise Island



Gumul Paradise Island merupakan slaah satu wahana permainan air yang termasuk dalam wisata Kediri Jatim yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Di sini tersedia beberapa kolam dengan beberapa aktraksi permainan yang berbeda dan tentunya sangat mengasyikan bagi Anda yang menyukai permainan air. Anda dapat mencoba berbagai macam seluncuran atau slide dengan bebagai tipe, yaitu slide yang mengAndalkan kecepatan dan slide tubuh, kolam tumpah dan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti fliying fox, food court, masjid, dan lainnya yang tentunya menambah kenyamanan Anda dan keluarga jika berlibur kesini.

5. Air Terjun Dolo



Air terju ini merupakan air terjun di Kediri yang sangat terkenal. Yang menjadi daya tarik yang menggugah minat pengunjung adalah view air terjun yang sangat indah dan suasana yang sangat sejuk sehingga menbuat para pengunjung menjadi betah berlama-lama di sini untuk hanya sekedar duduk-duduk menikmati keindahan alam. Anda dapat menemukan air terjun ini di Besuki, desa Jugo, Mojo, Kediri. Anda dapat mencapainya dengan menempuh perjalanan sepanjang 25 km jika dari pusat kota Kediri. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan tinggi 1.800 mdpl, air terjun ini dapat menjadi salah satu yang menarik minat wisatawa karena pemandangannya serta udaranya yang menyejukan.

6. Air Terjun Irenggolo



Satu lagi air terjun yang bisa Anda kunjungi di Kediri. Air terjun Irenggolo adalah air terjun indah yang dapat Anda temukan dengan berkendara selama 30 menit atau sejauh 20 km dari kota Kediri. Menyuguhkan pemandangan daerah pegunungan yang asri menjadi ciri khas utama air terjun ini. Di sini Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik karena di air terjun ini dilengkapi area camping, hutan teduh yang dapat Anda jelajahi, serta area hiking dan jogging.

7. Kali Konto River Rafting



Ini nih wisata yag cocok pagi para pemburu jeram. Konto River Rafting menyuguhkan wisata kota Kediri yang lebih ekstrim dan menantang. Anda dapat mencoba jeram ekstrim di sungai konto dengan menempuh perjalanan sejauh 40 km dari kota Kediri. Dengan jarak rafting atau arung jeram yang panjang yaitu sekitar 13 km Anda akan dipuaskan dengan berbagai jeram yang menantang dan ekstrim.

8. Pagora



Pagora merupakan tempat wisata di Kediri dekat stasiun yang menyuguhkan wisata keluarga yang nyaman dengan fasilitas yang dapat dibilang lengkap dan tiket masuk yang terbilang murah. Berada di depan stadion Brawijaya, tempat wisata ini menjadi sangat mudah untuk untuk ditemukan dari arah manapun. Wisata yang mengangkat kolam renang sebagai fasilitas utamanya ini juga dilengkapi dengan kolam pancingan, berbagai permainan anak, dan pentas musik setiap hari libur. Ada juga mini zoo dan sepeda air yang menarik minat anak-anak untuk berkunjung ke sini.

9. Kediri Water Park



Kediri Water Park merupakan salah satu wisata Kediri dan sekitarnya yang juga sangat dikenal. Hal tersebut karena tempat ini merupakan salah satu water park terbesar di Jawa Timur. Di wisata Kediri terbaru ini Anda dapat mencoba seluncuran yang merupakan selincuran terpanjang di asia. Wah seperti apa yang rasa nya? Pasti sangat seru dan mengasyikan. Ada juga monorail dan gondola loh, bagi Anda yang ingin menikmati penadangan malam hari kota Kediri, gondola dan monorail ini menjadi tempat yang pas. Karena fasilitasnya yang lengkap, tempat ini dapat Anda jadikan salah satu tujuan wisata Anda di kota Kediri yang tentunya bakal mengasyikan dan seru.

10. Monumen Simpang Lima



Monumen ini terkenal karena bentuknya yang mirip dengan salah satu bangunan di Paris. Ya, monumen simpang lima berbentuk seperti pintu gerbang besar Arc De Triomphe yang ikonik di Paris. Hal ini membuat monumen ini sering diburu para wisatawan untuk sekedar perfoto di monumen yang menjadi penghubung 5 jalan utama di Kediri ini.

