Thursday, August 9, 2018

Inilah 6 Daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Timur Indonesia

Loading...
Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 42.030.633 jiwa (sensus 2017).

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Jawa Timur dikenal sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia, dan memiliki signifikansi perekonomian yang cukup tinggi, yakni berkontribusi 14,85% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Berikut ini kami telah merangkum Daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Timur Indonesia berdasarkan jumlah penduduk :

1. KABUPATEN JEMBER


Kabupaten Jember adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribukota di Jember.

Jember dahulu sempat memiliki kota administratif, namun sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember.

Kabupaten Jember merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat pertama di Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah penduduk sekitar 2.622.421 jiwa pada tahun 2017.

2. KABUPATEN MALANG


Kabupaten Malang adalah kabupaten terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi dan merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-2 dengan populasi
2.464.369 jiwa tahun 2017.

Kabupaten Malang juga merupakan kabupaten terluas ketiga di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sukabumi di Provinsi Jawa Barat. Ibu kota Kabupaten Malang adalah Kepanjen.

3. KABUPATEN SIDOARJO


Kabupaten Sidoarjo adalah sebuah kabupatendi Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.

Pada tahun ini jumlah penduduk di kabupaten Sidoarjo mencapai sekitar 1.827.064 jiwa.

4. KABUPATEN BANYUWANGI


Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2).

Banyuwangi juga merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 di Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 1.693.630 jiwa tahun 2017.

5. KABUPATEN PASURUAN


Kabupaten Pasuruan adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintah berlokasi di Bangil, Pasuruan.

Kabupaten ini dikenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata. Kompleks pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo merupakan atraksi wisata utama di Kabupaten Pasuruan.

Kabupaten ini menduduki peringkat ke-4 kabupaten Terbesar dan Terpadat dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 1.573.202 jiwa pada tahun 2017.

6. KABUPATEN KEDIRI


Kabupaten Kediri adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kediri meskipun pemindahan pusat pemerintahan ke Pare telah lama direncanakan dan bahkan sekarang dibatalkan. Akhirnya pada saat ini ibu kota Kabupaten Kediri secara resmi berada di Kecamatan Ngasem.

Kabupaten Kediri merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-5 di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 1.571.555 jiwa. Sekaligus menjadi Kabupaten Tertua di Indonesia.

Itulah daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Timur Indonesia. Jika ada yang kurang lengkap berikan kami masukkan dengan berkomentar di bawah.


EmoticonEmoticon