11. Kampung Inggris



Kampung inggris merupakan unggulan dari wisata Pare Kediri. Kenapa demikian? Hal ini karena tempat wisata Kediri di Pare ini sangat populer terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin memperdalam kemampuan penguasaan bahasa inggris mereka. Di kampung ini Anda akan mendapati ratusan lembaga bimbingan belajar bahasa inggris yang siap membantu Anda untuk meningkatkan level berbahasa inggris Anda. Puncak keramaian pengunjung kampung inggris di Pare ini adalah pada saat musim liburan sekolah dan musim peralihan semester perguruan tinggi karena pada musim-musim tersebt banyak siswa yang ‘mondok’ atau menginap selama seminggu atau sebulan untuk memperdalam bahasa inggris mereka. Kampung ini menjadi sangat terkenal karena unik dan menarik minat banyak orang yang ingin belajar bahasa inggris dengan intens.

12. Candi Surowono



Banyak situs candi yang dapat ditemukan di seantero Indonesia. Di Kediri sendiri Anda dapat menemukan candi surawana tidak jauh dari kampung inggris di Pare. Candi hindu ini dibangun pada masa kerajaan wengker sekitar abad ke 14 untuk menghormati raja wengker yang wafat pada tahun 1338. Candi dengan ukuran cukup kecil yaitu sekitar 8×8 meter ini terletak di desa canggu, Pare.

13. Candi Tegowangi



Salah satu candi lain yang dapat Anda temukan di Kediri adalah candi Tenggowangi. Cerita sejarah Kediri banyak ditemukan di candi ini sehingga candi ini dikenal sebagai candi yang menyimpan sejarah masa lampau kota Kediri. Para pecinta wisata sejarah pasti akan senang mengunjungi situs ini karena keunikan serta nilai sejarahnya yang sangat tinggi. Kompleks candi ini berbentuk persegi panjang yang unik.

14. Kuil Tjoe Hwie Kiong



Tjoe Hwie Kiong merupakan suatu kuil yang dibangun pada masa penjajahan dahulu. Kuil yang berada di tengah kota Kediri yakni di jalan Yos Sudarso 148 ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun tepat di tepi sungai Brantas. Kuil ini terkenal dengan pertunjukan wayang nya yang diadakan pada bulan Mei dan Juni.

15. Gereja Puh Sarang



Gereja ini menjadi wisata Kediri yang unik dan layak Anda kunjungi karena arsitektur nya yang sangat unik. Perpaduan antara arsitektur majapahit dan gaya eropa yang digabungkan dengan sangat apik merupakan salah satu wujud penggabungan agama kristen dengan budaya lokal. Dibangun pada tahun 1931 yang dipelopori oleh Yohanes Humbertus Wolters CM, gereja tua ini dapat Anda temukan di Kediri barat sekitar 10 km barat kota Kediri. Nama puhsarang diambil dari nama desa tempat gereja tersebut berdiri yakni desa Puhsarang.

16. Tirta Kamandanu



Sendang Tirta Kamandanu Kediri adalah kompleks sumur kuno di Desa Pamenang, Kediri. Sendang kuno ini yang dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai tempat dimana Raja Kediri Prabu Sri Aji Joyoboyo melakukan pensucian diri sebelum beliau mukso ke alam kelanggengan.

Alamat : Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kediri Kabupaten, Jawa Timur.
Jam buka : sepanjang hari dan malam.
Harga tiket masuk : gratis, sumbangan diharapkan.
Rujukan : Tempat Wisata di Kediri.

Lokasi Sendang Tirta Kamandanu Kediri hanya 1 km dari Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan merupakan kompleks lebih luas. Namun saat itu pemugarannya tampaknya telah terhenti dalam jangka waktu yang cukup lama. Semoga saja sekarang telah dilanjutkan lagi pemugarannya.

Dari tepian parkir kendaraan menuju ke bagian utama sendang terdapat sebuah lapangan lumayan luas yang rindang pohonnya mampu melindungi pengunjung dari sengat matahari Kediri yang terik. Pengunjung dapat memilih masuk ke area sendang melalui gapura paduraksa yang tinggi atau pun melalui sisi di sebelah kanan yang teduh.

17. Totok Kerot



Arca Totok Kerot Pagu, Kediri, Jawa Timur - merupakan patung raksasa Dwarapala dengan tinggi sekitar 3 meter. Arca ini merupakan sebuah peninggalan sejarah masa lalu dari kerajaan Pamenang Kediri dengan ciri-ciri adanya hiasan Candrakapala, berupa tengkorak bertaring diatas bulan sabit.
Lokasi dari arca ini berada di Desa Bulupasar, Kecamapatan Pagu, Kabupaten Kediri, atau sekitar 11 kilometer sebelah selatan Petilasan  Sri Aji Jayabaya di Desa Menang Kec. Pagu. 


18. Gunung Klotok


Gunung Klotok adalah salah satu tempat wisata Alam yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL.Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya. Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

19. Dermaga Kali Brantas (Joyoboyo)



Dermaga Joyo Boyo merupakan sebuah tempat nongkro yang berlokasi di pinggrian sungai brantas Kota Kediri. Di tempat tersebut tersedia tempat untuk nongkrong dan sekedar berkumpul bersama keluarga ataupun kerabat dekat.


20. Taman Sekartaji



Taman yang terletak di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri dibuka oleh Pemkot Kediri pada 29 Desember 2016 sudah terlihat banyak pengunjung. Di awal tahun baru ini, banyak warga yang datang untuk sekedar melihat atau bersantai bersama keluarga di tempat tersebut.

Selain warga lokal, juga ada warga dari luar daerah yang berkunjung ke taman tersebut untuk bersantai menikmati keindahan taman serta bercengkerama dengan keluaraga.

21. Tamrin Pare



Sebenarnya tempat ini bukan alun-alun, akan tetapi sebuah taman, sedangkan masyarakat sudah terlanjur menyebutnya dengan alun alun "Thamrin" atau alun-alun Pare. Taman ini terletak di tengah-tengah kota Pare, dan sekaligus tempat wisata yang tepat untuk bersantai dengan keluarga tercinta menikmati keindahan kota Pare.


22. Jalan Dhoho



Jalan Dhoho terletak di tengah-tengah pusat kota Kediri, di sini Anda bisa berwisata kuliner menikmati jajanan khas daerah Kediri dari A sampek Z. Karena di Jalan Dhoho Kota Kediri tersedia untuk semua jenis makanan.
Jadi tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Kediri untuk mampir ke sini.


23. Taman Bunga Matahari



Kediri tidak hanya punya replika dari Arc de Triomphe, tapi juga kebun bunga matahari. Indahnya tidak kalah dengan di luar negeri.
Jika hanya punya waktu singkat untuk berlibur, bisa dicoba One Day Traveling (ODT) ke kebun bunga matahari di Kediri. Deretan bunga matahari berwarna kuning cerah akan turut mencerahkan pikiran Anda yang sedang dilanda stress.

Kebun bunga matahari Kediri ini terletak di Jalan Selomangleng 143, sebelah gedung BNN Kediri. Masuk ke sini hanya bayar biaya parkir saja, selebihnya gratis.

Anda bisa berselfi-selfi ria di sini bersama kerabat dekat atau dengan kekasih anda dengan pemandangan yang sangat indah.


24. Alun-alun kota Kediri



Seperti kebanyakan kota di yang ada di plau jawa pada umumnya yang menganut sistem tata kota kerajaan, maka di Kediri yang dulunya adalah bekas kerajaan Doho/Kedirijuga mempunyai alun-alun yang letaknya tepat di tengah kota tepatnya di kecamatan Kota. Alun-alun Kediri sedikit unik dari pada alun-alun kota lain/umumnya yang berupa tanah lapang yang luas,tetapi di Kediri alun-alunnya lebih mirip dengan sebuah taman yang luasnya juga gak begitu luas. Yang berada di jalan Panglima Sudirman ,alun-alun Kediri sangat mudah ditemukan, karena berada persis di sebelah simpangan Bis jurusan Tulungagung dan Surabaya.
Jika anda berkunjung ke Kediri silahkan untuk mampir ke Alun alun Kediri untuk menikmati keindahan kota Kediri.


25. GOR JAYABAYA



GOR baru milik Kota Kediri namanya GOR Joyoboyo kadang di sebut GOR Jayabaya. Lokasi GOR baru ini adalah di Desa Muning kurang lebih 300m dari perempatan muning ke selatan. GOR Joyoboyo ini sudah di gunakan untuk beberapa event antara lain Event pertandingan futsal eks karisidenan Kediri.
Lokasi yang begitu Luas juga cocok untuk berpariwisata bersama keluarga tercinta.

26. Pasar Raya Sri Ratu



Pusat perbelanjaan Sri Ratu Kediri terletak di jalan utama Kota Kediri, tepatnya Jl. Hayam Wuruk. Lokasi pusat belanja ini sangat strategis karena terletak di pojok perempatan dan di sekitarnya banyak terdapat fasilitas hiburan lainnya seperti Bioskop Golden, Kediri Plaza dan Gramedia Kediri.

Di Sri Ratu Kediri, banyak sekali toko dan restoran yang menjual kebutuhan masyarakat, sehingga selalu ramai dikunjungi orang.

Tempat ini juga banyak dikunjungi masyarakat dari luar Kediri untuk berwisata kuliner, Kerena di sini juga banyak disediakan masakan khas Daerah Kediri.

27. Golden Swalayan



Di Golden Swalayan,anda juga dapat menikmati makanan tradisional, yang dijajakan di area swalayan. Golden juga terkenal dengan Chinese Restaurant-nya. Setiap hari minggu anda bisa menikmati sajian Yam Cha/ Dim Sum,mulai puku 06.00 – 15.00 di Golden Restaurant lantai 2.
Selain berbelanja, anda juga bisa menghibur diri dengan menyaksikan film-film kesayangan di Golden Theater di 5 gedung bioskop pilihan. Buka mulai pukul 10.00 – 21.00 – kecuali bioskop, hingga pukul 23.00. lokasi berseberangan dengan Kediri Mall, Jl.Hayam Wuruk Kota Kediri.

28. Kediri Mall



Kediri Mall dikelola serta dioperasikan oleh PT Sri Tanaya Megatama, Perusahaan yang memiliki system serta team manajemen pengelolaan pusat retail serta Mall yang cukup professional. Kediri Mall memiliki ruang parkir yang sangatlah luas serta bisa menyimpan 1000 mobil serta 500 sepeda motor. Untuk mendukung aktivitas operasional, Kediri Mall memiliki sarana umum seperti lift penumpang, lift barang, escalator, travelator, mushola, loading dock, security serta toilet yang terdapat di tiap-tiap lantai.

29. Bendungan Gerak Waruturi



Bendungan yang satu ini berbeda dengan bendungan yang biasa anda temukan ditempat lain. Bendungan ini dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu lokasi wisata di kediri yang diminati wisatawan. Berbagai fasilitas disediakan untuk menunjang kenyamanan di bendungan ini, di antaranya adalah kolam pemancingan, kolam renang, padang golf, taman air, panggung hiburan, taman bermain anak dan masih banyak lagi. Nampaknya pemerintah setempat memberikan perhatian yang serius dalam mengembangkan kawasan ini, tak heran jika bendungan ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan dan hari libur.

Jika anda ingin berkunjung ke bendungan ini anda dapat menuju kecamatan Gampengrejo. Selama perjalanan menuju lokasi ini, anda juga akan disuguhkan panorama alam yang indah.

30. Petilasan JAYABAYA



31. Taman Tirtoyoso Kuwak



32. Waduk Siman



33. Alas Simpenan



34. Sumber Complang



35. Taman Corah Pare



36. Sumber Gundi



37. Taman Ngronggo



38. Taman Kilisuci Pare



39. Kediri Town Square



40. Ramayana




41. Kampung Belanda


Belum ada Komentar untuk "Daftar Tempat Wisata Favorit di Kediri Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel